Materi Ajar, Selasa, 1 Oktober 2024

Senin, 30 September 2024

 Hari, tanggal    : Selasa, 1 Oktober 2024

Kelas                    : 1.A
Guru                     : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Matematika & Seni Rupa


 


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat Bentuk dengan Potong & Tempel

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar hak dan kewajiban anak di sekolah, serta menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka, ki, ku, ke dan ko. Nah untuk hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan pengurangan 1-10, serta bagaiamana membuat bentuk dengan tempel dan potong. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



📌 Materi Matemtika



Pasangan bilangan pengurangan adalah dua angka yang dikurangkan satu sama lain. Hasil pengurangan ini disebut selisih.

Contoh Pasangan Bilangan Pengurangan:

  • 7 - 3 = 4 (Di sini, 7 dan 3 adalah pasangan bilangan, dan 4 adalah selisihnya)
  • 9 - 5 = 4
  • 6 - 2 = 4
  • 8 - 1 = 7

Ciri-ciri Pasangan Bilangan Pengurangan yang Hasilnya Kurang dari 10:

  • Angka pertama (yang dikurangi) harus kurang dari atau sama dengan 9.
  • Angka kedua (yang mengurangi) harus lebih kecil dari angka pertama.

LATIHAN!




📌Materi Seni Rupa


MEMBUAT BENTUK TOPENG




Teknik Tempel dan Potong adalah salah satu teknik dasar dalam seni rupa, terutama untuk anak-anak. Teknik ini melibatkan kegiatan memotong berbagai bentuk dari kertas atau bahan lainnya, lalu menempelkannya pada permukaan yang lebih besar untuk menciptakan sebuah karya seni.



Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Kertas karton atau kertas tebal berwarna
  • Gunting (tumpul untuk keamanan)
  • Pensil warna atau krayon
  • Lem
  • Pita atau tali
  • Benda-benda kecil untuk hiasan (misalnya: potongan kain, kancing, mata googly)
  • Contoh gambar topeng (sebagai referensi)

Langkah-langkah Membuat Topeng:

  1. Memilih Bentuk Dasar:

    • Ajak anak-anak memilih bentuk dasar untuk topeng mereka. Bentuk yang sederhana seperti lingkaran, oval, atau persegi panjang bisa menjadi pilihan awal.
    • Jelaskan bahwa bentuk dasar ini akan menjadi wajah topeng mereka.
  2. Menggambar Bentuk Mata, Hidung, dan Mulut:

    • Bantu anak-anak menggambar mata, hidung, dan mulut pada bentuk dasar yang sudah dipilih.
    • Ajak mereka untuk membuat bentuk-bentuk yang unik dan lucu.
  3. Memotong Bentuk:

    • Ajak anak-anak memotong bentuk mata, hidung, dan mulut yang sudah digambar.
    • Awasi selalu saat anak-anak menggunakan gunting.
  4. Menempel Bentuk:

    • Setelah semua bagian terpotong, anak-anak bisa mulai menempelkan bentuk-bentuk tersebut pada kertas dasar.
    • Bantu mereka jika ada kesulitan dalam menempel.
  5. Memberi Warna:

    • Ajak anak-anak mewarnai topeng mereka sesuai dengan imajinasi mereka.
    • Mereka bisa menggunakan berbagai warna dan teknik mewarnai.
  6. Menambahkan Hiasan:

    • Setelah topeng berwarna, anak-anak bisa menambahkan hiasan seperti potongan kain, kancing, atau mata googly untuk membuat topeng mereka lebih menarik.
  7. Membuat Lubang untuk Mata dan Menambahkan Tali:

    • Buat lubang kecil di bagian mata topeng agar anak-anak bisa melihat.
    • Tempelkan pita atau tali pada bagian atas topeng agar bisa diikat di kepala 



📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menerjakan soal oprasi hitung pengurangan dengan baik. hanya saja ketika mencari pasangan bilangan dalam pengurangan, masih terdapat beberapa anak yang belum memahami materi dengan baik, sehingga membutuhkan bimbingan guru secara invidu agar anak yang bersangkutan dapat memahami materi lebih baik.


