Sumatif Akhir Semester (SAS), Senin, 08 Desember 2025

Minggu, 07 Desember 2025

  Hari, tanggal    : Senin, 08 Desember 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : TIK & Mewarnai


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS).  Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

      

Jadwal SAS


      KISI-KISI SAS TIK:
  1. Pengertian Paint (logo paint)
  2. Tampilan Paint (title bar, toolbox, colorbox, Menu bar)
  3. 3 menu bar ( file, home, view)
  4. Langkah langkah membuka Paint
  5. Pengertian Bidang Gambar
  6. Ikon yang terdapat di Shapes (bentuk bentuk bangun datar dalam bahasa inggris)
  7. Nama lain dari Paint Bucket
  8. Tombol (minimize, maximize, exit/close)
  9. Fungsi Select (dalam menggambar buah apel)
  10. Fungsi ikon A (text)
  11. Cara Menyimpan, Membuka dan Membuat Gambar (save, open, new)
  12. pelajari menu bar
  13. tampilan paint beserta fungsi
  14. alat pada toolbox
  15. alat/ikon yang digunakan pada saat menggambar pemandangan
  16. alat yang digunakan menggambar buah anggur

Sumatif Akhir Semester (SAS), Jum'at, 05 Desember 2025

Kamis, 04 Desember 2025

 Hari, tanggal    : Jum'at, 05 Desember 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : B. Lampung dan Menulis


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS).  Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

      

Jadwal SAS


      KISI-KISI SAS PAK:

  1. Pengertian, manfaat, dan contoh sikap jujur.
  2. Pengertian, manfaat, dan contoh sikap adil.
  3. Pengertian, manfaat, dan contoh sikap tanggung jawab.
  4. Pengertian, manfaat, dan contoh sikap mandiri.
  5. Pengertian, manfaat, dan contoh sikap disiplin.
  6. Pengertian, manfaat, dan contoh sikap peduli.

  REFKEKSI PEMBELAJARAN

Sumatif Akhir Semester (SAS), Kamis, 04 Desember 2025

Rabu, 03 Desember 2025

Hari, tanggal    : Kamis, 04 Desember 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : B. Lampung dan Menulis


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS).  Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

      

Jadwal SAS


        REFKEKSI PEMBELAJARAN

Berdsasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah dapat diketahui murid sudah mampu menegrjakan soal sumatif BAkhir Semester ganjil dengan baik dan mandiri.

Sumatif Akhir Semester (SAS), Rabu, 03 Desember 2025

Selasa, 02 Desember 2025

 Hari, tanggal    : Rabu, 03 Desember 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   :Matematika dan Seni Rupa


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS).  Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

      

Jadwal SAS


        KISI-KISI SAS Matematika

  1.       Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan nilai tempat dengan tepat.
  2.       Disajikan data peserta didik dapat menghitung data dengan tepat
  3.       Disajikan cerita peserta didik mampu membandingkan berat benda dengan tepat. Disajikan ilustrasi dan cerita peserta didik dapat menghitung penjumlahan dengan tepat.
  4.       Disajikan bilangan dan cerita peserta didik mampu menghitung pegurangan dengan tepat.
  5.       Disajikan gambar peserta didik mampu menentukan posisi benda dengan tepat.
  6.       Disajikan tabel bilangan peserta didik mampu menentukan bilangan terkecil dan terbesar
  7.       Disajikan gambar peserta didik mampu menentukan posisi urutan bangun datar dalam suatu barisan
  8.       Disajikan gambar peserta didik mampu menentukan berat benda dengan tepat
  9.       Disajikan gambar peserta didik mampu menunjukan alat tidak baku dengan tepat.
  10.       Disajikan gambar Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun datar segilima dengan tepat
  11.       Disajikan gambar peserta didik mampu mengidentifikasi bangun ruang kerucut dengan tepat
  12.       Disajikan gambar peserta didik mampu mengidentifikasi bangun ruang balok dengan tepat
  13.       Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan nilai tempat dengan tepat
  14.       Disajikan bilangan peserta didik dapat mengurutkan bilangan terbesar dengan tepat.
  15.       Disajikan bilangan peserta didik dapat membaca nama lambang bilangan dengan tepat.
  16.       Disajikan gambar Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun datar segiempat, segitiga dan lingkaran.
  17.       Disajikan gambar Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun ruang tabung
  18.       Disajikan gambar Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun datar persegi Panjang
  19.       Disajikan tabel peserta didik mampu membandingkan paling sedikit dengan benar.
  20.       Disajikan tabel peserta didik dapat mengurutkan bilangan terbanyak dengan tepat.
  21.       Disajikan gambar bangun bangun ruang peserta didik mampu mengidentifikasi bangun ruang kubus, kerucut dan bola.
  22.       Disajikan data peserta didik mampu menghitung penjumlahan mata pencahrian dengan tepat dengan tepat.
  23.       Disajikan gambar peserta didik mampu membandingkan bilangan dengan simbol (<, >, =) dengan benar.

