Materi Ajar, Kamis, 06 November 2025

Rabu, 05 November 2025

                                 

Hari, tanggal    : Kamis, 06 November 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Bahasa Indonesia & Matematika


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari serta cara menemukan informasi pada sebuah grafik. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
  2. Membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
  2. Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
  3. Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
  4. Murid dapat membandingkan panjang dua benda secara langsung.
  5. Murid dapat membandingkan berat dua benda secara langsung.
  6. Murid dapat mengurutkan panjang dan berat beberapa benda berdasarkan hasil pengamatan.
  7. Murid dapat membandingkan durasi waktu dua kegiatan sederhana.
  8. Murid dapat menyimpulkan perbandingan panjang, berat, dan waktu melalui kegiatan konkret.


Materi Bahasa Indonesia

1. Konsep Dasar Bahasa

Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:

  • Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
  • Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.

Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.

2. Kata Depan “di” (Preposisi)

Ciri-ciri:

  • Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
  • Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
  • Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Buku ada di meja

Menunjukkan lokasi buku

Ibu memasak di dapur

Menunjukkan tempat aktivitas

Kucing tidur di bawah kursi

Menunjukkan posisi kucing

🧠 Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.

3. Awalan “di-” (Prefiks)

Ciri-ciri:

  • Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
  • Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
  • Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Pintu itu dibuka ayah

Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu

Surat itu dikirim Dina

Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain

Lantai disapu setiap pagi

Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek


Latihan :


Bacalah cerita berikut dengan seksama! Kemudian tuliskan kata depan dan kata imbuhan "di" yang kamu temukan pada cerita di buku tulismu!





📌Materi Matemaika

  •  “Menurut kalian, mana yang lebih panjang, pensil atau penghapus?”

     “Menurut kalian, mana yang lebih berat, buku atau penghapus?”



  • 1. Membandingkan Panjang

    Panjang adalah ukuran suatu benda dari ujung ke ujung.

    Contoh benda yang bisa dibandingkan panjangnya:

    ·         Pensil dan penggaris

    ·         Tali dan pita

    ·         Buku dan penghapus

    💡 Cara membandingkan panjang:

    ·         Letakkan dua benda sejajar dan mulai dari titik awal yang sama.

    ·         Lihat benda mana yang ujungnya lebih jauh — itu berarti lebih panjang.

    📏 Contoh konkret:

    ·         Pensil = 12 cm

    ·         Penggaris = 15 cm
    → Penggaris lebih panjang daripada pensil.
    → Pensil lebih pendek daripada penggaris.

    Istilah yang digunakan:

    Perbandingan

    Kalimat

    Lebih panjang

    Tali merah lebih panjang daripada tali biru.

    Lebih pendek

    Tali biru lebih pendek daripada tali merah.

    Sama panjang

    Dua pensil memiliki panjang yang sama.

     

    2. Membandingkan Berat

    Berat menunjukkan seberapa ringan atau berat suatu benda.

    Contoh benda:

    ·         Buku, pensil, batu, bola, tas sekolah.

    ⚖️ Cara membandingkan berat:

    ·         Gunakan timbangan sederhana atau bandingkan dengan tangan (angkat dua benda bersamaan).

    ·         Benda yang terasa lebih menekan tangan berarti lebih berat.

    📚 Contoh konkret:

    ·         Tas = 3 kg

    ·         Buku = 1 kg
    → Tas lebih berat daripada buku.
    → Buku lebih ringan daripada tas.

    Istilah yang digunakan:

    Perbandingan

    Kalimat

    Lebih berat

    Batu lebih berat daripada bola.

    Lebih ringan

    Bola lebih ringan daripada batu.

    Sama berat

    Dua botol air memiliki berat yang sama.

     

    🔍 C. Aktivitas Sederhana di Kelas

    🔹 Aktivitas 1: Mengukur Panjang

    Alat: Tali, penggaris, pita
    Langkah:

    1.      Pilih dua benda di kelas.

    2.      Letakkan sejajar.

    3.      Ukur dengan penggaris atau tali.

    4.      Bandingkan: mana yang lebih panjang?

    🧮 Contoh Lembar Hasil:

    Benda 1

    Panjang

    Benda 2

    Panjang

    Hasil Perbandingan

    Pensil

    12 cm

    Penggaris

    15 cm

    Penggaris lebih panjang

    Buku

    20 cm

    Penghapus

    5 cm

    Buku lebih panjang

     

    🔹 Aktivitas 2: Menimbang Berat

    Alat: Timbangan gantung atau tangan
    Langkah:

    1.      Ambil dua benda.

    2.      Timbang atau angkat bersamaan.

    3.      Bandingkan beratnya.

    📊 Contoh Lembar Hasil:

    Benda 1

    Berat

    Benda 2

    Berat

    Hasil Perbandingan

    Tas

    3 kg

    Buku

    1 kg

    Tas lebih berat

    Bola

    -

    Pensil

    -

    Bola lebih berat


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    0 comments:

    Posting Komentar