Materi Ajar, Senin, 22 September 2025

Minggu, 21 September 2025

                         

Hari, tanggal    : Senin, 22 September 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Bahasa Indonesia & Seni Rupa


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mengenal apa itu grafik dan menyebutkan jenis-jenis grafik serta kita juga sudah belajar tentang cara berbagai macam bentuk, yatiu bentuk geometris dan bentuk organik. Nah pada pertemuan kali ini kita akan melaksanakan latihan terkait materi grafik dan mereview kembali, serta kita juga akan mengenal warna panas dan warna dingin. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •      Media ajar: Video pembelajarana, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkunga.

  2. Murid mampu memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
  2. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
  2. Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
  3. Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
  4. Murid dapat membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
  5. Murid dapat memahami bahwa berbagai benda memiliki warna
  6. Murid dapat mengetahui pengertian warna panas dan warna dingin
  7. Murid dapat mengidentifikasi warna pada benda yang ada di sekitar

📌 Materi Bahasa Indonesia

Grafik

  • “Anak-anak, kalian pernah melihat grafik? Misalnya grafik jumlah siswa yang suka apel, jeruk, dan mangga. Grafik bisa membantu kita mengetahui informasi dengan cepat. Pernahkah kalian memperhatikan grafik seperti itu?”



Apa Itu Grafik?

Grafik adalah gambar yang bisa bercerita. Ada banyak jenis grafik, seperti grafik batang dan grafik lingkaran. Semua grafik punya cerita, tapi ceritanya bukan dengan kata-kata, melainkan dengan gambar dan angka.


Cara Membaca Grafik

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat melihat grafik:

  1. Judul Grafik: Judulnya ada di bagian atas. Judul ini yang memberitahu kita, grafik ini bercerita tentang apa. Misalnya, "Jumlah Mainan Favorit".

  2. Sumbu X dan Y:

    • Sumbu X ada di bawah, mendatar. Sumbu X berisi nama-nama hal yang dihitung, misalnya nama mainan seperti "boneka", "bola", dan "robot".

    • Sumbu Y ada di samping, tegak lurus. Sumbu Y berisi angka-angka, misalnya "1", "2", "3", dan seterusnya. Angka ini yang menunjukkan berapa banyak setiap benda.

  3. Melihat Batang atau Bagian Lainnya: Lihat gambar atau batang pada grafik. Misalnya, pada grafik batang, lihat batang mana yang paling tinggi? Batang yang paling tinggi berarti jumlahnya paling banyak. Batang yang paling pendek berarti jumlahnya paling sedikit.

Contoh Sederhana

  • Lihat batang untuk rasa cokelat. Batangnya sampai angka 5. Artinya, ada 5 orang yang suka rasa cokelat.

  • Lihat batang untuk rasa vanila. Batangnya sampai angka 3. Artinya, ada 3 orang yang suka rasa vanila.

  • Lihat batang untuk rasa stroberi. Batangnya sampai angka 8. Artinya, ada 8 orang yang suka rasa stroberi.

Dengan melihat grafik, kita bisa langsung tahu bahwa rasa stroberi adalah yang paling banyak disukai karena batangnya paling tinggi. Jadi, grafik membantu kita melihat dan membandingkan angka dengan lebih mudah dan cepat.

LKPD





📌Materi Seni Rupa

  • Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman




    ·      “Apa yang kamu lihat?” “Apakah gambar ini bisa dijadikan karya seni?”


  • 1.   A. Apa itu Pengalaman Visual?

    Pengalaman visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:

    ·         Pergi ke pasar bersama ibu.

    ·         Bermain di taman.

    ·         Melihat pelangi setelah hujan.

    ·         Menonton pertunjukan wayang.

    Pengalaman ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.


    B. Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :

    1.      Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).

    2.      Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).

    3.      Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.


    C. Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:

    1.      Ingat kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).

    2.      Ceritakan secara lisan kepada teman atau guru.

    3.      Buat gambar dari pengalaman tersebut.

    4.      Tambahkan warna agar lebih menarik.

    5.      Tampilkan hasil karya di depan kelas.


    Alat dan Bahan:

    ·         Kertas gambar

    ·         Pensil

    ·         Pensil warna/crayon/spidol

    ·         Gunting dan lem (jika membuat kolase)

    ·         Kertas warna (untuk kolase)

     

    LKPD :

    Amatilah gambar berikut kemudian buatlah karya seni rupa yang berkaitan dengan ganbar tersebut lalu jelaskan di depan kelas !

    24.400+ Pohon Jeruk Foto Stok, Potret, & Gambar Bebas ...

  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
     

    0 comments:

    Posting Komentar