KISI-KISI SAS SENI RUPA

  1.       Menentukan bentuk atap
  2.       Menentukan alat mewarnai
  3.       Memilih warna primer
  4.       Menentukan hasil warna
  5.       Menentukan tema sebuah karya
  6.       Menelaah ciri gambar 2D
  7.       Menelaah ciri gambar 3D
  8.       Memilih bahan diorama
  9.       Menentukan sikap yang benar setelah mengmati sebuah karya
  10.       Menjelaskan bentuk dasar
  11.       Menentukan alat menempel
  12.       Menyebut ukuran 2D
  13.       Menyebut bahan 3D
  14.       Menyebut karya campuran
  15.       Menentukan bahan membuat karya 3D
  16.       Menyebut bentuk dasar
  17.       Menyebut warna primer
  18.       Menjelaskan campuran warna
  19.       Menentukan cara merawat alat
  20.       Menyebut alat & bahan


REFKEKSI PEMBELAJARAN

Berdsasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah dapat diketahui murid sudah mampu menegrjakan soal sumatif Matematika dan Seni Rupa dan  dengan baik dan mandiri.


Sumatif Akhir Semester (SAS), selasa, 02 Desember 2025

Senin, 01 Desember 2025

Hari, tanggal    : Selasa, 02 Desember 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Pendidikan Pancasila


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS).  Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

      

Jadwal SAS


        KISI-KISI SAS PENDIDIKAN PANCASILA

1. Menunjukkan bendera dan arti warna bendera Indonesia

2. Melengkapi lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya

3. Menentukan arti samboyan "Bhineka Tunggal Ika"

4. Menentukan simbol dan makna simbol Pancasila

5. Menentukan penerapan nilai-nilai Pancasila

6. Menentukan sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila

7. Mengaitkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

8. Mengidentifikasi aturan di lingkungan rumah/keluarga

9. Menunjukkan contoh aturan di lingkungan rumah/keluarga

10. Menunjukkan sikap patuh dan tidak patuh aturan di lingkungan rumah/keluarga

11. Menentukan sikap dalam menanggapi pendapat orang lain

12. Menentukan contoh sikap disiplin di rumah

13. Menentukan contoh sikap tanggung jawab di rumah

14. Menentukan lambang negara Indonesia


REFKEKSI PEMBELAJARAN

Berdsasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah dapat diketahui murid sudah mampu menegrjakan soal sumatif Pendidikan Pancasila dan  dengan baik dan mandiri.

