Materi Ajar, Jumat, 19 Januari 2024

Kamis, 18 Januari 2024

Hari, tanggal : Jumat, 19 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Perubahan Cuaca (2)

Pembelajaran : 1

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP

 

 



 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan           manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdP
  • 3.3 Memahami dinamika gerak tari

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan benar.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita perbedaan keberagaman pakaian adat Indonesia dan menjelaskan makna informasi dari suatu keadaan cuaca serta sudah belajar menentukan nilai dan lambing pecahan.  Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari dinamika gerak tari. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 berikut ini.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

 




📌 Materi Ajar

 


Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak keberagaman dari suku, budaya, ras, hingga agama. Berbagai keberagaman tersebut merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang penting untuk dijaga. Untuk menjaganya, Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang harus diamalkan. Salah satunya cara mengamalkannya yaitu dengan memiliki sikap bersatu. Berikut akan dijelaskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman.

1.      Memiliki banyak teman

Dengan memiliki sikap bersatu, tentunya tidak akan ada orang yang memilih-milih teman. Kalian juga bisa berteman dengan siapa saja tanpa melihat suku bangsa atau perbedaan lainnya. Dengan begitu saat bermain di sekolah atau lingkungan rumah bisa menjadi lebih seru.

2.      Tumbuhkan rasa bangga

Indonesia memiliki banyak sekali suku yang berbeda-beda. Dengan menjaga sikap bersatu dan saling menghargai, teman-teman akan mengenal berbagai kebudayaan tiap daerah yang berbeda. Rasa saling menghargai, menjaga, dan memiliki dalam satu bangsa akan menimbulkan rasa bangga.

3.      Menciptakan kerukunan

Adanya sikap saling bersatu akan membuat semua orang saling menghargai satu sama lain. Dengan begitu, kita tidak akan melihat orang yang bertengkar karena perbedaan yang dimiliki.

 

4.      Memiliki banyak pengetahuan

Pertemanan yang luas akan membuat teman-teman memiliki banyak pengetahuan. Seperti saat memiliki teman dari Pulau Sumatra, kita bisa saling berbagai tentang keadaan di daerah asal masing-masing. Dengan begitu, kita akan mengerti seperti apa Pulau Sumatra, walau belum pernah berkunjung secara langsung.

 

Mari kita kerjakan Soal di bawah ini dengan jawaban yang benar untuk melatih pemahaman kalian. 

1. Tuliskan contoh keberagaman yang ada di Indonesia! 

2. Isilah tabel di bawah ini dengan suku yang telah kalian sebutkan dan lengkapilah keberagaman yang ada!

Suku bangsa

 

 

 

 

 

Bahasa daerah

 

 

 

 

 

Rumah Khas Daerah

 

 

 

 

 

Contoh lagu daerah

 

 

 

 

 

Contoh tarian daerah

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya kita akan belajar menentukan nilai pada pecahan. 

 

📌  Ayo Berlatih!

Festival makanan telah usai. Masih tersisa beberapa makanan dari masing-masing stan. Udin sebagai ketua kelas ingin membaginya pada teman-teman.

1.    Di stan Sumatra salah satu teman membawa “Juada 8 Jam”. Juada dalam bahasa Palembang adalah kue. Udin memotong Juada 8 Jam menjadi 18 potong yang sama besar. Lani makan 3 potong Juada. Tuliskan banyaknya Juada 8 Jam yang dimakan oleh Lani. Tuliskan dalam bentuk lambang bilangan.


2.   Siti membawa brem dari Jawa. Pasangkan gambar brem dengan pecahan biasa yang bersesuaian dengan memberi tanda panah!

 


3.    Dari stan Betawi, tersisa dodol. Dodolnya berbentuk bulat dan lonjong.Yuk, kitamewarnai gambar dodol betawi. Warnai berdasarkan lambang bilangan pecahan yang diketahui!

 


📌  Ayo membaca!

“Jangan Takut pada Hujan”

 

Cuacamulaibergantimenjelangsiang.Matahari tertutup awan. Mendung pun datang. Saat mendung, langit berubah menjadi agak gelap. Tidak ada sinar matahari. Mendung adalah awan yang mengandung hujan. Makna ini tertulis pada Kamus Bahasa Indonesia.

Cuaca mendung berlangsung lama dan kelam. Itu menandakan akan turun hujan. Saat hujan, terkadang petir dan kilat menyertai. Pernahkah kalian mendengar bunyi petir saat hujan? Adakah yang pernah melihat kilat saat hujan? Saat hujan, sebaiknya kita berlindung dalam rumah.Dapat juga berlindung disekolah dengan aman.

Tidak perlu takut dengan suara petir. Jangan takut juga dengan kilat yang terlihat. Petir dan kilat tidak akan melukai kita. Pastikan berlindung di tempat yang aman. Sebaiknya, lakukan aktivitas di dalam rumah saja. Nikmati makanan atau minuman hangat.

 

📌  Ayo Berlatih!

Carilah 5 kata yang berhubungan dengan cuaca. Temukan pada bacaan di atas. Lalu, jelaskan maknanya secara tertulis.

 

Pagi ini, cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Siti dan teman-teman berbaris mengikuti upacara bendera. Saat istirahat, cuaca berawan. Mereka pun bermain di halaman sekolah dengan nyaman. Mereka bermain tapak gunung dan lompat tali. Namun, saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung. Tanda sebentar lagi akan turun hujan. Siti dan teman-teman segera pulang ke rumah. Ketika mereka tiba di rumah, hujan pun turun. Ternyata cuaca dapat berubah-ubah.

Amati cuaca di sekitar tempat tinggalmu.

Apakah cuacanya juga berubah-ubah?

Apakah yang dimaksud dengan perubahan cuaca?

Mengapa perubahan cuaca dapat terjadi?

Untuk mengetahui informasi diatas maka bacalah teks informasi berikut tentang cuaca dan perubahannya! (dihalaman 49) 

 

Tuliskan informasi tentang cuaca yang kamu peroleh dari bacaan tersebut.

1. Cuaca dapat berubah setiap hari.  

2. ..........................................................

3. ..........................................................

4. ..........................................................

5. ..........................................................

 



Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan, bagian itu dilambangkan dengan 1/8. Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu di lambangkan dengan 1/6. 



Bandingkanlah potongan buah melon berikut ini! 

Isilah dengan tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia di dalam kotak!



Setelah belajar Matematika, kita akan belajar SBdP mengenai dinamika tari melalui lagu burung kutilang. Apakah anak anak pernah mendengar lagu burung kutilang?

Mari berlatih meniru gerakan kepala burung kutilang. Kita berlatih diiringi lagu Burung Kutilang. 





 

📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang perubahan cuaca, pecahan dan dinamika gerak tari.. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 2 dengan materi utama hyaitu perubahan cuaca.  

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 2 pb 1 mengenai cara pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia, pecahan, serta dinamika gerak tari. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

0 comments:

Posting Komentar