Materi ajar, Senin, 7 Oktober 2024

Minggu, 06 Oktober 2024

Hari, tanggal      : Senin, 7 Oktober 2024
Kelas                   : 1.A
Guru                   : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                 : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia


 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyebutkan kalimat tanda tanya dan seru serta suku kata
         2. Menyebutkan manfaat mematuhi tata tertib.

     ðŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
        1. peserta didik dapat memahami mengenai suku kata dan kalimat tanda tanya dan seru
        2. Peserta didik dapat memahami aturan dan manfaat tata tertib

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari operasi hitung pengurangan. Nah, untuk hari ini kita akan belajar mereview materi suku kata, kalimat tanda tanya & seru dan lambang pancasila serta aturan disekolah & dirumah Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


📌Materi Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Setelah kalian melihat video berikut ini, apakah bisa kalian menirukan lirik dan gerakan nya? 
Kalau bisa mari bersama sama kita hafalkan ya gerakan dan liriknya..
Setelah kita bersama sama bernyanyi dan menirukan gerakan mari kita mengenal tanda baca pada kalimat yaitu tanda tanya dan tanda seru.. Lihat video berikut ini..


Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
 - Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?" 

- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian. 

Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat


📌 Materi Pendidikan Pancasila

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^




Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.

Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibut untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.


AYO BERLATIH!


📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menjelaskan pengertian hak dan kewajiban serta memberikan contoh hak dan kewajiban anak di sekolah, serta peserta didik juga sudah mampu untuk menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka ki ku ke dan ko , namun kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengerjakan latihan mencari suku kata ka ki ku ke dan ko pada teks cerita, masih terdaoat peserta didik masih memerlukan bimbingan dari guru karena belum memahami perintah tugas. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik yang bersangkutan.


Dokumentasi hari in:






0 comments:

Posting Komentar