Sumatif Akhir Semester (SAS), Senin, 01 Desember 2025

Minggu, 30 November 2025

 Hari, tanggal    : Senin, 01 Desember 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : PAI & Bahasa Indonesia


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal kata kerja aktif dan kata kerja pasif serta menyelesaikan tugas membuat kolase dari bahan alam. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS).  Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

      

Jadwal SAS


        KISI-KISI SAS BAHASA INDONESIA

1.      Disajikan sebuah penggalan puisi,Peserta didik mampu menentukan  arti kata dengan tepat

2.      Disajikan gambar, Peserta didik mampu menunjukan  perasaan dengan tepat.

3.      Disajikan  kalimat, Peserta didik mampu menganalisis penggunaan  huruf kapital dengan tepat.

4.      Disajikan  kalimat, Peserta didik mampu menentukan tanda baca dengan tepat.

5.      Disajikan fabel, Peserta didik menentukan pesan moral dengan tepat.

6.      Disajikan  gambar, Peserta didik mampu menentukan  makna kata dengan tepat.

7.      Disajikan tabel, Peserta didik mampu menunjukkan huruf dengan tepat.

8.      Disajikan kalimat, Peserta didik mampu memilih kata tanya dengan tepat.

9.      Disajikan  grafik, Peserta didik dapat menganalisis isi grafik dengan tepat.

10.  Disajikan   kalimat, Peserta didik dapat menentukan subjek dengan tepat.

11.  Disajikan teks, Peserta didik mampu menentukan kegunaan benda dengan tepat.

12.  Disajikan  kalimat, Peserta didik dapat menentukan jenis kalimat dengan tepat.

13.  Disajikan   gambar, Peserta didik dapat  mennganalisis gambar dengan tepat.

14.  Disajikan  kalimat, Peserta didik mampu menuliskan  huruf kapital dengan tempat.

15.  Disajikan kata tanya, peserta didik dapat menentukan penggunaan kata tanya dengan tepat.

16.  Disajikan  gambar, Peserta didik mampu menganalisis makna gambar dengan tepat.

17.  Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu memilih  contoh kalimat tanya yang tepat

18.  Disajikan  tabel, Peserta didik dapat memilih penggunaan kata depan dengan benar.

19.  Disajikan gambar, Peserta didk mampu menjelaskan makna gambar dalam bentuk kalimat dengan tepat.

20.  Disajikan gambar, Peserta didik mampu menentukan sikap dengan tepat.

21.  Disajikan gambar, Peserta didi mampu menentukan, perasaan dengan tepat.

22.  Disajikan  kalimat, Peserta didik mampu menentukan  tanda baca dengan tepat.

23.  Disajikan teks informasi, Peserta didi mampu menganalisis isi teks dengan tepat.

24.  Disajikan  kalimat, Peserta didik mampu menentukan objek kalimat dengan tepat.

25.  Disajikan  gambar, Peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.

26.  Disajikan huruf, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis huruf dengan tepat

27.  Disajikan kalimat, peserta didik mampu memilih kata tanya dengan tepat

28.  Disajikan  kalimat, Peserta didik dapat Menyusun kata dengan tepat

29.  Disajikan  tabel,  Peserta didik dapat menentukan jenis kata kerja dengan tepat.

30.  Disajikan gambar, Peserta didik mampu menganalisis pesan dengan tepat.

31.  Disajikan gambar,  peserta didik dapat menuliskan informasai pada gambar dengan  tepat

32.  Disajikan gambar , Peserta didik mampu menentukan sikap sesuai gambar dengan tepat. .

33.  Disajikan kalimat, Peserta didik dapat  menggunakan huruf  kapital dengan tepat.

34.  Disajikan gambar,  peserta didik mampu membuat  kalimat dengan tepat

35.  Disajikan gambar,  peserta didik dapat menuliskan informasi dalam gambar  dengan  tepat.


REFKEKSI PEMBELAJARAN

Berdsasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah dapat diketahui murid sudah mampu menegrjakan soal sumatif Bahasa Indoensia dan  dengan baik dan mandiri.

