Materi Ajar, Selasa, 20 Februari 2024

Senin, 19 Februari 2024

 Hari, tanggal             : Selasa, 20 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Perubahan Energi (2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran            : 3

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi dinamika gerak tari

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 subtema 2 pb 1 dan 2  yaitu tentang perubahan energi, gerak tari dan mengitung lamanya waktu, . Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 2 pb 3 yaitu tentang perubahan energi energi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video




📌 Materi Ajar

Manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.

Waduk merupakan bendungan yang dibangun manusia dengan berbagai tujuan tertentu.Sebagai sebuah bendungan, waduk bisa menampung banyak air yang kemudian bisa digunakan dalam beragam keperluan.Waduk dibuat dengan beragam keperluan manusia, dari bercocok tanam hingga menjadi sumber energi listrik.Air waduk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang dikenal dengan nama Pembangkit Listrik tenaga Air atau (PLTA). Untuk mendapatkan listrik, air waduk dibuat mengalir dan menggerakan turbin kemudian menghasilkan listrik yang bisa digunakan warga sekita.

Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk. Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. 

Air waduk yang kering akan berdampak pada perekonomian masyarakat di sekitar. Tanpa adanya air waduk yang melimpah, masyarakat akan kesulitan mendapatkan air untuk mengaliri lahan pertaniannya. Bukan hanya pertanian, bahkan kehidupan sehari-hari masyarakat juga turut terganggu. Air dari waduk biasa digunakan juga untuk keperluan rumah tangga, sehingga akan ada banyak keluarga yang bergantung pada kondisi air waduk. Selain itu, budidaya ikan air tawar juga tidak bisa dilakukan hingga para pengusaha kehilangan mata pencarian. Air dalam waduk juga akan berdampak pada kondisi lingkungan yang turut mengalami kekeringan. Bahkan kebutuhan listrik juga bisa menurun karena tidak adanya penggerak kincir atau turbin penghasil listrik. Waduk juga akan kehilangan daya tarik untuk wisatawan karena kondisi kering tanpa air. Karena itu, menjaga kondisi waduk dengan baik perlu dilakukan olah masyarakat sekitar.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
  1. Tuliskan 2 hal tentang Waduk yang sudah diketahui! 
  2. Bagaimana tenaga listrik dihasilkan oleh air dalam waduk? Ceritakan secarasingkat!
  3. Bagaimana listrik dari PLTA dapat sampai ke rumah-rumah?
  4. Apa yang akan terjadi jika air di waduk kering?
  5. Tuliskan 3 masalah yang muncul bila tidak ada listrik!

📌 Ayo Menari!

Saat melakukan gerakan tari dibutuhkan energi. Besar kecilnya energi yang dikeluarkan tergantung dari kuat lemahnya suatu gerakan. Gerakan yang lemah tidak terlalu menguras energi. Tempo musik yang lambat sangat mempengaruhi kuat lemahnya gerakan tari.


Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari
dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energi.


📌 Ayo Berlatih!





📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang waduk dan manfaatnya, gerakan lemah dan lambat dalam tari dan satuan waktu. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 2 pb 4 dan 5  perubahan energi.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 2 pb 3,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar