Materi Ajar, Selasa, 21 Januari 2025

Senin, 20 Januari 2025

         

Hari, tanggal    : Selasa, 21 Januari 2025

Kelas                    : 1.A
Guru                     : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Matematika & Seni Rupa


 

πŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Mengenal waktu
  2. Mengenal bentuk buatan manusia

    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.

πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah mempelajari tentang cara menggabungkan dan menguraikan bangun datar serta mengenal macam-macam bentuk natural. Nah, pada hari ini kita akan melanjutkan kembali belajar matematika yaitu tentang waktu dan bentuk dari kota bangunan.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^

πŸ“Œ Materi Matematika


Apa itu Jam?

Jam adalah alat yang digunakan untuk mengetahui waktu. Jam membantu kita tahu kapan harus pergi ke sekolah, kapan waktu makan, atau kapan waktu tidur.

Bagian-bagian Jam

  1.      Jarum pendek: Menunjukkan jam
  2.      Jarum panjang: Menunjukkan menit.

Cara Membaca Jam:

  1.       Lihat jarum pendek: Jarum pendek menunjuk angka berapa? Itulah jamnya.
  2.       Ingat: Kalau jarum panjang menunjuk angka 12, berarti tepat jam.

Contoh:

  1.       Jika jarum pendek menunjuk angka 3 dan jarum panjang menunjuk angka 12, maka waktu menunjukkan pukul 3.
  2.       Jika jarum pendek di antara angka 2 dan 3, dan jarum panjang menunjuk angka 6, berarti sudah lewat sedikit dari jam 2.

Soal Latihan

  1.       Perhatikan gambar jam di atas. Pukul berapa jarum menunjukkan?
  2.       Jika sekarang pukul 2, berapa jam lagi agar menjadi pukul 4?
  3.       Ibu membuat kue pukul 10. Kue selesai dipanggang pukul 12. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanggang kue?
  4.       Andi pergi tidur pukul 8 malam. Ia bangun pukul 6 pagi. Berapa jam Andi tidur?
  5.       Kakak belajar dari pukul 2 siang sampai pukul 4 siang. Berapa lama kakak belajar?

πŸ“ŒMateri Seni Rupa

Coba perhatikan rumahmu. 
Rumahmu termasuk contoh bangunan. Pada bangunan ada dinding, atap, pintu, dan jendela. Selain rumah ada bangunan sekolah, kantor, masjid, hotel dan bangunan lainnya. 
Tiap bangunan memiliki bentuk yang berbeda. Orang yang merancang bentuk bangunan disebut arsitek. Sedangkan ilmu merancang dan membuat bangunan disebut arsitekstur.

Bentuk pada bangunan ada bermacam macam. Ada lingkaran, persegi, segitiga dan persegi panjang serta ada bentuk lainnya. 


Latihan Soal!




πŸ“ŒREFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa anak-anak sudah mampu mengenal apa itu jam, serta mampu mengenal bentuk natural dan buatan. 

Dokumentasi hari ini:



0 comments:

Posting Komentar