Materi Ajar, Rabu 7 Februari 2024

Selasa, 06 Februari 2024

Hari, tanggal  : Rabu, 8 Februari 2024

Kelas                : 3A

Tema                : Cuaca (5)

Subtema          : Cuaca, Iklim dan Musim (4)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematka, dan SBdP

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdP
  • 3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat membedakan teknik potong, lipat, dan sambung.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 4 Pb 4 yaitu tentang perbedaan cuaca, i klim, dan musim. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 5 subtema 4 pb 5 yaitu tentang perbedaan cuaca, iklim, dan musik, serta karya 3 dimensi.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 berikut ini. 

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 


Lets check this video!!




📌 Materi Ajar


Semua warga akan melakukan kerja bakti pada hari Minggu. Kerja bakti dilakukan agar saat musim hujan tidak terjadi banjir di desa mereka. Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti, yaitu:
  • membersihkan saluran air dan bantaran sungai,
  • menebang cabang pohon yang lebat agar tidak tumbang,
  • membersihkan sampah di jalan desa.
Udin dan teman-teman juga ikut dalam kerja bakti tersebut. Terlihat Edo sedang memunguti sampah, sedangkan Udin memasukkan sampah-sampah ke tempat sampah. Sampah harus dibuang pada tempatnya. Jika sampah dibuang sembarangan, apa lagi ke saluran air, maka bisa terjadi banjir.

Kerja bakti telah selesai. Udin dan teman-teman pulang ke rumah. Saat berjalan, Udin bercerita. Ia mendapatkan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim dari buku yang dibawa oleh ayahnya.

📌 Ayo Berlatih!



Informasi apa saja yang dapat kamu temukan dalam teks bacaan tentang cuaca dan iklim Diskusikan bersama temanmu. Identifikasi informasi dalam teks bacaan tersebut. Lalu, tuliskan pokok-pokok informasinya pada kolom yang tersedia berikut.

Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nantisore. Mereka akan melanjutkan membuat karya 3 dimensi. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.

Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan 1/6 bagian kain berbentuk persegi panjang. Sekarang, Edomenggunting kain yang lainmenjadi delapan bagian berbentuk segitiga. Potongan kain ini akan diberikan untuk Benidan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain. Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.

📌 Ayo Berlatih!

Perhatikan kembali cara Edo memotong kain dan membaginya kepada teman-teman. Lakukan pengurangan pecahan berpenyebut sama untuk soal-soal berikut. Isilah jawaban pada tempat yang tersedia. Beri warna pada gambar sesuai dengan jawabanmu.

Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing. Ibu Edo lalu mengingatkan kembali cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.


Sekarang, semua potongan bagian kain siap ditempel di kain utama.

A.   ðŸ“Œ  EVALUASI

  1. Ketika musim hujan kita sebaiknya membersihkan sampah botol dan kaleng di halaman rumah, hal itu karena sampah botol dan kaleng jika digenangi air bisa ….
  2. Manfaat bersatu saat mengerjakan sesuatu adalah.............
  3. Contoh gotong royong yang dapat dilakukan di lingkungan masyarakat misalnya............
  4.  Sandi baru saja membeli coklat batang, ia memotong coklatnya menjadi enam bagian. Ada dua bagian yang diberikan kepada Rudi, dan ada tiga bagian yang ia makan sendiri. Sisa coklat jika ditulis dalam bentuk pecahan yaitu menjadi ….
  5. Pada hari senin cuaca di kota Semarang hujan, sedangkan di kota Ambon cerah. Hal ini menandakan bahwa keadaan cuaca hanya ….
  6. .48100 – 31100 = ….
    Hasil dari operasi pengurangan pecahan di atas adalah ….
  7. Cuaca diamati dalam waktu ….
  8. Ciri-ciri musim hujan adalah ....
  9. Karya 3 dimensi adalah ....
  10. sebutkan contoh karya 3 dimensi ....



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang  cuaca, iklim, dan musim. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 4 pembelajaran 6 dengan materi yang sama yaitu tentang cuaca, musim, dan iklim.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 4 pb 5,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar