Materi Ajar, Rabu, 01 Oktober 2025

Selasa, 30 September 2025

Hari, tanggal    : Rabu,  01 Oktober 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : PAK & P.Pancasila


 
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Pada pertemuan sebelumnya kita telah  mengenal apa itu sikap sederhana serta mengenal para tokoh perumus Pancasila. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
  2. Murid didik dapat mengenal para tokoh perumus Pancasila

📌 Materi PAK
SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN SIKAP ADIL


Pengertian Tanggung Jawab:
    Tanggung jawab artinya berani menerima dan melaksanakan kewajiban yang dimiliki.
   Orang yang bertanggung jawab selalu melaksanakan tugas dengan baik dan tidak menyalahkan orang lain.

    Contoh Sikap Tanggung Jawab di Sekolah

    1.       Mengerjakan PR dengan sungguh-sungguh.
    2.       Mematuhi peraturan sekolah.
    3.       Menjaga kebersihan kelas.
    4.       Mengembalikan barang pinjaman teman.
    5.       Menyelesaikan tugas piket kelas.


      Contoh Sikap Tanggung Jawab di Rumah

      1.       Merapikan tempat tidur setelah bangun tidur.
      2.       Membantu orang tua sesuai kemampuan.
      3.       Menjaga adik ketika diminta orang tua.
      4.       Menyelesaikan tugas yang diberikan orang tua.


        Manfaat Tanggung Jawab

        1.       Disukai teman dan guru.
        2.       Mendapat kepercayaan orang lain.
        3.       Membuat hidup lebih teratur.
        4.       Menjadi pribadi yang baik dan mandiri.



        SIKAP ADIL

        Sikap adil berarti memperlakukan semua orang secara sama, tidak memihak, dan memberikan haknya sesuai porsinya. Ini adalah salah satu sikap baik yang perlu dipelajari sejak dini.


        Pengertian Sikap Adil

        Sikap adil adalah sikap tidak memihak kepada siapa pun. Artinya, kita harus memperlakukan semua teman, guru, atau keluarga dengan cara yang sama, tanpa membedakan mereka. Adil juga berarti memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan apa yang seharusnya mereka terima. Misalnya, jika ada dua anak yang sama-sama membantu, kita harus memberikan pujian atau hadiah kepada keduanya, bukan hanya salah satu.


        Contoh Sikap Adil dalam Kehidupan Sehari-hari

        Berikut beberapa contoh sikap adil yang bisa kita terapkan:

        • Saat bermain: Berikan kesempatan yang sama kepada semua teman untuk ikut bermain. Jangan hanya memilih teman yang jago. Misalnya, dalam permainan sepak bola, semua teman harus dapat giliran untuk menendang bola.

        • Saat berbagi: Bagilah makanan atau mainan dengan rata kepada semua teman. Misalnya, jika kamu membawa kue, bagilah potongan yang sama besar kepada setiap temanmu.

        • Saat di rumah: Patuhi aturan yang sama dengan kakak atau adikmu. Orang tua juga harus adil dengan memberikan kasih sayang dan perhatian yang sama kepada semua anaknya.

        • Saat menjadi pemimpin: Jika kamu dipilih menjadi ketua kelas, dengarkan pendapat semua teman. Jangan hanya mendengarkan pendapat dari teman-teman yang paling kamu sukai.


        Manfaat Sikap Adil

        Menerapkan sikap adil membawa banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

        • Disukai teman: Sikap adil membuat kita dipercaya dan disukai oleh banyak teman karena mereka merasa dihargai.

        • Hidup rukun: Jika semua orang bersikap adil, tidak akan ada pertengkaran atau perselisihan. Hidup menjadi lebih damai dan rukun.

        • Menjadi orang yang lebih baik: Sikap adil melatih kita untuk menjadi orang yang jujur dan bertanggung jawab.

        Maka dari itu, mari kita selalu berusaha untuk bersikap adil dalam setiap hal yang kita lakukan.

        📌Materi Pendidikan Pancasila


      • TOKOH PERUMUS PANCASILA

          • Pancasila adalah dasar negara Indonesia.

