Hari, tanggal : Rabu, 16 April 2025

- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Peserta didik dapat menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret dengan cermat
- Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret
- Mengenal bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
📌 Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang konsep lebih dari, kurang dari dan selisih, serta mengenal bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
- Menunjukkan bahwa suatu kelompok benda memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan kelompok benda lainnya.
- Contoh: Jika ada 5 apel dan 3 jeruk, maka apel "lebih dari" jeruk.
- Menunjukkan bahwa suatu kelompok benda memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan kelompok benda lainnya.
- Contoh: Jika ada 3 jeruk dan 5 apel, maka jeruk "kurang dari" apel.
- Menunjukkan perbedaan jumlah antara dua kelompok benda.
- Cara mencari selisih: Kurangkan jumlah benda yang lebih banyak dengan jumlah benda yang lebih sedikit.
- Contoh: Jika ada 5 apel dan 3 jeruk, selisihnya adalah 5 - 3 = 2.
- Perhatikan gambar di atas! (pertanyaan pemantik)
- Siapa yang suka membantu orangtua di rumah?
- Apakah kalian suka membantu orang tua di rumah?
- Pekerjaan apa yang kalian lakukan untuk membantu orangtua di rumah?”
Apa itu Gotong Royong?
Gotong royong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti bekerja bersama teman-teman di kelas untuk membersihkan kelas. Atau membantu ibu membersihkan rumah. Gotong royong membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Gotong royong membuat kita menjadi lebih akrab dengan teman-teman dan keluarga. Gotong royong mengajarkan kita untuk saling membantu dan peduli terhadap orang lain.
Contoh Gotong Royong di Rumah
- Membantu ibu membersihkan rumah.
- Membantu ayah membersihkan halaman.
- Merapikan mainan bersama-sama.
- Mencuci piring bersama-sama setelah makan.
Manfaat Gotong Royong
- Pekerjaan menjadi lebih ringan.
- Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
- Mempererat persahabatan dan kekeluargaan.
- Menumbuhkan sikap saling membantu.
- Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.
0 comments:
Posting Komentar