Materi Ajar, Jum'at, 26 September 2025

Kamis, 25 September 2025

                            

Hari, tanggal    : Jum'at, 26 September 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : P.Pancasila & Seni Rupa


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang lagu Indoensia Raya serta mengenal macam-macam warna. Selanjutnya pada pembelajaran hari ini kita akan belajar tentang Simbol dan Arti sila-sila Pancasila serta Mengenal Macam-macam garisOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, Gambar tokoh perumus pancasila, gambar warna panas dan dingin, LKPD

  1. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
  2. Mengenal Tokoh perumus Pancasila

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
  2. Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
  3. Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.
  4. Murid didik dapat mengenal tokoh-tokoh perumus Pancasila.
  5. Murid dapat menyebutkan nama-nama perumus Pancasila secara lisan dan tertulis.


📌Materi Pendidikan Pancasila


  • TOKOH PERUMUS PANCASILA

      • Pancasila adalah dasar negara Indonesia.

      • Pancasila berisi lima sila yang menjadi pedoman hidup rakyat Indonesia


    2. Siapa yang merumuskan Pancasila?

    1. Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:

      1. Ir. Soekarno

        • Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.

        • Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.

      2. Drs. Mohammad Hatta

        • Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.

        • Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.

      3. Mr. Muhammad Yamin

        • Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.

        • Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.

    3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?

      • Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.

      • Cinta tanah air.

      • Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.



  • 📝 Latihan Soal

    Pilihan Ganda

    1.      Tokoh yang menyampaikan pidato tentang dasar negara pada 1 Juni 1945 adalah …
    a. Moh. Yamin
    b. Supomo
    c. Ir. Soekarno
    d. Moh. Hatta

    2.      Tokoh perumus Pancasila yang ahli hukum adalah …
    a. Ir. Soekarno
    b. Moh. Hatta
    c. Supomo
    d. Ki Hajar Dewantara

    Isian Singkat
    3. Sebutkan tiga tokoh perumus Pancasila!
    4. Moh. Yamin dikenal sebagai seorang … dan perumus Pancasila.


    📑 LKPD

    A. Menebak Gambar

    Lihat gambar tokoh di bawah ini!. Tuliskan nama tokoh pada kolom yang tersedia!

    No

    Gambar Tokoh

    Nama Tokoh

    1

    ………………………

    2

    ………………………

    3

    ………………………


    B. Mencocokkan

    Hubungkan nama tokoh dengan perannya!

    Nama Tokoh

    Peran

    1. Ir. Soekarno

    ( ) Ahli hukum dan pengusul konsep negara integralistik

    2. Moh. Yamin

    ( ) Mengusulkan gagasan dasar negara, tokoh sastra

    3. Supomo

    ( ) Menyampaikan pidato tentang Pancasila 1 Juni 1945


    C. Refleksi Murid

    1.      Tokoh perumus Pancasila yang paling saya kagumi adalah ……………………..
    Karena ……………………………………………………………………………………


    📌Materi Seni Rupa

  • Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman


    “Apa yang kamu lihat?” “Apakah gambar ini bisa dijadikan karya seni?”



    A. Apa itu Pengalaman Visual?

    Pengalaman visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:

    ·         Pergi ke pasar bersama ibu.

    ·         Bermain di taman.

    ·         Melihat pelangi setelah hujan.

    ·         Menonton pertunjukan wayang.

    Pengalaman ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.


    B. Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :

    1.      Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).

    2.      Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).

    3.      Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.


    C. Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:

    1.      Ingat kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).

    2.      Ceritakan secara lisan kepada teman atau guru.

    3.      Buat gambar dari pengalaman tersebut.

    4.      Tambahkan warna agar lebih menarik.

    5.      Tampilkan hasil karya di depan kelas.


    Alat dan Bahan:

    ·         Kertas gambar

    ·         Pensil

    ·         Pensil warna/crayon/spidol

    ·         Gunting dan lem (jika membuat kolase)

    ·         Kertas warna (untuk kolase)

     

    LKPD :

    Amatilah gambar berikut kemudian buatlah karya seni rupa yang berkaitan dengan ganbar tersebut lalu jelaskan di depan kelas !

    24.400+ Pohon Jeruk Foto Stok, Potret, & Gambar Bebas ...


  • 1.      

  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN 

    0 comments:

    Posting Komentar