Mengenal angka 11 sampai 20
Mengenali identitas dirinya dan teman di sekitarnya
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah
- Peserta didik dapat mengenali mengenali dan mengurutkan angka 11 sampai 20
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu mengenal dirinya sendiri dan teman di sekitarnya. Peserta didik mampu menceritakan identitas dirinya dan menceritakan identitas teman di sekitarnya.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah serta mempelajari tentang warna hangat dan warna dingin. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang identitas diri dan teman di sekitar kita serta belajar untuk menyelesaikan permasalahan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun ke bawahOke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
- Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
- Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
- Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
- Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
- Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
- Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
- Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
- Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
- Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.
📌Materi Matematika
Mengenal Angka 11 Sampai 20
-
Angka 11 sampai 20 itu apa sih? Angka-angka ini adalah bilangan yang lebih besar dari 10. Kita sering melihat angka-angka ini dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat menghitung jumlah teman, jumlah buku, atau jumlah kelereng.
-
Bagaimana cara membacanya? Untuk membaca angka 11 sampai 20, kita bisa menggabungkan kata "sebelas" dengan angka satuannya. Contoh:
- 11: sebelas
- 12: dua belas
- 13: tiga belas
- dan seterusnya sampai 20: dua puluh
Mengurutkan Angka 11 Sampai 20
-
Urutan angka dari yang terkecil ke terbesar Kita bisa mengurutkan angka-angka ini mulai dari yang paling kecil (sebelas) sampai yang paling besar (dua puluh). Semakin ke kanan, angkanya semakin besar.
-
Urutan angka dari yang terbesar ke terkecil Kita juga bisa mengurutkan angka-angka ini mulai dari yang paling besar (dua puluh) sampai yang paling kecil (sebelas). Semakin ke kanan, angkanya semakin kecil.
Contoh Pengurutan:
- Dari yang terkecil: 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20
- Dari yang terbesar: 20, 19, 18, 17, 16, 15, 14, 13, 12, 11
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menyampaikan cerita mengenai identitas teman di sekitarnya dengan baik dan berani, serta peserta didik sudah mampu mengenal dan menuliskan lambang bilangan 11 sampai 20 dan mengurutkan bilangan 11 sampai 20. Kendala yang dihadapi pada pembelajaran hari ini yaitu apsa saat menegrjakan latihan mengurutkan bilangan 11 sampai 20, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang memahami cara mengurutkankan bilangan, sehingga masih memerlukan arahan dan bimbingan dari guru.
Dokumentasi hari in:
0 comments:
Posting Komentar