Perbaikan dan Pengayaan, Senin, 10 Juni 2024

Minggu, 09 Juni 2024

Hari, tanggal             : Senin, 10 Juni 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Pembelajaran           : Perbaikan dan pengayaan




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.9 Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  • Matematika
  • 3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram
  • SBdP
  • 3.1 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat  mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Alhamdulillah kegiatan PAS telah dilaksanakan dengan baik, untuk memperbaiki nilai anak-anak yang masih belum maksimal maka hari ini kita akan mengadalan perbaikan dan pengayaan terkait soal-soal yang belum dipahami dengan baik. Oke mari kita simak dan kerjakan soal-soal berikut ini!



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!







📌 Materi Ajar

DIAGRAM

Diagram merupakan sebuah gambar atau grafik yang digunakan untuk menyajikan sebuah data. Cara penyajian dengan grafik ini akan mempermudah orang lain untuk memahami isi data secara keseluruhan. Untuk membuat diagram ada beberapa bentuk, yaitu diagram garis, lingkaran, venn, dan diagram batang

1. Diagram Batang

Diagram batang yaitu diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas, yang dinyatakan dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu.

Diagram ini merupakan bentuk yang paling sederhana dan umum, namun tidak dapat menampilkan data yang bersifat individual dari setiap orang atau benda yang diteliti.

2. Diagram Garis

Diagram garis merupakan suatu grafik berupa garis lurus yang menghubungkan titik tengah suatu data dengan data lainnya. Grafik atau diagram garis umumnya digunakan untuk menunjukkan data yang berkesinambungan, seperti hasil pengeluaran tiap tahun, penerimaan mahasiswa baru tiap tahun, dan sebagainya.

Diagram garis berupa waktu biasanya ditempatkan pada sumbu datar (x), sedangkan nilai data diletakkan pada sumbu tegak (y), sehingga diperoleh titik-titik koordinat. Jika titik tersebut dihubungkan oleh garis lurus, maka akan diperoleh diagram garis.

3. Diagram Gambar


Diagram gambar atau yang sering disebut dengan piktogram merupakan penyajian data statistik yang menggunakan lambang-lambang atau gambar. Piktogram umumnya dipakai untuk data yang bernilai besar.

Diagram ini juga sering digunakan untuk menyajikan gambaran kasar suatu hal atau alat visualisasi bagi orang awam. Setiap satuan jumlah tertentu memiliki simbol atau lambang sesuai dengan macam datanya.

4. Diagram Lingkaran

Diagram jenis ini dimanfaatkan untuk penyajian data absolut maupun relatif dalam bentuk lingkaran. Lingkaran dibagi menjadi beberapa sekto dan tiap sektor mewakili kategori data yang telah diubah dalam nilai derajat.

Sudut diagram lingkaran adalah 360 derajat, sehingga persentase per-bagian dapat dicari dengan rumus matematika. Diagram lingkaran sangat berguna untuk menunjukkan proporsi dari data.



Contoh Pengamalan yang sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika
  • LATIHAN ESSAY

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar! 

1. Tuliskanlah pengertian dari rambu-rambu lalu lintas berikut ini:

a. 
 Artinya....

b.
 Artinya....

c.
 Artinya...

d. 
 Artinya...


2.  Perhatikan data hasil panen Palawijaya Desa Makmur berikut ini!
    Buatlah Diagram batang berdasarkan data tersebut!

3. Tuliskan 3 contoh pelaksanaan samboyan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-sehari!

4. Perhatikan diagram batang berikut!
    Tuliskanlah 3 informasi yang kamu peroleh dari diagram batang di atas!

5. Tuliskan 3 hal yang kamu ketahui tentang samboyan "Bhineka Tunggal Ika"


📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah melaksanakan perbaikan dan pengayaan khususnya pada tema 8 materi diagram dan bhineka tunggal ika Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak. SEMANGAT!!

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar