Hari, tanggal : Rabu, 17 September 2025
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, contoh poster, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
- Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
- Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
📌Materi Pendidikan Pancasila
Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)
Nilai Pancasila di Sekolah
Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.
Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.
Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.
Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.
Cara Menceritakan Kembali
Gunakan bahasa yang sederhana.
Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.
Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).
Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.
Contoh Cerita Pendek
Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.
LKPD:
Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)
Nilai Pancasila di Sekolah
Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.
Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.
Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.
Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.
Cara Menceritakan Kembali
Gunakan bahasa yang sederhana.
Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.
Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).
Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.
Contoh Cerita Pendek
Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.
0 comments:
Posting Komentar