Materi Ajar, Selasa, 15 April 2025

Senin, 14 April 2025

             

Hari, tanggal    : Selasa, 15 April 2025

Kelas                    : 1.A
Guru                     : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                   : Matematika & Seni Rupa


 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  2. peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret dengan cermat
  2. Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret

  2. Mengenal bentuk buatan manusia

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang waktu dan bentuk dari kota bangunan. Nah, pada hari ini kita akan mempelajari tentang nilai tempat dan bentuk natural.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^

📌 Materi Matematika



  • Lebih dari:
    • Menunjukkan bahwa suatu kelompok benda memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan kelompok benda lainnya.
    • Contoh: Jika ada 5 apel dan 3 jeruk, maka apel "lebih dari" jeruk.
  • Kurang dari:
    • Menunjukkan bahwa suatu kelompok benda memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan kelompok benda lainnya.
    • Contoh: Jika ada 3 jeruk dan 5 apel, maka jeruk "kurang dari" apel.
  • Beda atau selisih:
    • Menunjukkan perbedaan jumlah antara dua kelompok benda.
    • Cara mencari selisih: Kurangkan jumlah benda yang lebih banyak dengan jumlah benda yang lebih sedikit.
    • Contoh: Jika ada 5 apel dan 3 jeruk, selisihnya adalah 5 - 3 = 2.

  • Ayo Berlatih!


    📌Materi Seni Rupa




    Model bentuk Bangunan


  • Bentuk Bangunan:
    • Bangunan memiliki berbagai bentuk dan ukuran, seperti rumah, sekolah, gedung, atau tempat ibadah.
    • Setiap bangunan memiliki ciri khas dan fungsi yang berbeda.
  • Bentuk Dasar Geometri:
    • Bangunan seringkali tersusun dari bentuk-bentuk geometri dasar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, kubus, balok, limas, kerucut dan tabung.
    • Memahami bentuk-bentuk dasar ini membantu siswa mengenali struktur bangunan.
  • Model Bangunan:
    • Model bangunan adalah representasi tiga dimensi dari sebuah bangunan.
    • Model dapat dibuat dari berbagai bahan sederhana seperti kardus, kertas, plastisin, atau bahan daur ulang.
  • Seseorang yang merancang bangunan disebut dengan Arsitektur.

    Ayo Berlatih!





    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Berdasarkan pembelajaran hari ini, Alhamdulillah peserta didik sudah mengenal konsep lebih dari, kurang dari, dan selisih, hanya saja dalam penulisan tanda atau lanbang lebih dari dan kurang dari peserta didik masih suka terbalik, dan membutuhkan lebih banyak latihan agar mampu mengingat lambangnya. serta untuk pelajaran tentang bentuk dan model bangunan, Alhamdulillah peserta didik sudah mampu mengenal dan menyebutkan berbagai macam bentuk bangun dan fungsinya dengan baik.

    Dokumentasi hari ini:






    0 comments:

    Posting Komentar