          • Pancasila berisi lima sila yang menjadi pedoman hidup rakyat Indonesia.

        2. Siapa yang merumuskan Pancasila?

        1. Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:

          1. Ir. Soekarno

            • Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.

            • Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.

          2. Drs. Mohammad Hatta

            • Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.

            • Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.

          3. Mr. Muhammad Yamin

            • Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.

            • Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.

        3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?

          • Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.

          • Cinta tanah air.

          • Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.



      • Soal Latihan:

        1. Tokoh yang pertama kali membacakan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 adalah ………………………………
        👉 Jawaban: 


        2. Tokoh perumus Pancasila yang juga seorang ahli hukum dan ikut sidang BPUPKI adalah ………………………………
        👉 Jawaban: 


        3. Muhammad Yamin adalah seorang tokoh perjuangan, ahli hukum, dan juga seorang ………………………………
        👉 Jawaban: 


        📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

        Berdasarkan pembelajaran hari ini Alhamdulillah dapat diketahui bahwa murid sudah cukup mandiri dan tertib dalam mengerjakan soal sumatif harian 2.

        Materi Ajar, Selasa, 30 September 2025

        Senin, 29 September 2025

                                   

        Hari, tanggal    : Selasa, 30 September 2025

        Kelas                    : 2.A
        Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
        Mapel                   : Bahasa Indonesia & Matematika


         

        Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

        Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang tentang menemukan informasi pada sebuah grafi serta akan berlatih menelesaikan permasalahan penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari . Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


        📌 Metode dan Media ajar

        •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
        •        Media ajar: Video pembelajarana, LKPD

            📌 Capaian Pembelajaran (CP):

        1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

        2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

            📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

        1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
        2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

        📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

        1. Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
        2. Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
        3. Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
        4. Murid dapat membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
        5. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
        6. Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.


        📌 Materi Bahasa Indonesia

        Tempat Umum

        Tempat umum adalah suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang yang berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan baik secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar maupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat diartikan sebagai sarana yang diselenggarakan oleh pemerintahswasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat demi kenyamanan bersama.
        Tempat umum meliputi, sarana kesehatan, sarana sekolah, tempat ibadah dan pasar.


        Tanda Peringatan

        Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.

        Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.

        Jangan mendorong;

        Jangan membuka pintu;

        Jangan memberi makan hewan;

        Hati-hati lantai licin;

        Hati-hati ada ayunan;

        Hati-hati ombak besar;

        Jangan sentuh stop kontak;

        Hati-hati ketika melangkah;

        Hati-hati barang panas.


        📌Materi Matemaika

      • Penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari – hari.



      • : "Apakah ini situasi penjumlahan atau pengurangan? Mengapa?”
      •  

      • A. Penjumlahan dalam Kehidupan Sehari-hari

        Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua kelompok atau lebih. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita penjumlahan adalah: digabungkan, diberi lagi, dibeli lagi, jumlah, total, semuanya, bertambah.

        Contoh 1: Penjumlahan Sederhana

        • Soal Cerita: Di piring ada 4 buah apel. Ibu meletakkan 3 buah apel lagi di piring. Berapa total apel sekarang?
        • Penyelesaian:
          • Apel awal: 4
          • Ditambah lagi: 3
          • Kalimat Matematika: 4 + 3 = 7
        • Jawaban: Jadi, total apel sekarang ada 7 buah.

        Contoh 2: Penjumlahan dengan Angka yang Lebih Besar

        • Soal Cerita: Dini punya 12 pensil warna. Ayah membelikan Dini 5 pensil warna baru. Berapa jumlah pensil warna Dini sekarang?
        • Penyelesaian:
          • Pensil awal: 12
          • Dibeli lagi: 5
          • Kalimat Matematika: 12 + 5 = 17
        • Jawaban: Jumlah pensil warna Dini sekarang ada 17 buah.

        B. Pengurangan dalam Kehidupan Sehari-hari

        Pengurangan adalah proses mengambil atau mengurangi jumlah dari suatu kelompok. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita pengurangan adalah: dimakan, hilang, pecah, diberikan kepada, sisa, selisih, berkurang, diambil.

        Contoh 1: Pengurangan Sederhana

        • Soal Cerita: Ibu membuat 10 kue bolu. Lalu, kamu dan adik memakan 4 kue. Berapa sisa kue bolu sekarang?
        • Penyelesaian:
          • Kue awal: 10
          • Dimakan: 4
          • Kalimat Matematika: 10 - 4 = 6
        • Jawaban: Sisa kue bolu sekarang ada 6 buah.

        Contoh 2: Pengurangan dengan Angka yang Lebih Besar

        • Soal Cerita: Edo mempunyai 18 kelereng. Saat bermain, kelerengnya hilang 7 buah. Berapa sisa kelereng Edo sekarang?
        • Penyelesaian:
          • Kelereng awal: 18
          • Hilang: 7
          • Kalimat Matematika: 18 - 7 = 11
        • Jawaban: Sisa kelereng Edo sekarang ada 11 buah.

        C. LKPD




        📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

        Berdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah dapat diketahui bahwa murid sudah mampu menyebutkan dan mengenal berbagai macam tempat umum dengan baik. Serta murid juga sudah mampu mengerjakan sumatif harian secara mandiri dan tertib,

        Materi Ajar, Senin, 29 September 2025

        Minggu, 28 September 2025

                                 

        Hari, tanggal    : Senin, 29 September 2025

        Kelas                    : 2.A
        Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
        Mapel                   : Bahasa Indonesia & Seni Rupa


         

        Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

        Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang grafik dan tempat umum serta mengenal warna panas, dingin dan netral. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

        📌 Metode dan Media ajar

        •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
        •      Media ajar: LKPD

            📌 Capaian Pembelajaran (CP):

        1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkunga.

        2. Murid mampu memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

            📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

        1. Membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
        2. Menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.

        📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

        1. Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
        2. Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
        3. Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
        4. Murid dapat membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
        5. Murid dapat menyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
        6. Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
        7. Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.

        📌 Materi Bahasa Indonesia

        Tempat Umum

        Tempat umum adalah suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang yang berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan baik secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar maupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat diartikan sebagai sarana yang diselenggarakan oleh pemerintahswasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat demi kenyamanan bersama.
        Tempat umum meliputi, sarana kesehatan, sarana sekolah, tempat ibadah dan pasar.


        Tanda Peringatan

        Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.

        Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.

        Jangan mendorong;

        Jangan membuka pintu;

        Jangan memberi makan hewan;

        Hati-hati lantai licin;

        Hati-hati ada ayunan;

        Hati-hati ombak besar;

        Jangan sentuh stop kontak;

        Hati-hati ketika melangkah;

        Hati-hati barang panas.


        📌Materi Seni Rupa

      • Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman




        ·      “Apa yang kamu lihat?” “Apakah gambar ini bisa dijadikan karya seni?”


      • 1.   A. Apa itu Pengalaman Visual?

        Pengalaman visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:

        ·         Pergi ke pasar bersama ibu.

        ·         Bermain di taman.

        ·         Melihat pelangi setelah hujan.

        ·         Menonton pertunjukan wayang.

        Pengalaman ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.


        B. Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :

        1.      Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).

        2.      Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).

        3.      Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.


        C. Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:

        1.      Ingat kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).

        2.      Ceritakan secara lisan kepada teman atau guru.

        3.      Buat gambar dari pengalaman tersebut.

        4.      Tambahkan warna agar lebih menarik.

        5.      Tampilkan hasil karya di depan kelas.


        Alat dan Bahan:

        ·         Kertas gambar

        ·         Pensil

        ·         Pensil warna/crayon/spidol

        ·         Gunting dan lem (jika membuat kolase)

        ·         Kertas warna (untuk kolase)

         

        LKPD :

        Amatilah gambar berikut kemudian buatlah karya seni rupa yang berkaitan dengan ganbar tersebut lalu jelaskan di depan kelas !



      • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
         Berdasarkan pembelajaran hari ini Alhamdulillah dapat diketahui bahwa, murid sudah mampu membuat karya seni berdasarkan pengalamannya dengan mandiri. Serta murid juga sudah mampu mengerjakn soal sumatih harian 2 Bahasa Indonesia dengan tertib dan mandiri.