Hari, tanggal : Senin, 04 Agustus 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menyimak cerita serta menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita, selain itu kita juga sudah belajar mengenal macam-macam garis. Nah pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna.. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana berisi cerita singkat, Gambar macam-macam garis dan warna, contoh gambar gelas, dan benda lain disekitar. LKPD.
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.
Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
- Murid dapat menjelaskan secara lisan atau tulisan sederhana tentang dua unsur rupa yang diamati.
- Murid menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari.
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Apa judul dari cerita tersebut?"
"Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"
Menuliskan kembali isi cerita
Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri.
Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita
Melatih Pemahaman
Mengembangkan Kosakata
Melatih Keterampilan Menulis
Mengasah Daya Ingat
Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita
Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:
Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.
Menemukan Tokoh dan Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.
Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.
Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.
Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."
Contoh Sederhana
Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.
Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.
Latar: Di hutan.
Urutan Kejadian:
Kelinci menantang kura-kura lomba lari.
Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.
Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.
Kura-kura akhirnya menang lomba.
Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.
Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:
"Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bawah murid sudah mampu memahami materi dengan baik serta sudah mampu mengerjakan soal sumatif harian seni rupa dengan cukup baik.
0 comments:
Posting Komentar