Hari, tanggal : Selasa, 1 Oktober 2024
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat Bentuk dengan Potong & Tempel
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar hak dan kewajiban anak di sekolah, serta menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka, ki, ku, ke dan ko. Nah untuk hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan pengurangan 1-10, serta bagaiamana membuat bentuk dengan tempel dan potong. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.
Pasangan bilangan pengurangan adalah dua angka yang dikurangkan satu sama lain. Hasil pengurangan ini disebut selisih.
Contoh Pasangan Bilangan Pengurangan:
- 7 - 3 = 4 (Di sini, 7 dan 3 adalah pasangan bilangan, dan 4 adalah selisihnya)
- 9 - 5 = 4
- 6 - 2 = 4
- 8 - 1 = 7
Ciri-ciri Pasangan Bilangan Pengurangan yang Hasilnya Kurang dari 10:
- Angka pertama (yang dikurangi) harus kurang dari atau sama dengan 9.
- Angka kedua (yang mengurangi) harus lebih kecil dari angka pertama.
📌Materi Seni Rupa
MEMBUAT BENTUK TOPENG
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
- Kertas karton atau kertas tebal berwarna
- Gunting (tumpul untuk keamanan)
- Pensil warna atau krayon
- Lem
- Pita atau tali
- Benda-benda kecil untuk hiasan (misalnya: potongan kain, kancing, mata googly)
- Contoh gambar topeng (sebagai referensi)
Langkah-langkah Membuat Topeng:
Memilih Bentuk Dasar:
- Ajak anak-anak memilih bentuk dasar untuk topeng mereka. Bentuk yang sederhana seperti lingkaran, oval, atau persegi panjang bisa menjadi pilihan awal.
- Jelaskan bahwa bentuk dasar ini akan menjadi wajah topeng mereka.
Menggambar Bentuk Mata, Hidung, dan Mulut:
- Bantu anak-anak menggambar mata, hidung, dan mulut pada bentuk dasar yang sudah dipilih.
- Ajak mereka untuk membuat bentuk-bentuk yang unik dan lucu.
Memotong Bentuk:
- Ajak anak-anak memotong bentuk mata, hidung, dan mulut yang sudah digambar.
- Awasi selalu saat anak-anak menggunakan gunting.
Menempel Bentuk:
- Setelah semua bagian terpotong, anak-anak bisa mulai menempelkan bentuk-bentuk tersebut pada kertas dasar.
- Bantu mereka jika ada kesulitan dalam menempel.
Memberi Warna:
- Ajak anak-anak mewarnai topeng mereka sesuai dengan imajinasi mereka.
- Mereka bisa menggunakan berbagai warna dan teknik mewarnai.
Menambahkan Hiasan:
- Setelah topeng berwarna, anak-anak bisa menambahkan hiasan seperti potongan kain, kancing, atau mata googly untuk membuat topeng mereka lebih menarik.
Membuat Lubang untuk Mata dan Menambahkan Tali:
- Buat lubang kecil di bagian mata topeng agar anak-anak bisa melihat.
- Tempelkan pita atau tali pada bagian atas topeng agar bisa diikat di kepala
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menerjakan soal oprasi hitung pengurangan dengan baik. hanya saja ketika mencari pasangan bilangan dalam pengurangan, masih terdapat beberapa anak yang belum memahami materi dengan baik, sehingga membutuhkan bimbingan guru secara invidu agar anak yang bersangkutan dapat memahami materi lebih baik.
Dokumentasi hari in: