Materi Ajar, Senin, 22 Juli 2024

Minggu, 21 Juli 2024

  


Hari, tanggal    : Senin, 22 Juli 2024
Kelas                 : 1.A
Guru                 : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Materi               : Mengenal huruf abjad dan mengenal simbol dan sila-sila Pancasila               


 

      📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengenali abjad
  2. Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  3. Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’
  4. Menulis huruf ‘B’ dan ‘b’
  5. Mengenal symbol sila Pancasila
  6. Mengenal sila-sila Pancasila
    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengenali abjad
  2. Peserta didik dapat mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  3. Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’
  4. Peserta didik dapat menulis huruf ‘B’ dan ‘b’
  5. Peserta didik dapat mengenal symbol sila Pancasila
  6. Peserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan asesmen diagnostik untuk mengenal diri kalian. Pada minggu ini kita sudah mulai aktif untuk mempelajari materi-materi di kelas 1. 

Hari ini kita akan belajar mengenal huruf abjad dan mengenal simbol dan sila-sila Pancasila. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Bahasa Indonesia


Melafalkan Huruf Bersama-sama


  1. Bacalah Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf. Tanyakan kepada para peserta didik, apakah mereka dapat melakukannya sendiri.
  2. Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.
  3. Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad. Tunjuklah setiap abjad dan lafalkan bunyinya, Ajak peserta didik menirukannya.

gambar terkait abjad yang dapat dilafalkan oleh peserta didik

Mengidentifikasi Bentuk Huruf Pada Deret Abjad

  1. Tanyakan beberapa huruf kepada seorang peserta didik. Apabila ia belum dapat menjawab pertanyaan, tawarkan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
  2. Ajak peserta didik untuk membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil
  3. Peserta Peserta didik bisa diminta untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru
  4. Minta peserta didik untuk mengidentifikasi abjad pada kata-kata ‘bola’, ‘biru’, ‘Boni’, dan ‘batu’
  5. Lakukan kegiatan membaca huruf ini secara rutin setiap sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia, hingga seluruh peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil





📌Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, kita nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat  seperti video di bawah ini^^




Amatilah gambar berikut ini!


Gambar di atas merupakan gambar burung garuda yang memiliki perisai berisi simbol-simbol pancasila. Mari kita ingat dan hafalkan bersama simbol dan sila-sila pancasila ananda sholeh sholehah,



📌Refleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi mengena huruf abjad dan mengenal simbol dan sila-sila pancasila dengan baik hari ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran besok depan ananda sholeh sholehah^^

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

0 comments:

Posting Komentar