Dokumentasi hari in:









Materi Ajar, Senin 30 September 2024

Minggu, 29 September 2024

Hari, tanggal   : Senin, 30 September 2024

Kelas                  : 1.A
Guru                  : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                 : Pendidikan Pancasila & B.Indonesia


 

      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 
        1. Menyebutkan kata yang berawalan ka-ki-ku-ke dan ko 
        2. Mengenal hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP): 
  1.        Peserta didik dapat menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka-ki-ku-ke dan ko dari teks yang dibaca 
  2.        Peserta didik dapat mengenal hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan penilaian harian (PH) 2 dengan baik.  Nah, untuk hari ini kita akan mempelajari materi tentang kata yang berawalan suku kata ka-ki-ku-ke dan ko, serta mengenali hak dan ekwajiban anak di sekolahOke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



📌 Materi Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^


Kata-kata dengan Huruf "Ka"
Kain, yaitu benda yang digunakan untuk menutupi tubuh.
- Kaki, yaitu bagian tubuh yang digunakan untuk berjalan.

Kata-kata dengan Huruf "Ki"
- Kiasan, yaitu kata atau kalimat yang mengandung makna tersembunyi dan berbeda dari makna aslinya.
- Kiblat, yaitu arah yang dituju umat Islam pada saat melakukan ibadah sholat.
- Kiwi yaitu salah satu buah yang berwarna hijau

Kata-kata dengan Huruf "Ku"
Kucing, yaitu hewan mamalia berbulu halus yang suka mengeong dan menjadi sahabat manusia.
- Kue, yaitu makanan manis yang terbuat dari tepung, gula, dan bahan lainnya.

Kata-kata dengan Huruf "Ke"
Keberanian, yaitu kata yang memiliki arti keinginan atau kemauan yang kuat. 
- Kebiasaan, yaitu perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang.

Kata-kata dengan Huruf "Ko" 
- Komputer, yaitu alat elektronik yang dapat digunakan untuk memproses informasi dan menyelesaikan berbagai macam tugas.
- Kopi, yaitu minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dan digiling.


Latihan Soal!

  • 1. Lingkari semua kata yang berawalan huruf k dalam kalimat berikut:

    • Kucingku sangat lucu.
    • Aku suka makan kue.
  • 2. Isi titik-titik dengan suku kata yang tepat:

    • Bu...u saya berwarna biru.
    • Adik sedang memain...an mobil.
  • 3. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata berikut:

    • kaki
    • kucing
    • buku


  • 📌Materi Pendidikan Pancasila

    Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^






    Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

    Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

    Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.


    Hak Anak di Sekolah

    • Hak untuk belajar: Anak-anak berhak mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri.
    • Hak mendapatkan perlakuan yang sama: Semua anak berhak diperlakukan sama tanpa diskriminasi.
    • Hak mendapatkan lingkungan yang aman dan nyaman: Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua anak.
    • Hak untuk bermain: Anak-anak perlu waktu untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman.
    • Hak untuk didengar: Pendapat dan perasaan anak perlu diperhatikan.

    Kewajiban Anak di Sekolah

    • Mematuhi peraturan sekolah: Anak harus mengikuti semua aturan yang ada di sekolah.
    • Menjaga kebersihan sekolah: Anak harus ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
    • Menghormati guru dan teman: Anak harus menghormati guru sebagai pengajar dan teman-teman sebaya.
    • Mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh: Anak harus aktif dalam mengikuti pelajaran.
    • Menjaga nama baik sekolah: Tindakan anak di sekolah mencerminkan nama baik sekolah.

    Contoh Penerapan Hak dan Kewajiban



    📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

    Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menjelaskan pengertian hak dan kewajiban serta memberikan contoh hak dan kewajiban anak di sekolah, serta peserta didik juga sudah mampu untuk menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka ki ku ke dan ko , namun kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengerjakan latihan mencari suku kata ka ki ku ke dan ko pada teks cerita, masih terdaoat peserta didik masih memerlukan bimbingan dari guru karena belum memahami perintah tugas. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik yang bersangkutan.


