Materi Ajar, Senin, 11 Agustus 2025

Minggu, 10 Agustus 2025

                    

Hari, tanggal    : Senin, 11 Agustus 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Bahasa Indonesia & Seni Rupa


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menyimak cerita serta menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita, selain itu kita juga sudah belajar mengenal macam-macam garis. Nah pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta mengenal bentuk geometris dan bentuk organik.Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •      Media ajar: Video pembelajarana, Jam dinding, penggaris segitiga,  papan tulis, benda lain di kelas, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

  2. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
  2. Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
  5. Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris dasar (lingkaran, segitiga, segiempat.
  6. Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.

📌 Materi Bahasa Indonesia


 
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

“Apa judul dari cerita tersebut?"

"Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"

  

Menuliskan kembali isi cerita

Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri. 

Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita

  • Melatih Pemahaman

  • Mengembangkan Kosakata

  • Melatih Keterampilan Menulis

  • Mengasah Daya Ingat

Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita

Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:

  1. Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.

  2. Menemukan Tokoh dan Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.

  3. Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.

  4. Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. 

  5. Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."


Contoh Sederhana

Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.

  • Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.

  • Latar: Di hutan.

  • Urutan Kejadian:

    • Kelinci menantang kura-kura lomba lari.

    • Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.

    • Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.

    • Kura-kura akhirnya menang lomba.

  • Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.

Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:

"Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."


Latihan Soal!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi ceritnya kemudian tuliskan kembali isi cerita "Pak Ardi, pemadam kebakaran yang berani" dengan bahasamu sendiri! 


📌Materi Seni Rupa



  • BENTUK DI SEKITAR


  • “Garis apa yang ada pada gambar tersebut?”


    Gabungan garis-garis dapat membentuk bidang. Ada yang garis lurus dan ada garis lengkung. Gabungan garis yang berbeda menghasilkan bentuk bidang yang berbeda pula.

     

    Bentuk ada 2 macam yakni :

    1.      Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki ukuran yang jelas sehingga dapat diukur secara matematis dengan garis, sudut atau kurva.


    2.      Bentuk Organik adalah bentuk yang tidak beraturan dan bisa ditemukan di alam.



  • LATIHAN!
  • Amatilah kelas atau lingkungan sekolahmu lalu temukan berbagai benda, catat lalu gambarkan  bentuknya kemudian identifikasi termasuk ke dalam bentuk geometris atau bentuk organic!

    No.

    Nama benda

    Gambar benda yang ditemukan

    Bentuk Geometris

    Bentuk Organik

    1.

     

     

     

     

     

    2.

     

     

     

     

     

    3.

     

     

     

     

     

    4.

     

     

     

     

     

    dst.

     

     

     

     

     



    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa murid sudah mampu mmenyimak dan menuliskan cerita dengan cukup baik. Namun pada saat pembelajaran seni rupa masih terdapat beberapa peserta didik yang memerlukan bimbingan individu untuk memahami tugas yang diberika terkait materi bentuk benda di sekitar.

    0 comments:

    Posting Komentar