Hari, tanggal : Senin, 24 November 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan belajar mengenal dan membedakan apa itu kalimat fakta dan kalimat opini serta melaksanakan sumatif harian 3 mata pelajaran seni rupa. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
2. Murid menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
2. Menilai karya (gambar, kolase, patung) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, kolase, patung) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.
3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
5. Mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).
6. Membandingkan dan membuat karya seni rupa7
7. Menjelaskan secara sederhana alasan ia menyukai atau memberi saran pada karya tersebut.
8. Menghargai karya teman dan memberi tanggapan positif.
1. Pengertian Kalimat Fakta
Kalimat fakta adalah kalimat yang kebenarannya dapat dibuktikan. Fakta biasanya berisi informasi nyata, benar terjadi, dan tidak dipengaruhi perasaan.
Ciri-ciri Kalimat Fakta
-
Dapat dibuktikan kebenarannya.
-
Menggunakan data atau kejadian nyata.
-
Bersifat objektif (apa adanya).
-
Contoh kata yang sering muncul: tanggal, jumlah, tempat, waktu.
Contoh Kalimat Fakta
-
Sekolah kami memiliki 12 ruang kelas.
-
Upacara bendera dilakukan setiap hari Senin.
-
Bendera Indonesia berwarna merah dan putih.
2. Pengertian Kalimat Opini
Kalimat opini adalah kalimat yang berisi pendapat, perasaan, atau penilaian seseorang. Opini tidak bisa dibuktikan benar untuk semua orang.
Ciri-ciri Kalimat Opini
-
Bersifat subjektif (berdasarkan pendapat atau perasaan).
-
Belum tentu benar bagi semua orang.
-
Menggunakan kata-kata penilaian.
-
Contoh kata yang sering muncul: menurut saya, sepertinya, paling bagus, sangat enak.
Contoh Kalimat Opini
-
Menurut saya, kelas 2 adalah kelas yang paling menyenangkan.
-
Sekolah kami memiliki taman yang sangat indah.
-
Makanan di kantin paling enak dibanding makanan lain.
MATERI SENI RUPA
1. Pengertian Karya Seni Rupa
-
Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba.
-
Contoh seni rupa: gambar, lukisan, patung, anyaman, poster, kolase.
2. Pengertian Kolase
-
Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan menempel berbagai bahan di atas suatu permukaan.
-
Bahan kolase dapat berupa:
-
Kertas warna
-
Daun kering
-
Kain perca
-
Biji-bijian
-
Potongan majalah
-
Kardus atau tekstur lainnya
-
3. Tujuan Membuat Kolase
-
Melatih kreativitas dan imajinasi.
-
Melatih ketelitian dalam menempel.
-
Mengembangkan motorik halus.
-
Menyenangkan dan menumbuhkan rasa percaya diri.
4. Cara Membuat Kolase
-
Menyiapkan bahan (kertas, lem, gunting, bahan tempel).
-
Menggambar pola atau bentuk dasar.
-
Memotong bahan sesuai kebutuhan.
-
Menempel bahan mengikuti pola.
-
Merapikan dan memberi sentuhan akhir.
5. Menilai Karya Seni Rupa
Ketika menilai karya seni rupa (termasuk kolase), hal-hal yang dapat diperhatikan:
a. Kesesuaian Tema
-
Apakah karya sesuai dengan tema atau gambar yang diminta?
b. Kreativitas
-
Cara siswa memilih warna, bahan, dan ide unik dalam karyanya.
c. Kerapian
-
Bahan ditempel rapi, tidak berantakan, dan bentuk terlihat jelas.
d. Pemilihan Bahan
-
Bahan sesuai, bervariasi, dan menambah keindahan karya.
e. Keutuhan Gambar
-
Karya tidak sobek, tidak lepas, dan tersusun dengan baik.
6. Contoh Penilaian Kolase dengan Bahasa Sederhana
-
Baik: Menempel rapi, bahan beragam, sesuai tema, warna serasi.
-
Cukup: Tema sesuai tetapi bahan kurang rapi.
-
Perlu bimbingan: Bahan kurang tepat, gambar tidak terbentuk jelas.
Kesimpulan
Menilai karya seni rupa dan kolase berarti melihat kreativitas, kerapian, dan kesesuaian tema. Kolase adalah seni menempel berbagai bahan sehingga terlihat indah dan bermakna.




0 comments:
Posting Komentar