Hari, tanggal : Rabu, 24 September 2025
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, contoh poster, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
- Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
- Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
-
Sikap sederhana adalah hidup apa adanya, tidak berlebihan, dan tidak sombong.
-
Sederhana bukan berarti miskin, tetapi tidak berfoya-foya.
2. Contoh sikap sederhana di rumah
-
Tidak meminta mainan atau baju berlebihan.
-
secukupnya, tidak membuang makanan.
-
Menggunakan barang dengan hati-hati agar awet.
3. Contoh sikap sederhana di sekolah
-
Tidak pamer barang baru kepada teman.
-
Membawa bekal secukupnya.
-
Tidak pilih-pilih teman, semua diperlakukan sama.
4. Mengapa kita harus hidup sederhana?
-
Agar tidak boros.
-
Agar lebih bersyukur.
-
Supaya bisa berbagi dengan orang lain.
📘 Latihan Soal – Sikap Sederhana
A. Soal Isian
1. Hidup sederhana artinya tidak ………………………………
👉 Jawaban:
2. Jika kita memiliki makanan, sebaiknya ……………………………… agar tidak boros.
👉 Jawaban:
3. Membawa bekal dari rumah ke sekolah adalah contoh sikap ………………………………
👉 Jawaban:
4. Tidak pamer barang baru kepada teman adalah contoh sikap sederhana di ………………………………
👉 Jawaban:
5. Dengan hidup sederhana, kita belajar untuk selalu ……………………………… kepada Tuhan.
👉 Jawaban:
📌Materi Pendidikan Pancasila
2. Siapa yang merumuskan Pancasila?
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
-
Ir. Soekarno
-
Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
-
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
-
Drs. Mohammad Hatta
-
Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
-
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
-
Mr. Muhammad Yamin
-
Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
-
Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
-
Ir. Soekarno
-
Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
-
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
-
-
Drs. Mohammad Hatta
-
Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
-
Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
-
-
Mr. Muhammad Yamin
-
Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
-
Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
-
-
3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?
-
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
-
Cinta tanah air.
-
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
-
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
-
Cinta tanah air.
-
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
-
1. Tokoh yang pertama kali membacakan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 adalah ………………………………
👉 Jawaban:
2. Tokoh perumus Pancasila yang juga seorang ahli hukum dan ikut sidang BPUPKI adalah ………………………………
👉 Jawaban:
3. Muhammad Yamin adalah seorang tokoh perjuangan, ahli hukum, dan juga seorang ………………………………
👉 Jawaban:
0 comments:
Posting Komentar