Hari, tanggal : Kamis, 06 Februari 2025
Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:
- Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
- Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal
📌 ALUR
1. Tahap pengenalan
Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.
2. Tahap Kontekstual
Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.
3. Tahap Aksi
Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.
4. Tahap Evaluasi dan Refleksi
Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 TARGET
Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.
📌 Metode Pembelajaran:
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
- Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN 5
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 06 Februari 2025
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Menyiapkan alat dan bahan property drama
AKTIVITAS
1
(Menyiapkan
alat dan bahan property drama)
Media : video lirik lagu cangget agung
dan seminung
Tujuan : Peserta didik dapat menumbuhkan
rasa cinta dan bangga terhadap budaya
dan kearifan lokal Lampung
Pelaksanaan:
1.
Pendidik memulai projek dengan meminta
peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
2.
Pendidik menjelaskan pengertian dari
property dan fungsinya
PROPERTI
Properti
dalam drama adalah peralatan yang digunakan dalam pementasan drama, baik
yang dikenakan pemain maupun yang digunakan sebagai setting
panggung. Properti berfungsi untuk memperkuat karakter pemain dan membuat
pementasan lebih menarik.
3.
Pendidk mengajak peserta didik untuk mengamati
contoh video membuat property untuk drama
Video
property:
https://youtu.be/S-0lHYfcxKA?si=7YltgfNdhiX-Gge0
https://www.youtube.com/watch?v=rQZgvVl0Zmc
4.
Pendidik mengajak peserta didik untuk
berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait isi video
5.
Pendidik mengajak peserta didik untuk menyiapkan
alat dan bahan yang telah dibawa dan dikumpulkan
6.
Pendidik membagi tugas untuk membuat
property yang diperlukan dalam drama sesuai dengan kelompoknya masing-masing
AKTIVITAS 2
MEMBUAT PROPERTY DRAMA
Alat dan Bahan:
·
Kardus
·
Kertas manggis warna: hijau, coklat, biru,
oren, kuning dan merah
·
Kertas marmer
·
Double tip
·
Gunting
·
Isi lem tembak
Kertas
origami
·
Spidol
Langkah-Langkah:
1.
Peserta
didik menyiapkan alat dan bahan
2.
Pendidik
memberikan memberikan penjelasan terkai cara membuat properti
3.
Peserta
didik meminta peserta didik
untuk mulai membuat sketsa property yang telah ditentukan sebelumnya dengan
anngota kelompok masing-masing
4.
Setelah menjadi sketsa, peserta didik
melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu memberi warna dan menghias property
5.
Apabila property yang dibuat belum
selesai, maka kegiatan akan dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya
Hasil Percobaan:
Peserta
didik mampu membuat property drama sesuai dengan yang diarahkan oleh peserta
didik.
Refleksi oleh pendidik
Setelah sesi sharing,
tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
1.
Alat dan bahan apa saja yang diperlukan?
2.
Apakah Langkah-langkah untuk membuat
property sudah dipahami?
3.
Apa hal menarik yang kalian peroleh hari
ini?
LEMBAR
KERJA PERTEMUAN 5
Nama Kelompok : ___________________________
Nama Anggota Kelompok:
1.
2.
3.
4.
5.
Kerjakanlah!
Sebutkanlah bahan-bahan
yang diperlukan untuk membuat property drama?
Jelaskanlah
langkah-langkah dalam membuat property yang kamu ketahui!
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
Nama Kelompok |
Mampu memahami
arti dari property dalam drama dan fungsinya |
Mampu
menyebutkan bahan-bahan membuat property drama |
Mampu
menyebutkan Langkah-langkah membuat properti drama |
Skor = 30 |
Skor = 30 |
Skor = 30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal = 90
Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mamlu untuk membuat sketsa dari properti yang akan dibuat namun ketika menggunting kardus peserta didik masih kesulitan dan memerlukan bantuan dari guru.
Dokumentasi:
0 comments:
Posting Komentar