Hari, tanggal : Kamis, 16 Januari 2025
Dengan mengangkat tema “Kearufan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:
- Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
- Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal
📌 ALUR
1. Tahap
pengenalan
Projek ini dimulai
dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari
kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya
provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal
kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik
terahdap kearifan lokal Lampung.
2.
Tahap
Kontekstual
Selanjutnya yaitu
tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah
Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung.
Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung
yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan
cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video.
Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan
bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang
akan dilakukan pada tahap selanjutnya.
3.
Tahap
Aksi
Pada tahap ini
peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung
yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah
satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain
itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang
diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan
demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian
budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga
terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.
4. Tahap Evaluasi dan Refleksi
Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 TARGET
Tema Kearifan
Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di
Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar
Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta
elemen- elemen yang terkait.
📌 Metode Pembelajaran:
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN
2
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 16 Januari 2025
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Mempelajari lirik lagu daerah Lampung dan cerita rakyat Lampung melalui video pembelajaran
Peran Pendidik : Fasilitator dan Narasumber
AKTIVITAS
1
(Mempelajari
lagu daerah Lampung)
Alat
dan bahan: Video cerita rakyat
Lampung, video lirik lagu cangget agung dan seminung
Tujuan: Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya dan kearifan lokal Lampung
Pelaksanaan:
1.
Pendidik memulai projek dengan menayangkan
video yang menampilkan lirik lagu seminung
2.
Pendidk mengajak peserta didik untuk
bernyanyi Bersama
3.
Pendidik menjelaskan materi yaitu tentang
contoh lagu daerah Lampung, makna lirik, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
MATERI:
“Lagu
daerah Lampung kaya akan makna dan sejarah. Setiap liriknya menggambarkan
kehidupan sehari-hari, keindahan alam, serta adat istiadat masyarakat Lampung.
Lagu-lagu ini bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi identitas dan
warisan budaya yang perlu dilestarikan.
Contoh
Lagu Daerah Lampung yang Populer:
Tanoh
Lado: Lagu ini sangat terkenal dan menjadi salah satu ikon
lagu daerah Lampung. Liriknya menggambarkan Lampung sebagai daerah penghasil
lada hitam yang terkenal.
Sang
Bumi Ruwai Jurai: Lagu ini menceritakan tentang keindahan
alam Lampung, khususnya Danau Ranau
Seminung:
Lagu ini menceritakan tentang keindahan alam Lampung, khususnya Gunung Seminung
Cangget
Agung: Lagu ini menggambarkan alat musik tradisional Lampung
yaitu cangget, dan sering dinyanyikan dalam acara adat.
Bumi
Lampung: Lagu ini merupakan pujian terhadap tanah kelahiran
Lampung.
Lipang
Lipang Dang: Lagu ini memiliki lirik yang unik dan
ceria, sering dinyanyikan sebagai pengiring tarian.
4.
5. Pendidik mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu cangget agung bersama
6.
Peserta didik mengerjakan latihan yang
telah disiapkan oleh pendidik
Refleksi
oleh pendidik
Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
- Ceritakan, peristiwa apa yang terjadi?
- Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
- Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?
Soal Post test
- Lagu daerah adalah karya yang menggambarkan keadaan dari…
- Sebutkan 3 Lagu daerah Lampung?
- Siapakah yang menciptakan lagu Seminung?
- Apa makna dari lirik lagu Cangget Agung?
- Sebutkan 1 judul lagu daerah Lampung yang kamu hafal?
Rubrik Penilaian
Jumlah soal
keseluruhan ada 5 soal 1 soal = 20 point Pedoman penilaian = Nilai akhir = Jumlah soal x 20 |
AKTIVITAS 2
(Mempelajari
Sastra Lisan Lampung:
Cerita tradisioanal dan cerita rakyat)
Pelaksanaan :
1.
Peserta didik diminta untuk
memperhatikan video tentang cerita tradisional Lampung yaitu kisah tentang
Raden Intan II sang Pahlawan Lampung
2.
Pendidik meminta beberapa peserta
didik untuk menceritakan kembali makna atau isi dari kisah Raden Intan II
dengan menggunakan bahasanya sendiri
3.
Peserta didik lainnya diberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan terhadap peserta didik yang sedang
bercerita.
4.
Kegiatan selanjutnya yaitu peserta
didik diminta untuk memperhatikan video tentang cerita rakyat Lampung yaitu
Asal usul Provinsi Lampung
5.
Pendidik mengajak peserta didik untuk
berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait isi video
6.
Peserta didik diminta untuk
menuliskan secara singkat isi dari video yang di tayangkan di buku tulis
mereka.
7.
Pendidik melakukan evaluasi dengan
memberikan pertanyaan lisan kepada peserta didik sebelum pembelajaran selesai
AKTIVITAS
2
Menceritakan
kisah asal usul provinsi Lampung
Nama: ……………………….
Kelas :
……………………….
Hari, tanggal :
……………………….
……………………….……………………….……………………….……………………….
……………………….……………………….……………………….……………………….
……………………….……………………….……………………….……………………….
……………………….……………………….……………………….……………………….
……………………….……………………….……………………….……………………….
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No. |
Nama |
Peserta didik
sepenuhnya memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi
Lampung |
Peserta didik
ssudah mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi
Lampung. |
Peserta didik cukup
mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi
Lampung |
Peserta didik belum
sepenuhnya mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul
provinsi Lampung |
SB |
B |
C |
PB |
||
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
Keterangan: PB
=Perlu Bimbingan, C=Cukup,
B= Baik, SB= Sangat Baik
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Berdasarkan pembelajaran hari dapat diketahui bahwa peserta didik dapat menyenikan dan memahami makna lagu daerah Lampung serta dapat mengenal dan menceritakan kembali kisah raden Intan II dengan baik.
Dokumentasi hari ini:
0 comments:
Posting Komentar