Materi Ajar, Jum'at, 28 November 2025

Kamis, 27 November 2025

                                   

Hari, tanggal    : Jum'at, 28 November 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : P.Pancasila & Seni Rupa


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang Simbol dan Arti sila-sila Pancasila dan mengenal tokoh perumus pancasila, serta belajar membuat karya seni rupa berdasatkan pengalamanNah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, Gambar tokoh perumus pancasila,  LKPD
  •  
  • 📌 Capaian Pembelajaran (CP)

  •  Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
  • 2. Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di Lingkungan keluarga.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menilai Karya Seni Rupa
  2. menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menilai karya seni rupa (gambar, lukisan, kolase)
  2. Murid dapat menceritakan aturan yang ada di sekolah.

📌Materi Pendidikan Pancasila

  • Aturan di Lingkungan Sekolah 




  • 1. Pengertian Aturan di Sekolah

    Aturan di sekolah adalah pedoman atau ketentuan yang dibuat untuk mengatur perilaku seluruh warga sekolah, seperti guru, siswa, dan pegawai, agar kegiatan belajar berjalan tertib, aman, dan menyenangkan.


    2. Tujuan Aturan di Sekolah

    • Menjaga ketertiban dan kedisiplinan di sekolah.

    • Membentuk tanggung jawab dan sikap patuh terhadap kesepakatan bersama.

    • Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.

    • Mengajarkan nilai-nilai karakter, seperti disiplin, sopan santun, dan kerja sama.


    3. Contoh Aturan di Sekolah



    • Datang ke sekolah tepat waktu.

    • Mengikuti upacara bendera dengan tertib.

    • Menghormati guru dan teman.

    • Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

    • Memakai seragam lengkap dan rapi.

    • Tidak berkelahi atau mengejek teman.

    • Mengerjakan tugas yang diberikan guru.


    4. Akibat Jika Melanggar Aturan

    • Mendapat peringatan atau teguran dari guru.

    • Dihukum ringan, seperti menulis janji atau membersihkan kelas.

    • Tidak dipercaya atau dijauhi teman.

    • Menyesal karena mengganggu ketertiban di sekolah.


    5. Manfaat Mematuhi Aturan

    • Sekolah menjadi tertib, aman, dan nyaman.

    • Semua siswa dapat belajar dengan tenang.

    • Terbentuk sikap disiplin dan tanggung jawab.

    • Meningkatkan kerja sama dan rasa hormat terhadap sesama.

    LKPD



    📌Materi Seni Rupa


  • Kolase: 


    Pengertian Kolase

    Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan berbagai bahan seperti kertas, kain, daun, atau bahan lain pada permukaan kertas atau media lain sehingga menjadi gambar atau hiasan.


    Bahan untuk Membuat Kolase

    1. Kertas warna

    2. Koran atau majalah bekas

    3. Kain perca

    4. Daun atau bunga kering

    5. Benang, kapas, atau bahan alam lainnya

    6. Lem atau perekat


    Alat untuk Membuat Kolase

    1. Gunting

    2. Lem

    3. Karton atau kertas sebagai alas

    4. Pensil (untuk sketsa awal)


    Langkah-langkah Membuat Kolase

    1. Menentukan tema – Tentukan gambar atau objek yang akan dibuat.

    2. Mempersiapkan bahan – Siapkan kertas, kain, atau bahan lain sesuai tema.

    3. Memotong atau merobek bahan – Sesuaikan bentuk yang diinginkan.

    4. Menempelkan bahan – Tempelkan bahan di atas kertas atau karton.

    5. Menghias dan merapikan – Tambahkan detail agar kolase lebih menarik.


    Contoh Tema Kolase

    • Hewan

    • Bunga

    • Rumah atau lingkungan

    • Buah-buahan

    • Pemandangan alam


    Manfaat Membuat Kolase

    1. Melatih kreativitas

    2. Melatih keterampilan motorik halus

    3. Belajar mengombinasikan warna dan bentuk

    4. Mengasah kesabaran dan ketelitian

    • LATIHAN

      🌸 Tugas Seni Rupa: 






      Perintah Tugas :

      Anak-anak, buatlah kolase di atas menggunakan bahan alam (biji-bijian)!
      Kerjakan dengan rapi dan penuh kreativitas, ya!


  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN