Materi ajar, Jumat, 1 Maret 2024

Kamis, 29 Februari 2024

Hari, tanggal             : Jumat, 01 maret 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 6 dan PH 3

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah. 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 subtema 3 pb 4 dan 5  yaitu tentang energi alternatif air, cara membuat briket dan hak dan kewajiban terhadap lingkungan. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 pb 6  yaitu tentang energi alternatif, menghitung lamaya suatu kejadian serta hak dan kewajiban terhadap lingkungan sekolah. Perhatikan baik-baik ya anak-anak, dikarenakan setelah itu kita akan melaksanakan Penilaian harian (PH) 3  tema 6 subtema 3.



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

BIOGAS


Ada banyak hewan disekitar kita. Hewan disekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan. Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.

Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk.


📌 Ayo Berdiskusi!

Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu!
  1. Berikan dua alasan biogas dapatdijadikan energi aternatif!
  2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan!
  3. Berikan 2 contoh keuntunganmenggunakan biogas!
  4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas!


📌 Ayo Berlatih!

Disuatu desa masyarakat memilih menggunakan biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang digunakan untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jika kegiatan memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka memilikisatu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!
  1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan
  2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?
  3. Kakak dan teman-teman sedang menyiapkan masakan untuk acara besar. Kakak menggunakan biogas yang dapat digunakan untuk memasak selama 10 jam. Jika kakak mulai memasak pukul 12.15. Maka, pukul berapa biogas akan habis?

Memilih menggunakan energi alternatif termasuk sikap peduli kepada lingkungan. Menjaga lingkungan harus terus diupayakan. Agar kehidupan dapat terus berlangsung dengan baik.

  1. Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?
  2. Mengapa? Jelaskan!
  3. Sekarang cobalah amati lingkungansekolahmu! Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di sekolahmu!

📌 Penilaian Harian (PH) 3:




📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah, kita sudah belajar tentang energi alternatif, unsur karya dekoratif, hak dan kewajiban terhadap lingkungan serta lamanya waktu suatu kejadian, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 4 pb yaitu tentang penghematan energi.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



Materi Ajar, Kamis, 29 Februari 2024

Rabu, 28 Februari 2024

Hari, tanggal             : Kamis, 29 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 5

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah. 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 subtema 3 pb 4 dan 5  yaitu tentang energi alternatif air, cara membuat briket dan hak dan kewajiban terhadap lingkungan. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 pb 6  yaitu tentang energi alternatif, menghitung lamaya suatu kejadian serta hak dan kewajiban terhadap lingkungan sekolah. Perhatikan baik-baik ya anak-anak, dikarenakan setelah itu kita akan melaksanakan Penilaian harian (PH) 3  tema 6 subtema 3.



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

BIOGAS


Ada banyak hewan disekitar kita. Hewan disekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan. Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.

Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk.


📌 Ayo Berdiskusi!

Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu!
  1. Berikan dua alasan biogas dapatdijadikan energi aternatif!
  2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan!
  3. Berikan 2 contoh keuntunganmenggunakan biogas!
  4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas!


📌 Ayo Berlatih!

Disuatu desa masyarakat memilih menggunakan biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang digunakan untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jika kegiatan memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka memilikisatu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!
  1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan
  2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?
  3. Kakak dan teman-teman sedang menyiapkan masakan untuk acara besar. Kakak menggunakan biogas yang dapat digunakan untuk memasak selama 10 jam. Jika kakak mulai memasak pukul 12.15. Maka, pukul berapa biogas akan habis?

Memilih menggunakan energi alternatif termasuk sikap peduli kepada lingkungan. Menjaga lingkungan harus terus diupayakan. Agar kehidupan dapat terus berlangsung dengan baik.

  1. Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?
  2. Mengapa? Jelaskan!
  3. Sekarang cobalah amati lingkungansekolahmu! Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di sekolahmu!

📌 Penilaian Harian (PH) 3:




📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah, kita sudah belajar tentang energi alternatif, unsur karya dekoratif, hak dan kewajiban terhadap lingkungan serta lamanya waktu suatu kejadian, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 4 pb yaitu tentang penghematan energi.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



Materi ajar, Rabu, 28 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024

Hari, tanggal             : Rabu, 28 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 4 dan 5

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn,  siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 Subtema 3 pb 3 yaitu tentang contoh energi alternatifi. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 pb 4 dan 5 yaitu tentang energi alternatif. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 3 pb 4 dan 5 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

Air Sumber Energi Alternatif

Airmerupakan sumber energi alternatif. Energi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak. Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Tuliskan apa yang kalian pahami dari bacaan di atas pada tempat yang tersedia!
Ceritakan dengan bahasamu sendiri. 
Ceritakan hasilnya di depan teman-teman dan gurumu.


📌 Ayo Berlatih!



📌 Ayo Membaca!

Briket Pengganti BBM

Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:
• Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji
• Kanji
• Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
• Korek api

Cara kerja:
  1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu,serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).
  2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.
  3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.
  4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus. Kemudian disaring atau diayak.
  5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.
  6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.
  7. Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar matahari.
Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briket mudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Sebutkan fungsi briket?
  2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!
  3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM)!
  4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?
  5. Briket dapat mengurangi sampah. Bagaimana menurut pendapatmu? Jelaskan alasannya!
Penggunaan briket dapat mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan.Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.


📌 Ayo Berdiskusi!

Diskusikan cara mengurangi sampah yang bisa kamu lakukan!
Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.


📌 Ayo Berlatih!

  1. Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak.Jika Sitimemasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?
  2. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak. Setiap briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akanhabis?
  3. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket dapat digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa lama briket kelompok tersebut dapat digunakan?


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang energi alternatif air, cara mebuat briket serta hak dan kewajiban terhadap lingkungan . Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 3 pb 6 tentang energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 6 dan 5,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



Materi Ajar, Selasa, 27 Februari 2024

Senin, 26 Februari 2024

Hari, tanggal             : Selasa, 27 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran            : 3

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • SBdP
  • 3.1 Mengetahui unsur unsur karya dekoratif

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur karya dekoratif

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 subtema 3 pb 1 dan 2  yaitu tentang Energi alternatif angin, unsur-unsur dekoratif pada layang-layang dan ha dan kewajiban untuk bermain . Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 pb 3 yaitu tentang energi alternatif. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video




📌 Materi Ajar

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan diagonal.


Pilihlah 5 kata dari hasil tersebut!
Jelaskan artinya sesuai dengan pemahamanmu!



📌 Ayo Berkreasi!

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif. Semakin kuat gerak air, semakin besar pula energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik danmenggerakkan mesin penggiling gandum. Pernahkah kamu melihat kincir air?


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dantumbuhan juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih. Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan.


Perhatikan gambar berikut!
Lihatlah tanda 18/07/08. Artinya, minuman sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.



📌 Ayo Berlatih!



Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapatmemberi energi bagi tubuh.



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang contoh energi alternatif. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 3 pb 4 tentang energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 3,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^