    Dokumentasi hari in:






    Materi Ajar, Jumat, 27 September 2024

    Kamis, 26 September 2024

                


    Hari, tanggal   : Jumat, 27 September 2024
    Kelas                  : 1.A
    Guru                   : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
    Mapel                 : Pendidikan Anti Korupsi 


     

        
        📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

    1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
     

    📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

    Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

    📌  Apersepsi : 

    Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang nilai-nilia anti korupsi seperti sikap jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab. serta kita juga belajar tentang contoh dari tiap-tiap sikap tersebut.  Nah, untuk hari ini kita akan melaksanakan penilaian harian (PH) yang ke 2 untuk mengukur pemahan kalian terhadap materi yang telah diberikan. Oke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam mengerjakan PH ^^.



    📌Penilaian Harian (PH) Pendidikan Anti Korupsi

    📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

    Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan Sumatif Harian (SH) dengan mandiri, dan sudah mampu memahami soal yang diujikan. Namun masih ada beberapa peserta didik yang memerlukan bimbingan dalam membaca soal dikarenakan belum lancar membaca. Tindak lanjut dari permasalahan tersebut yaitu guru memberikan bimbingan secara invidu kepada peserta didik yang bersangkutan.


    Dokumentasi hari in:






    Materi Ajar, Kamis, 26 September 2024 (P5) 9

    Rabu, 25 September 2024

                


    Hari, tanggal      : Kamis, 26 September 2024
    Kelas                   : 1.A
    Guru                   : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
    Materi                : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

     

          📌 Tujuan Projek:

      Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

        📌 Alur Projek:
              Projek ini dilakukan dalam empat tap:
    1.           Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati  keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
    2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
    3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
    4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang. 

    📌 Target Projek

    Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

    1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

    2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

    3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


    📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

    Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

    📌  Apersepsi : 

    Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kgeiatan membuat poster BHineka Tunggal Ika, Nah, untuk hari ini kita akan belajar membuat kolase mahkota siger dengan menggunakan kertas origami/kertas marmer. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



    📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



     TAHAP AKSI NYATA


    PERTEMUAN 9

     

    Jenis Kegiatan                        : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

    Tanggal Pelaksanaan         :  Kamis, 26 September 2024

    Waktu                                     : 1 x pertemuan

    Materi                                     : Merancang design mahkota siger dan kopiah emas dari kardus (2)

    Peran Pendidik                      : Fasilitator dan Narasumber

     

    Persiapan:

    1.      Pendidik menyiapkan gambar mahkota siger dan kopiah emas

     

    Pelaksanaan:

    1.      Pendidik menampilkan gambar mahkota siger dan kopiah lampung


    2.      Pendidik menampilkan cara membuat mahkota siger dari bahan kardus: 



    3.      Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai cara membuat mahkota siger.

    4.      Bersama Pendidik, peserta didik mencoba membuat design atau sketsa mahkota siger dan kopiah emas Lampung seperti yang ada pada video.

     


    LEMBAR KERJA PERTEMUAN 8

    MEMBUAT SKETSA MAHKOTA SIGER DAN KOPIAH EMAS

     

    Alat dan Bahan:

    ·        Kardus

    ·        Pensil

    ·        Penggaris

    ·        Spidol

    ·        Gunting

     

    Langkah-Langkah:

    1.     Peserta didik menyiapkan alat dan bahan

    2.     Pendidik memberikan gambar contoh sketsa mahkota siger kepada peserta didik

    3.     Peserta didik mulai membuat sketsa sesuai dengan contoh gambar dan video.

    4.     Setelah menjadi sketsa mahkota siger dan kopiah emas, peserta didik menebalkan garis sketsa

    5.     Peserta didik mengguting kardus mengikuti sketsa tersebut.

     

    Hasil Percobaan:

    Peserta didik akan membuat skestsa mahkota siger dan mahkota emas dengan tepat sesuai dengan gambar contoh yang diberikan. Peserta didik akan menggunting kardus sesuai dengan skesta. 

      ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

    Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa anak-anak sudah mampu membuat sketsa atau pola mahkota siger dan mahkota emas di kardus, serta mampu melapisi kardus yang sudah berbentuk siger dengan kertas marmer emas. Kendala yang dihadapi yaitu pada saat menggunting dan merekatkan kertas marmer mengikuti pola sketsa, beberapa anak masih kesulitan dan memerlukan bantuan dari guru. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru membantu anak-anak dan memebrikan arahan agar anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik.


    Dokumentasi hari in: