Materi Ajar, Senin, 12 Februari 2024

Minggu, 11 Februari 2024

Hari, tanggal             : Senin, 12 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Sumber Energi (1)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran            : 1 dan 2

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • SBdP
  • 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi variasi pola irama pada sebuah lagu. 
  4. Dengan mempelajari PPKn,  siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 yaitu tentang cuaca. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 yaitu tentang sumber energi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video




📌 Materi Ajar

Matahari Sumber Energi Terbesar

Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan menciptakan bermacam-macam sumber energi. Air dan udara adalah sumber energi. Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan juga sumber energi. Sumber energi lainnya yang ada di bumi adalah matahari. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi.


Tanpa matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. MelaluiPembangkitListrikTenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama!
  2. Paragraf keberapakah terdapat informasi tentang sumber energi ?
  3. Apa manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3 contoh!
  4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?
  5. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi?

📌 Ayo Bernyanyi

Irama disebut juga dengan ritme dan memiliki peranan penting dalam sebuah permainan musik. Dalam bahasa Yunani, ritme berasal dari kata rhytmos yang berarti suatu alunan bunyi teratur dan berulang. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), irama adalah gerakan berturut-turut secara teratur.

Irama juga disebut sebagai turun naik lagu yang beraturan atau alunan yang terjadi karena perulangan dan pergantian kesatuan bunyi dalam arus panjang pendek bunyi, keras lembut tekanan, dan juga tinggi rendah nada. Karena itu, irama lebih sering diartikan sebagai pengatur panjang pendek dan tinggi rendahnya sebuah nada pada musik atau lagu.

Ayo kita belajar menyanyikan lagu berikut! Jangan malu atau ragu. 
Bernyanyilah dengan percaya diri!


📌 Ayo Bernyanyi


Pada percobaan di atas, kita mengetahui bahwa cahaya matahari tidak langsung membakar kapas. Butuh waktu lama sampai kapas dapat terbakar. Kegiatan sehari-hari juga membutuhkan waktu. Ada kegiatan yang lama dan ada kegiatanyang singkat.

Perhatikan gambar berikut ini! Beri tanda centang (V) pada gambar kegiatan yang waktunya lebih lama! Beri tanda silang (X) untuk kegiatan yang lebih singkat!



📌
 Ayo Membaca


Tentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (V) untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang tidak tepat!



Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 6Subtema 1 pembelajaran 1 tentang sumber energi, menentukan waktu dalam kegiatan sehari hari danmenentukan irama lagu. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar melanjutkan tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 tentang macam macam sumber energi.

0 comments:

Posting Komentar