Materi Ajar, Kamis, 24 Oktober 2024 (P5) 12

Rabu, 23 Oktober 2024

               


Hari, tanggal      : Kamis, 24 Oktober 2024
Kelas                   : 1.A
Guru                   : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Materi                 : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

 

      📌 Tujuan Projek:

  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    📌 Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.    Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati  keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang. 

📌 Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kgeiatan membuat poster BHineka Tunggal Ika, Nah, untuk hari ini kita akan belajar membuat kolase mahkota siger dengan menggunakan kertas origami/kertas marmer. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 12

 

Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan            :  Kamis, 24 Oktober 2024

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                      : Menghias Aksesoris adat Lampung (Mahkota siger dan kalung papan jajar)

Peran Pendidik                       : Fasilitator dan Narasumber

 

Persiapan:

1.      Pendidik menyiapkan video pembelajaran tentang tutorial menghias aksesoris adat lampung

2.   Mahkota siger dan kalung papan jajar dari kardus

 

Pelaksanaan:

1.      Pendidik gambar contoh mahkota siger dan kalung papan jajar

 



2.      Pendidik menampilkan cara membuat gelang adat lampung dari bahan kardus: https://youtu.be/NYuqbnbZV1k?si=nkz1I4NEoXRWQV9Y

3.      Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menghias aksesoris adat Lampung

4.      Bersama Pendidik, peserta didik mencoba menghias mahkota siger dan kalung papan jajar seperti yang ada  pada video.

 

 


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 12

MENGHIAS MAHKOTA SIGER DAN KALUNG PAPAN JAJAR

 

Alat dan Bahan:

·        Manik-manik

·        Kertas marmer emas

·        Lem

·        Alat tulis

·        Gunting

·        Penggaris

 

Langkah-Langkah:

1.     Peserta didik menyiapkan alat dan bahan

2.     Pendidik memberikan gambar contoh mahkota siger dan kalung papan jajar kepada peserta didik

3.     Peserta didik menyaksikan videp pembelajaran yang te;ah disiapkan oleh guru

4.     Peserta didik menyiapkan mahkota siger dari kardus dan kalung papan jajar yang sebelumnya telah dibuat dan siap untuk dihias

5.     Peserta didik melapisi mahkota siger dan kalung papan jajar dengan kertas marmer emas

6.     Kemudian, Mahkota siger dan kalung papan jajar dihias dan ditempeli dengan manik-manik sesuai arahan dari guru

7.     Setelah itu tambahkan manik-manik Mutiara ditengah mahkota siger sebagai hiasan

8.     Setelah ajdi tunggu hingga semua manik-manik merekat dan simpah aksesoris yang telah jadi ditempat yang telah disediakan guru.

 


  ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa anak-anak sudah mampu membuat mahkota siger dari kardus,dan menghiasnya menggunakan kertas marmer dengan teknik menempel seperti mozaik. Kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengguntingmengikuti pola yang telah dibuat, beberapa anak memerlukan bantuan dari guru. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru membantu anak-anak dan memebrikan arahan agar anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik.


Dokumentasi hari ini:








0 comments:

Posting Komentar