Materi Ajar, Selasa, 10 September 2024

Senin, 09 September 2024

Hari, tanggal    : Selasa, 10 September 2024

Kelas                   : 1.A
Guru                   : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                 : Matematika & Seni Rupa


 


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat Bentuk dengan Potong & Tempel

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang manfaat dari mematuhi aturan serta pengunaan tanda tanya dan tanda seru pada kalimat. Nah untuk hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan penjumlaahan 1-10, serta bagaiamana membuat bentuk dengan tempel dan potong. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



📌 Materi Matemtika


Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok bilangan menjadi satu kelompok yang lebih besar. Hasil dari penggabungan ini disebut jumlah.

Perhatikan gambar berikut:

Ada berapa burung di pohon? 

Ada berapa burung yang datang? (2)

Berapa jumlah semua burung? (6)


Berdasarkan gambar tersebut kita dapat mengetahui bahwa jumlah burung yang ada di pohon yaitu 4 ekor, sedangkan jumlah burung yang sedang terbang yaitu 2 ekor. Lalu berapakah jumlah semua burung?

untuk menjawabnya kita bias menuliskannya ke dalam operasi hitung penjumlahan yaitu:





LATIHAN SOAL



📌Materi Seni Rupa


MEMBUAT BENTUK DENGAN POTONG DAN TEMPEL






Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.

Contoh Bentuk Geometris Dasar:


LATIHAN



📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan latihan soal operai hitung penjumlahan dengan baik, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang menuliskan bentuk angka terbalik, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. untuk materi seni rupa yaitu tentang membuat bentuk dengan teknik potong dan tempel. Alhamdulillah semua peserta didik sudah mampu memotong dan menempel kertas dengan mandiri.


Dokumentasi hari ini:











0 comments:

Posting Komentar