Hari, tanggal : Selasa, 02 September 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kata tanya dan juga mengenal bentuk organik. Nah pada hari ini kita akan belajar tentang cara menuliskan kalimat S-P-O dan mengenal konsep pengurangan. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
- Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
- Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
- Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
- Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
- Murid dapat membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
- Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
- Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.
Kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia biasanya
terdiri dari:
- S = Subjek
(pelaku)
- P = Predikat
(pekerjaan)
- O = Objek
(yang dikenai pekerjaan)
Contoh Kalimat:
- Ayah (S)
membaca (P) koran (O).
- Kadek (S)
memakai (P) kacamata (O).
- Ibu (S)
memasak (P) sayur (O).
Latihan:
Tuliskan 3 kalimat dengan pola S-P-O!
LKPD:
🟦 A. Apa Itu Pengurangan?
Pengurangan adalah mengambil sebagian dari suatu jumlah untuk
mengetahui sisa.
Lambang pengurangan adalah: ➖
Contoh:
5 - 2 = 3
(Dibaca: lima dikurangi dua sama dengan tiga)
🟩 B. Cara Melakukan Pengurangan
✅ 1. Pengurangan dengan Benda Konkret
Gunakan benda nyata seperti kancing, kelereng, atau balok.
Contoh:
Punya 6 permen 🍬, diambil 2.
Berapa sisa permen?
6 - 2 = 4
✅ 2. Pengurangan dengan Gambar
Contoh:
Ada 5 apel 🍎🍎🍎🍎🍎
Lalu 2 apel dimakan 🍎🍎
Tersisa: 🍎🍎🍎
5 - 2 = 3
✅ 3. Pengurangan dengan Garis Bilangan
Contoh:
Hitung 8 - 3
Mulai dari angka 8, lompat 3 langkah
Pertemuan 4
Materi 4: Melakukan penjumlahan dengan Benda – Benda Konkret
Belajar Pengurangan dengan Benda Konkret
Benda konkret = benda nyata yang bisa dipegang dan dihitung.
Contoh: kancing, pensil, batu kecil, permen mainan, stik es krim, atau balok.
📌 Langkah-Langkah Pengurangan dengan Benda Konkret:
- Siapkan benda konkret
(misalnya 10 kancing).
- Ambil sejumlah benda
sesuai soal pengurangan.
- Hitung sisa benda.
- Tulis hasilnya dalam
bentuk operasi.
🧮 Contoh 1:
Soal: Rina punya 7 kancing. Ia memberikan 3 kancing
kepada temannya.
Langkah:
- Ambil 7 kancing ➡️ ⚪⚪⚪⚪⚪⚪⚪
- Ambil 3 kancing ➡️ ❌❌❌
- Sisa kancing = 4
Penulisan: 7 - 3 = 4
🧮 Contoh 2:
Soal: Amir punya 10 stik es krim. Ia memakai 6 stik
untuk membuat bingkai foto.
Langkah:
- Ambil 10 stik ➡️ ▓▓▓▓▓▓▓▓▓▓
- Kurangi 6 ➡️ ❌❌❌❌❌❌
- Sisa stik = 4
Penulisan: 10 - 6 = 4
🟥 C. Latihan Bersama
Gunakan benda konkret di kelas untuk bantu menyelesaikan soal berikut:
- Kamu punya 8 batu kecil.
Kamu buang 5 batu.
➤ Sisa batu = ______
➤ Tuliskan operasinya: 8 - 5 = ___ - Dina punya 9 pensil
warna. 4 patah.
➤ Berapa yang masih bisa digunakan? ______
➤ Operasi: 9 - 4 = ___
0 comments:
Posting Komentar