Hari, tanggal : Selasa, 22 Juli 2025
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
- Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500 dalam bentuk angka dan kata.
- Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi warna primer dan warna sekunder.
- Peserta didik dapat mencampur warna primer untuk menciptakan warna sekunder.
- Peserta didik mampu mencampur warna untuk menghasilkan warna baru yang sesuai dengan yang diinginkan.
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan Acara MPLS yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, seperti melaksanakan asesmen diagnodtik dan asesmen non-diagnostik, membuat stuktur kelas dan kesepakatan kelas serta penampilan dari berbagai ekskul yang ada di sd Al Azhar 2. Nah pada pertemuan kali ini kita sudah kembali aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hari kita akan mempelajari tentang jenis-jenis persaan serta mengenal unsur-unsur seni rupa khususnya tentang warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
Anak-anak perjatikan gambar di atas!
Menurut kalian, apa yang sedang dirasakan oleh tokoh yang ada di gambar?
Pernahkah kalian merasakan sedih atau marah di sekolah? Mengapa demikian?
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠|
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
o Cara Menulis Tentang Perasaan
Gunakan kalimat sederhana seperti: "Saya merasa [perasaan] karena [alasan]."
Contoh :
- Saya merasa senang karena saya bermain bersama teman-teman.
- Saya merasa sedih saat hujan deras dan tidak bisa bermain di luar.
- Saya merasa marah karena teman saya mengejek saya.
- Saya merasa takut saat melihat ular di kebun.
- Saya merasa terkejut karena ibu membelikan es krim.
📌Materi Seni Rupa
Perhatikan gambar/kartu bilngan di atas!
“Kalian tahu tidak, angka 3 di angka 345 itu menunjukkan ratusan, puluhan, atau satuan ya?”
Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 500
Pengertian Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus
bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar
sampai bilangan 500.
Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata
Angka |
Kata |
12 |
dua belas |
25 |
dua puluh lima |
137 |
seratus tiga puluh tujuh |
405 |
empat ratus lima |
500 |
lima ratus |
Contoh latihan:
- Tulis angka:
a. Dua ratus lima → 205
b. Empat ratus tiga puluh satu → 431 - Tulis kata:
a. 56 → lima puluh enam
b. 189 → seratus delapan puluh sembilan
“Bagaimana cara
mengetahui nilai tempat dari angka-angka dalam sebuah bilangan?”
Pengertian Nilai Tempat
Nilai tempat adalah posisi angka dalam suatu bilangan yang
menunjukkan besar nilainya.
Bilangan tiga angka memiliki:
- Ratusan
(R)
- Puluhan
(P)
- Satuan (S)
Contoh:
- Bilangan: 372
- 3 = ratusan → 300
- 7 = puluhan → 70
- 2 = satuan → 2
📌 Contoh Lain:
- Bilangan: 408
- 4 = ratusan → 400
- 0 = puluhan → 0
- 8 = satuan → 8
Latihan :
Petunjuk Pengerjaan:
- Amati
daftar bilangan di bawah ini.
- Ubah
setiap bilangan menjadi bentuk kata.
- Tentukan
nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dari setiap bilangan.
- Diskusikan
bersama teman kelompokmu.
- Tulis hasil diskusi ke dalam tabel berikut.
Daftar Bilangan:
- 127
- 384
- 209
- 451
- 316
- 298
Tabel Pengisian LKPD:
No |
Angka |
Bentuk Kata |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
1 |
127 |
Seratus dua puluh tujuh |
|||
2 |
384 |
||||
3 |
209 |
||||
4 |
451 |
||||
5 |
316 |
||||
6 |
298 |
0 comments:
Posting Komentar