Materi Ajar, Selasa, 22 Juli 2025

Senin, 21 Juli 2025

                  

Hari, tanggal    : Selasa, 22 Juli 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Bahasa Indonesia & Matematika


 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

  2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
  2. Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500 dalam bentuk angka dan kata.
  2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi warna primer dan warna sekunder.
  4. Peserta didik dapat mencampur warna primer untuk menciptakan warna sekunder.
  5. Peserta didik mampu mencampur warna untuk menghasilkan warna baru yang sesuai dengan yang diinginkan.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan Acara MPLS yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, seperti melaksanakan asesmen diagnodtik dan asesmen non-diagnostik, membuat stuktur kelas dan kesepakatan kelas serta penampilan dari berbagai ekskul yang ada di sd Al Azhar 2. Nah pada pertemuan kali ini kita sudah kembali aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hari kita akan mempelajari tentang jenis-jenis persaan serta mengenal unsur-unsur seni rupa khususnya tentang warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Materi Bahasa Indonesia


 
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

Anak-anak perjatikan gambar di atas!

Menurut kalian, apa yang sedang dirasakan oleh tokoh yang ada di gambar?

Pernahkah kalian merasakan sedih atau marah di sekolah? Mengapa demikian?

 

o  Apa itu Perasaan?

Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.

o  Macam-Macam Perasaan



Nama Perasaan

Contoh Ekspresi

Contoh Kalimat Sederhana

Gambar

Senang

Wajah tersenyum

Saya senang karena bermain bersama teman.

😊

Sedih

Wajah menangis atau murung

Saya sedih saat mainan saya rusak.

😢

Marah

Wajah cemberut atau kesal

Saya marah karena pensil saya diambil adik.

😠

Takut

Wajah tegang, mata membesar

Saya takut saat lampu kamar mati.

😨

Terkejut

Wajah kaget

Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun.

😲


o  Cara Menulis Tentang Perasaan

   Gunakan kalimat sederhana seperti: "Saya merasa [perasaan] karena [alasan]."

Contoh :

  1. Saya merasa senang karena saya bermain bersama teman-teman.
  2. Saya merasa sedih saat hujan deras dan tidak bisa bermain di luar.
  3. Saya merasa marah karena teman saya mengejek saya.
  4. Saya merasa takut saat melihat ular di kebun.
  5. Saya merasa terkejut karena ibu membelikan es krim.

 

Latihan Soal!

Latihan menunjukkan dan menjelaskan hasil gambar serta cerita perasaannya di depan kelas!



📌Materi Seni Rupa




  • Perhatikan gambar/kartu bilngan di atas!

    “Kalian tahu tidak, angka 3 di angka 345 itu menunjukkan ratusan, puluhan, atau satuan ya?”


  • Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 500

  • Pengertian Bilangan Cacah

    Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar sampai bilangan 500.

    Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata

    Angka

    Kata

    12

    dua belas

    25

    dua puluh lima

    137

    seratus tiga puluh tujuh

    405

    empat ratus lima

    500

    lima ratus

    Contoh latihan:

    • Tulis angka:
      a. Dua ratus lima → 205
      b. Empat ratus tiga puluh satu → 431
    • Tulis kata:
      a. 56 → lima puluh enam
      b. 189 → seratus delapan puluh sembilan


  • “Bagaimana cara mengetahui nilai tempat dari angka-angka dalam sebuah bilangan?”

  • Pengertian Nilai Tempat

    Nilai tempat adalah posisi angka dalam suatu bilangan yang menunjukkan besar nilainya.

    Bilangan tiga angka memiliki:

    • Ratusan (R)
    • Puluhan (P)
    • Satuan (S)

    Contoh:

    • Bilangan: 372
      • 3 = ratusan → 300
      • 7 = puluhan → 70
      • 2 = satuan → 2

    📌 Contoh Lain:

    • Bilangan: 408
      • 4 = ratusan → 400
      • 0 = puluhan → 0
      • 8 = satuan → 8

  • Latihan :

  • Petunjuk Pengerjaan:

    1. Amati daftar bilangan di bawah ini.
    2. Ubah setiap bilangan menjadi bentuk kata.
    3. Tentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dari setiap bilangan.
    4. Diskusikan bersama teman kelompokmu.
    5. Tulis hasil diskusi ke dalam tabel berikut.

    Daftar Bilangan:

    • 127
    • 384
    • 209
    • 451
    • 316
    • 298

    Tabel Pengisian LKPD:

    No

    Angka

    Bentuk Kata

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    1

    127

    Seratus dua puluh tujuh

    2

    384

    3

    209

    4

    451

    5

    316

    6

    298


  • LKPD


  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah dapat menuliaskan kalimat tentang perasaan yang ia rasakan serta peserta didik sudah mengenal apa itu bilangan cacah, dan mampu menulis dan membaca contoh-contoh bilangan cacah.
    Dokumentasi hari ini:






    0 comments:

    Posting Komentar