Materi Ajar, Senin, 21 Juli 2025

Minggu, 20 Juli 2025

                 

Hari, tanggal    : Senin, 21 Juli 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Bahasa Indonesia & Seni Rupa


 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar warna sekunder, pensil warna merah kuning biru, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

  2. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
  2. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Peserta didik dapat menyebutkan minimal 4 jenis perasaan secara lisan atau tulisan

  2. Peserta didik dapat mengucapkan perasaannya menggunakan satu kalimat sederhana
  3. Peserta didik dapat menyebutkan perasaan tokoh dalam cerita
  4. Peserta didik dapat mengidentifikasi warna primer dan warna sekunder.
  5. Peserta didik dapat mencampur warna primer untuk menciptakan warna sekunder.
  6. Peserta didik mampu mencampur warna untuk menghasilkan warna baru yang sesuai dengan yang diinginkan.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan Acara MPLS yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, seperti melaksanakan asesmen diagnodtik dan asesmen non-diagnostik, membuat stuktur kelas dan kesepakatan kelas serta penampilan dari berbagai ekskul yang ada di sd Al Azhar 2. Nah pada pertemuan kali ini kita sudah kembali aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hari kita akan mempelajari tentang jenis-jenis persaan serta mengenal unsur-unsur seni rupa khususnya tentang warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Materi Bahasa Indonesia


 
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

“Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti pada video?” 

“Pada saat apa kalian merasa sedih?”

 
  

Mengenal Perasaan (Macam-Macam Perasaan)

o  Apa itu Perasaan?

Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.

o  Macam-Macam Perasaan



Nama Perasaan

Contoh Ekspresi

Contoh Kalimat Sederhana

Gambar

Senang

Wajah tersenyum

Saya senang karena bermain bersama teman.

😊

Sedih

Wajah menangis atau murung

Saya sedih saat mainan saya rusak.

😢

Marah

Wajah cemberut atau kesal

Saya marah karena pensil saya diambil adik.

😠

Takut

Wajah tegang, mata membesar

Saya takut saat lampu kamar mati.

😨

Terkejut

Wajah kaget

Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun.

😲



Latihan Soal!

Gambarlah 5 macam perasaan yang telah kamu pelajari lengkap dengan namanya!

📌Materi Seni Rupa


  • 1. Mengenal Warna Dasar (Warna Primer)

    Warna dasar adalah warna-warna utama yang tidak dapat diperoleh dengan mencampurkan warna lain. Ada tiga warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Warna dasar tersebut merupakan fondasi untuk menciptakan berbagai warna lain. Dengan memahami warna dasar, anak-anak dapat lebih mudah menguasai teknik pencampuran warna.

    2. Proses Pencampuran Warna Dasar

    Pencampuran warna dasar untuk menciptakan warna campuran adalah aktivitas yang menarik dan edukatif. Berikut adalah beberapa contoh pencampuran warna dasar untuk menghasilkan warna baru:

    • Merah + Kuning = Oranye: Campuran merah dan kuning menghasilkan warna oranye. Ini karena oranye adalah warna sekunder yang dihasilkan dari pencampuran dua warna dasar.
    • Biru + Kuning = Hijau: Campuran biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Warna hijau juga merupakan warna sekunder yang muncul dari pencampuran dua warna dasar.
    • Merah + Biru = Ungu: Ketika merah dicampurkan dengan biru, warna yang dihasilkan adalah ungu. Ungu adalah warna sekunder lainnya yang diperoleh dari pencampuran dua warna dasar.

    Latihan!
  • -          Latihan Soal Isian :

    1.      Warna merah, kuning, dan biru disebut warna _______________.

    2.      Warna hijau adalah hasil campuran dari warna _______________ dan _______________.

    3.      Warna oranye dapat dibuat dari campuran warna _______________ dan _______________.

    4.      Warna yang terbentuk dari pencampuran dua warna primer disebut warna _______________.

    5.      Campuran warna merah dan biru akan menghasilkan warna _______________.


  • Pencampuran Warna

  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah dapat mengenal dan menyebutkan jenis-jenis perasaanz serta sudah mampu mengungkapkan perasaan yang sedang ia rasakan. Selain itu peserta didik juga sudah mampu menyebutkan unsur-unsur seni rupa, dan juga mengenal macam-macam warna primer dan sekunder.

    Dokumentasi hari ini:



    0 comments:

    Posting Komentar