Materi Ajar, Jumat, 15 Agustus 2025

Kamis, 14 Agustus 2025

                       

Hari, tanggal    : Jum'at, 15 Agustus 2025

Kelas                    : 2.A
Guru                     : Rizki Ariyanti, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : P.Pancasila & Seni Rupa


 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang lagu Indoensia Raya serta mengenal macam-macam warna. Selanjutnya pada pembelajaran hari ini kita akan belajar tentang Simbol dan Arti sila-sila Pancasila serta Mengenal Macam-macam garisOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, GambarLambang Garuda Pancasila, Kartu Simbol dan Bunyi Sila (Flashcard Pancasila), LKPD Menocokkan Simbol dan Sila, Video lirik Lagu Garuda Pancasila

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
  2. Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
  2. Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
  3. Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
  4.  Murid dapat mengenal lambang negara dan simbol-simbol Pancsila.
  5. Murid dapat menyebutkan bunyi dan simbol setiap sila-sila Pancasila
  6. Murid dapat menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila dengan tepat.


📌Materi Pendidikan Pancasila



  • ·         “Siapa tahu nama lambang ini?”

    ·         “Apa kalian pernah melihat simbol ini? Di mana?”



  • Mengenal Simbol dan Sila Pancasila

  • 📗 Lambang Negara Indonesia

    -   Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila.

    -   Garuda adalah burung besar berwarna emas, lambang kekuatan dan kejayaan.

    -   Di bagian dada Garuda terdapat perisai yang berisi 5 simbol Pancasila.

    -   Cakar Garuda mencengkeram pita bertuliskan:

    -   "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya: Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

     

    📗 Bunyi dan Simbol Lima Sila Pancasila

    No

    Bunyi Sila

    Simbol di Perisai Garuda

    Makna Sederhana

    1

    Ketuhanan Yang Maha Esa

    🌟 Bintang Emas

    Percaya kepada Tuhan

    2

    Kemanusiaan yang adil dan beradab

    ⛓️ Rantai Emas

    Saling menghargai sesama manusia

    3

    Persatuan Indonesia

    🌳 Pohon Beringin

    Menjaga persatuan dan kesatuan

    4

    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan...

    🐃 Kepala Banteng

    Musyawarah dan bermufakat

    5

    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

    🌾 Padi dan Kapas

    Hidup adil dan sejahtera bersama

  • Latihan :

  • . Lengkapi Kalimat di Bawah Ini!

    1.      Lambang negara Indonesia adalah ______________.

    2.      Garuda Pancasila memiliki ___________ sila.

    3.      Simbol bintang melambangkan sila ke-___ yaitu _________________.

    4.      Simbol kepala banteng melambangkan _________________.

    5.      Sila ke-5 berbunyi _____________________________________________


    📌Materi Seni Rupa

  • BENTUK DI SEKITAR


  • “Garis apa yang ada pada gambar tersebut?”


    Gabungan garis-garis dapat membentuk bidang. Ada yang garis lurus dan ada garis lengkung. Gabungan garis yang berbeda menghasilkan bentuk bidang yang berbeda pula.

     

    Bentuk ada 2 macam yakni :

    1.      Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki ukuran yang jelas sehingga dapat diukur secara matematis dengan garis, sudut atau kurva.


    2.      Bentuk Organik adalah bentuk yang tidak beraturan dan bisa ditemukan di alam.



  • LATIHAN!
  • Amatilah kelas atau lingkungan sekolahmu lalu temukan berbagai benda, catat lalu gambarkan  bentuknya kemudian identifikasi termasuk ke dalam bentuk geometris atau bentuk organic!

    No.

    Nama benda

    Gambar benda yang ditemukan

    Bentuk Geometris

    Bentuk Organik

    1.

     

     

     

     

     

    2.

     

     

     

     

     

    3.

     

     

     

     

     

    4.

     

     

     

     

     

    dst.

     

     

     

     

     





    📌REFLEKSI / KESIMPULAN 

    Alhamdulillah berdasarkan pembelajaran hari ini dapat kita ketahui bahwa peserta didik sudah mampu menyebutkan arti dan makna simbol sila-sila Pancasila hanya saja ketika melaksanakan post test masih terdapat beberapa peserta didik yang kesulitan dalam memahami soal sehingga memerlukan bimbingan secara individu.

    0 comments:

    Posting Komentar