Hari, tanggal : Jum'at, 26 September 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang lagu Indoensia Raya serta mengenal macam-macam warna. Selanjutnya pada pembelajaran hari ini kita akan belajar tentang Simbol dan Arti sila-sila Pancasila serta Mengenal Macam-macam garis. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, Gambar tokoh perumus pancasila, gambar warna panas dan dingin, LKPD
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
- Mengenal Tokoh perumus Pancasila
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.
- Murid didik dapat mengenal tokoh-tokoh perumus Pancasila.
- Murid dapat menyebutkan nama-nama perumus Pancasila secara lisan dan tertulis.
📌Materi Pendidikan Pancasila
2. Siapa yang merumuskan Pancasila?
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
Ir. Soekarno
Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
Drs. Mohammad Hatta
Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
Mr. Muhammad Yamin
Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
Ir. Soekarno
Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
Drs. Mohammad Hatta
Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
Mr. Muhammad Yamin
Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
Cinta tanah air.
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
Cinta tanah air.
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
📝 Latihan Soal
Pilihan Ganda
1. Tokoh
yang menyampaikan pidato tentang dasar negara pada 1 Juni 1945 adalah …
a. Moh. Yamin
b. Supomo
c. Ir. Soekarno
d. Moh. Hatta
2. Tokoh
perumus Pancasila yang ahli hukum adalah …
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Supomo
d. Ki Hajar Dewantara
Isian Singkat
3. Sebutkan tiga tokoh perumus Pancasila!
4. Moh. Yamin dikenal sebagai seorang … dan perumus Pancasila.
📑 LKPD
A. Menebak Gambar
Lihat gambar tokoh di
bawah ini!. Tuliskan nama tokoh pada kolom yang tersedia!
No |
Gambar Tokoh |
Nama Tokoh |
1 |
|
……………………… |
2 |
|
……………………… |
3 |
|
……………………… |
B. Mencocokkan
Hubungkan nama tokoh
dengan perannya!
Nama Tokoh |
Peran |
1. Ir. Soekarno |
( ) Ahli hukum dan
pengusul konsep negara integralistik |
2. Moh. Yamin |
( ) Mengusulkan gagasan
dasar negara, tokoh sastra |
3. Supomo |
( ) Menyampaikan pidato
tentang Pancasila 1 Juni 1945 |
C. Refleksi Murid
1. Tokoh
perumus Pancasila yang paling saya kagumi adalah ……………………..
Karena ……………………………………………………………………………………
📌Materi Seni Rupa
Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman
A.
Apa itu Pengalaman Visual?
Pengalaman
visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:
·
Pergi
ke pasar bersama ibu.
·
Bermain
di taman.
·
Melihat
pelangi setelah hujan.
·
Menonton
pertunjukan wayang.
Pengalaman
ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.
B.
Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :
1.
Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).
2.
Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).
3.
Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.
C.
Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:
1.
Ingat
kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama
keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).
2.
Ceritakan
secara lisan kepada teman atau guru.
3.
Buat
gambar dari pengalaman tersebut.
4.
Tambahkan
warna agar lebih menarik.
5.
Tampilkan
hasil karya di depan kelas.
Alat
dan Bahan:
·
Kertas
gambar
·
Pensil
·
Pensil
warna/crayon/spidol
·
Gunting
dan lem (jika membuat kolase)
·
Kertas
warna (untuk kolase)
LKPD :
Amatilah gambar berikut kemudian buatlah
karya seni rupa yang berkaitan dengan ganbar tersebut lalu jelaskan di depan
kelas !
1.
0 comments:
Posting Komentar