Hari, tanggal : Senin, 28 Juli 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang pencampuran warna dan melakukan eksperimen warna serta mengenal dan mempelajari lagu Indoensia Raya. Nah papa pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menuliskan perasaan pads tokoh yang ada pasa suatu cerita, serta mengenal unsur seni rupa garis. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana tentang cara mengidentifikasi perasaan tokoh cerita, video macam-macam garis, LKPD cerita singkat, Gambar macam-macam garis, LKPD melanjutkan garis, benda di lingkungan kelas (contoh garis)
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat menyebutkan minimal 4 jenis perasaan secara lisan atau tulisan
- Peserta didik dapat mengucapkan perasaannya menggunakan satu kalimat sederhana
- Peserta didik dapat menyebutkan perasaan tokoh dalam cerita.
- Peserta didik dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Peserta didik dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Peserta didik dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti pada video?”
“Pada saat apa kalian merasa sedih?”
Mengenal Perasaan (Macam-Macam Perasaan)
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠|
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
📌Materi Seni Rupa
“Pernahkah kalian melihat garis-garis seperti ini?”
: “Apa saja nama-nama garis ini?” “Apa bedanya garis lurus dan zigzag?”
Mengenal macam-macam Garis
Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis adalah coretan panjang (lurus,
bengkok, atau lengkung).Namun, menggunakan ukuran yang bersifat relatif, yang
dimaksud dengan ukuran bersifat relatif. Yang dimaksud dengan ukuran relatif
meliputi tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, tebal, kecil, dan juga tipis.
Adapun arah garis ada tiga macam yaitu horizontal, vertikal dan juga diagonal.
Macam
- Macam Garis
0 comments:
Posting Komentar