Hari, tanggal : Kamis, 06 November 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari serta cara menemukan informasi pada sebuah grafik. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
- Membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
- Membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
- Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
- Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
- Murid dapat membandingkan panjang dua benda secara langsung.
- Murid dapat membandingkan berat dua benda secara langsung.
- Murid dapat mengurutkan panjang dan berat beberapa benda berdasarkan hasil pengamatan.
- Murid dapat membandingkan durasi waktu dua kegiatan sederhana.
- Murid dapat menyimpulkan perbandingan panjang, berat, dan waktu melalui kegiatan konkret.
1. Konsep Dasar Bahasa
Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:
- Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
- Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.
Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.
2. Kata Depan “di” (Preposisi)
Ciri-ciri:
- Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
- Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
- Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Buku ada di meja | Menunjukkan lokasi buku |
Ibu memasak di dapur | Menunjukkan tempat aktivitas |
Kucing tidur di bawah kursi | Menunjukkan posisi kucing |
🧠 Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.
3. Awalan “di-” (Prefiks)
Ciri-ciri:
- Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
- Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
- Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Pintu itu dibuka ayah | Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu |
Surat itu dikirim Dina | Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain |
Lantai disapu setiap pagi | Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek |
Latihan :
Bacalah cerita berikut dengan seksama! Kemudian tuliskan kata depan dan kata imbuhan "di" yang kamu temukan pada cerita di buku tulismu!
1.
Membandingkan Panjang
Panjang
adalah ukuran suatu benda dari ujung ke ujung.
Contoh
benda yang bisa dibandingkan panjangnya:
·
Pensil
dan penggaris
·
Tali
dan pita
·
Buku
dan penghapus
💡 Cara membandingkan panjang:
·
Letakkan
dua benda sejajar dan mulai dari titik awal yang sama.
·
Lihat
benda mana yang ujungnya lebih jauh — itu berarti lebih panjang.
📏 Contoh konkret:
·
Pensil
= 12 cm
·
Penggaris
= 15 cm
→ Penggaris lebih panjang daripada pensil.
→ Pensil lebih pendek daripada penggaris.
Istilah
yang digunakan:
|
Perbandingan |
Kalimat |
|
Lebih
panjang |
Tali
merah lebih panjang daripada tali biru. |
|
Lebih
pendek |
Tali
biru lebih pendek daripada tali merah. |
|
Sama
panjang |
Dua
pensil memiliki panjang yang sama. |
2.
Membandingkan Berat
Berat
menunjukkan seberapa ringan atau berat suatu benda.
Contoh
benda:
·
Buku,
pensil, batu, bola, tas sekolah.
⚖️ Cara membandingkan berat:
·
Gunakan
timbangan sederhana atau bandingkan dengan tangan (angkat dua benda bersamaan).
·
Benda
yang terasa lebih menekan tangan berarti lebih berat.
📚 Contoh konkret:
·
Tas
= 3 kg
·
Buku
= 1 kg
→ Tas lebih berat daripada buku.
→ Buku lebih ringan daripada tas.
Istilah
yang digunakan:
|
Perbandingan |
Kalimat |
|
Lebih
berat |
Batu
lebih berat daripada bola. |
|
Lebih
ringan |
Bola
lebih ringan daripada batu. |
|
Sama
berat |
Dua
botol air memiliki berat yang sama. |
🔍 C. Aktivitas Sederhana di Kelas
🔹 Aktivitas 1: Mengukur Panjang
Alat:
Tali, penggaris, pita
Langkah:
1.
Pilih
dua benda di kelas.
2.
Letakkan
sejajar.
3.
Ukur
dengan penggaris atau tali.
4.
Bandingkan:
mana yang lebih panjang?
🧮 Contoh Lembar Hasil:
|
Benda
1 |
Panjang |
Benda
2 |
Panjang |
Hasil
Perbandingan |
|
Pensil |
12
cm |
Penggaris |
15
cm |
Penggaris
lebih panjang |
|
Buku |
20
cm |
Penghapus |
5
cm |
Buku
lebih panjang |
🔹 Aktivitas 2: Menimbang Berat
Alat:
Timbangan gantung atau tangan
Langkah:
1.
Ambil
dua benda.
2.
Timbang
atau angkat bersamaan.
3.
Bandingkan
beratnya.
📊 Contoh Lembar Hasil:
|
Benda
1 |
Berat |
Benda
2 |
Berat |
Hasil
Perbandingan |
|
Tas |
3
kg |
Buku |
1
kg |
Tas
lebih berat |
|
Bola |
- |
Pensil |
- |
Bola
lebih berat |




0 comments:
Posting Komentar