Hari, tanggal : Senin, 10 November 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata depan "di" dan kata awalan "di" serta menilai karya seni rupa dua dimensi. Nah pada hari ini kita akan belajar penggunaan kata depan dan kata awalan "di" serta membuat kolase bunga matahari. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
2. Murid menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
2. Menilai karya (gambar, kolase, patung) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, kolase, patung) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.
3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
5. Mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).
6. Membandingkan dan membuat karya seni rupa7
7. Menjelaskan secara sederhana alasan ia menyukai atau memberi saran pada karya tersebut.
8. Menghargai karya teman dan memberi tanggapan positif.
1. Konsep Dasar Bahasa
Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:
- Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
- Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.
Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.
2. Kata Depan “di” (Preposisi)
Ciri-ciri:
- Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
- Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
- Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Buku ada di meja | Menunjukkan lokasi buku |
Ibu memasak di dapur | Menunjukkan tempat aktivitas |
Kucing tidur di bawah kursi | Menunjukkan posisi kucing |
🧠Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.
3. Awalan “di-” (Prefiks)
Ciri-ciri:
- Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
- Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
- Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Pintu itu dibuka ayah | Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu |
Surat itu dikirim Dina | Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain |
Lantai disapu setiap pagi | Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek |
Latihan :
Bacalah cerita berikut dengan seksama! Kemudian tuliskan kata depan dan kata imbuhan "di" yang kamu temukan pada cerita di buku tulismu!
MATERI SENI RUPA
Pengertian Kolase
Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan berbagai bahan seperti kertas, kain, daun, atau bahan lain pada permukaan kertas atau media lain sehingga menjadi gambar atau hiasan.
Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan berbagai bahan seperti kertas, kain, daun, atau bahan lain pada permukaan kertas atau media lain sehingga menjadi gambar atau hiasan.
Bahan untuk Membuat Kolase
Kertas warna
Koran atau majalah bekas
Kain perca
Daun atau bunga kering
Benang, kapas, atau bahan alam lainnya
Lem atau perekat
Kertas warna
Koran atau majalah bekas
Kain perca
Daun atau bunga kering
Benang, kapas, atau bahan alam lainnya
Lem atau perekat
Alat untuk Membuat Kolase
Gunting
Lem
Karton atau kertas sebagai alas
Pensil (untuk sketsa awal)
Gunting
Lem
Karton atau kertas sebagai alas
Pensil (untuk sketsa awal)
Langkah-langkah Membuat Kolase
Menentukan tema – Tentukan gambar atau objek yang akan dibuat.
Mempersiapkan bahan – Siapkan kertas, kain, atau bahan lain sesuai tema.
Memotong atau merobek bahan – Sesuaikan bentuk yang diinginkan.
Menempelkan bahan – Tempelkan bahan di atas kertas atau karton.
Menghias dan merapikan – Tambahkan detail agar kolase lebih menarik.
Menentukan tema – Tentukan gambar atau objek yang akan dibuat.
Mempersiapkan bahan – Siapkan kertas, kain, atau bahan lain sesuai tema.
Memotong atau merobek bahan – Sesuaikan bentuk yang diinginkan.
Menempelkan bahan – Tempelkan bahan di atas kertas atau karton.
Menghias dan merapikan – Tambahkan detail agar kolase lebih menarik.
Contoh Tema Kolase
Hewan
Bunga
Rumah atau lingkungan
Buah-buahan
Pemandangan alam
Hewan
Bunga
Rumah atau lingkungan
Buah-buahan
Pemandangan alam
Manfaat Membuat Kolase
Melatih kreativitas
Melatih keterampilan motorik halus
Belajar mengombinasikan warna dan bentuk
Mengasah kesabaran dan ketelitian
LATIHAN
🌸 Tugas Seni Rupa:
Perintah Tugas :
Anak-anak, buatlah kolase di atas menggunakan kapas/tisu!
Kerjakan dengan rapi dan penuh kreativitas, ya!
Melatih kreativitas
Melatih keterampilan motorik halus
Belajar mengombinasikan warna dan bentuk
Mengasah kesabaran dan ketelitian
🌸 Tugas Seni Rupa:
Perintah Tugas :
Anak-anak, buatlah kolase di atas menggunakan kapas/tisu!
Kerjakan dengan rapi dan penuh kreativitas, ya!




0 comments:
Posting Komentar