Materi ajar, Rabu, 11 september 2024

Selasa, 10 September 2024

          


Hari, tanggal   : Rabu, 11 September 2024
Kelas                  : 1.A
Guru                  : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                : Pendidikan pancasila & Matematika


 

      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Memahami contoh kesepakatan keals


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat kesepakatan kelas

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah  belajar tentang soal cerita penjumlahan 1-10 serta membuat bentuk dengan potong dan tempel.

Nah, untuk hari ini kita akan belajar masih akan belajar tentang menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. serta cara membuat kesepakata kelas Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^



Kesepakatan Sederhana adalah sebuah persetujuan atau perjanjian yang dibuat secara informal atau lisan antara dua orang atau lebih. Kesepakatan ini tidak memerlukan dokumen hukum yang formal, seperti kontrak. Biasanya, kesepakatan sederhana terjadi dalam situasi sehari-hari, seperti:

  • Perjanjian antar teman: Misalnya, sepakat untuk bertemu di suatu tempat pada waktu tertentu.
  • Perjanjian dalam keluarga: Misalnya, sepakat untuk membagi tugas rumah tangga.
  • Perjanjian dalam kelompok kecil: Misalnya, sepakat tentang topik diskusi dalam sebuah pertemuan.

AYO BERLATIH



 


📌Materi Matematika


Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok bilangan menjadi satu kelompok yang lebih besar. Hasil dari penggabungan ini disebut jumlah.

Perhatikan gambar berikut:

Ada berapa burung di pohon? 

Ada berapa burung yang datang? (2)

Berapa jumlah semua burung? (6)


Berdasarkan gambar tersebut kita dapat mengetahui bahwa jumlah burung yang ada di pohon yaitu 4 ekor, sedangkan jumlah burung yang sedang terbang yaitu 2 ekor. Lalu berapakah jumlah semua burung?

untuk menjawabnya kita bias menuliskannya ke dalam operasi hitung penjumlahan yaitu:





LATIHAN SOAL





⭕Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan latihan soal cerita penjumlahan dengan baik, namun masih terdapat beberapa peserta didik yang memerlukan binbingan untuk memahami soal dan mengubah soal cerita ke kalimat matematika, untuk mengatasi hal tersebut. Guru akan menjelaskan kembali materi terkait kepada peserta didik yang bersangkutan. untuk materi seni rupa yaitu tentang membuat bentuk dengan teknik potong dan tempel. Alhamdulillah semua peserta didik sudah mampu memotong dan menempel kertas dengan mandiri.


Dokumentasi hari ini:






 


0 comments:

Posting Komentar