Hari, tanggal : Jum'at, 12 September 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang lagu Indoensia Raya serta mengenal macam-macam warna. Selanjutnya pada pembelajaran hari ini kita akan belajar tentang Simbol dan Arti sila-sila Pancasila serta Mengenal Macam-macam garis. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, GambarLambang Garuda Pancasila, Kartu Simbol dan Bunyi Sila (Flashcard Pancasila), LKPD Menocokkan Simbol dan Sila, Video lirik Lagu Garuda Pancasila
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
- Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.
- Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
- Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
- Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
📌Materi Pendidikan Pancasila
Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)
-
Nilai Pancasila di Sekolah
-
Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
-
Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.
-
Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.
-
Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.
-
Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.
-
-
Cara Menceritakan Kembali
-
Gunakan bahasa yang sederhana.
-
Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.
-
Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).
-
Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.
-
-
Contoh Cerita Pendek
Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.
📌Materi Seni Rupa
Teknik Cetak Menggunakan Bahan Alam
Teknik cetak adalah cara membuat gambar dengan menempelkan benda ke kertas.
Bahan alam yang bisa digunakan:
· Daun
· Bunga
· Rumput
· Buah-buahan kecil
Cara Membuat Karya Cetak dengan Bahan Alam:
1. Pilih daun atau bunga yang ingin dicetak.
2. Celupkan benda tersebut ke cat air atau pewarna.
3. Tempelkan ke kertas secara perlahan agar bentuknya terlihat.
4. Ulangi dengan warna atau bentuk yang berbeda.
5. Buat susunan hasil cetakan menjadi gambar yang cantik dan menarik.
Tugas Praktik
Judul Tugas: Teknik Cetak dari Bentuk Organik di alam
Instruksi untuk Murid:
1. Ambillah daun, bunga, atau rumput yang ada di sekitar sekolah atau rumahmu.
2. Celupkan benda tersebut ke dalam cat air atau pewarna alami.
3. Cetakkan ke atas kertas gambar yang telah disiapkan.
4. Buatlah susunan cetakan menjadi menarik.
5. Bersihkan meja dan alat setelah selesai.
6. Tuliskan judul dan nama benda yang kamu gunakan di bawah karyamu.
Judul karya : Nama benda yang digunakan : |
|