Materi Ajar, Jum'at 9 Februari 2024

Kamis, 08 Februari 2024

 Hari, tanggal  : Jum'at, 9 Februari 2024

Kelas                : 3A

Tema                : Cuaca (5)

Subtema          : Cuaca, Iklim dan Musim (4)

Pembelajaran : 6 dan PH 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematka, dan PPKn

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • PPKn
  • 3.4  Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat membuat daftar sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan tepat.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 4 Pb 5 yaitu tentang perbedaan cuaca, i klim, dan musim. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 5 subtema 4 pb 6 yaitu tentang bersatu dalam keberagaman di keluarga dan pokok informasi.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 berikut ini. Perhatikan baik-baik ya anak-anak, dikarenakan setelah itu kita akan melaksanakan Penilaian harian (PH) 4 tema 5 subtema 34.

 

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 


Lets check this video!!






📌 Materi Ajar


Sikap bersatu penting untuk dilakukan tidak hanya di lingkungan masyarakat atau di sekolah, tapi juga di rumah. Sikap bersatu adalah sikap yang menunjukkan kebersamaan meski memiliki perbedaan sifat, latar belakang, dan lain sebagainya. Sikap ini dilakukan dengan untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama seperti halnya bekerja sama. Sikap ini sebenarnya sangat penting dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman dari suku, etnis, kebudayaan, agama, dan lain sebagainya. Tanpa adanya sikap bersatu, Indonesia akan mudah terpecah belah atas beragam perbedaan tersebut.


Untuk belajar sikap bersatu, teman-teman bisa mulai bersama orang tua atau saudara yang ada di rumah. Berikut akan ada beberapa contoh sikap bersatu yang bisa teman-teman coba lakukan saat berada di rumah.

  1. Membantu ibu di dapur
  2. Bersama bersama saudara
  3. Menjaga dan merapihkan mainan
  4. Mmebantu ayah mencuci kendaraan
  5. Merawat hewan peliharaan bersama


📌 Ayo Berlatih!

Kerjakanlah latihan soal berikut tentang pengurangan pecahan berpenyebut sama.


📌 Ayo Berkreativitas!

Dayu telah mengumpulkan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Dayu menulis pokok informasi tersebut di potongan-potongan kertas. Satu potongan kertas berisi satu informasi. Dayu lalu membuat tiga kotak informasi di kertas. Setiap kotak diberi judul: Cuaca, Musim, dan Iklim. Dayu mengajak anggota keluarganya untuk bermainmenyusun informasi. Setiap informasi ditempelkan pada kotak yang tepat. Pada halaman 219, pokok informasi tentang cuaca, musim, dan iklim telah tersedia. Guntinglah pokok-pokok informasi tersebut. Lalu tempelkan pada kotak dengan judul yang tepat.



A.  📌  PENILIAN HARIAN (PH)



📌 Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang  bersatu dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan pokok informasi. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dengan materi energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 4 pb 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar