Materi Ajar, Jumat, 12 Januari 2024

Kamis, 11 Januari 2024



Hari, tanggal             : Jum’at, 12 Januari 2024                           

Kelas                          : 3A

Tema                          : Cuaca (5)                                                     

Subtema                    : Keadaan Cuaca (1)

Mapel                        : Bahasa Indonesia, PPKn                           

Pembelajaran           : 2


 

A.    Kompetensi Dasar (KD):

Bahasa Indonesia

3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn

3.4   Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

 


πŸ“ŒTujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat membuat daftar sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan tepat.



Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


πŸ“Œ Apersepsi : 

Pada hari kemarin kita sudah belajar pengertian cuaca, pecahan sederhana serta pengertian dan jenis-jenis pola irama. Hari ini anak anak akan melanjutkan materi tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 mengenai pokok informasi dan sikap bersatu dalam keberagaman.

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

πŸ“Œ Lets check this video


Bahasa Indoensia: Pokok informasi

Pokok informasi merupakan hal-hal penting yang terdapat di dalam sebuah teks Untuk menentukan pokok-pokok informasi diperlukan ketelitian dalan membaca. Sebelum berlatih menggali informasi, teman-teman akan harus memahami langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1.      Membaca teks secara cermat.

2.      Menemukan ide pokok dalam setiap paragraf yang dibaca.

3.      Temukan kata kunci yang menunjukan tujuan dari dibuatnya teks tersebut.

4.      Menandai berbagai informasi penting yang didapat.

5.      Mengetahui arti dari setiap kata.

 

PPKn: Sikap Bersatu dalam keberagaman

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keberagaman, dari budaya, suku, agama, hingga bentuk fisik atau ras. Keberagaman ini pun harus dijaga agar selalu bersatu dalam sebuah negara. Setiap daerah yang ada di Indonesia tentu memiliki banyak perbedaan. Berbagai perbedaan itu bukan suatu hal yang buruk dan justru menjadi ciri khas dari setiap daerah. Karena itu, penting untuk memiliki sikap bersatu dalam keberagaman. Tanpa memiliki sikap bersatu, keberagaman bisa menyebabkan perpecahan antarbudaya, daerah, atau suku. Dengan memiliki sikap tersebut akan ada banyak manfaat yang diperoleh.

Manfaat sikap Bersatu:

1.      Memiliki banyak teman

2.      Menciptakan kerukunan

3.      Menumbuhkan rasa bangga menjadi warga negara Indonesia

4.      Memiliki banyak pengetahuan dari berbagai daerah

 

Contoh sikap Bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar:

1.      Menghargai dan menghormati Budaya Daerah Lain

2.      Tidak Mengganggu Ibadah Orang Lain

3.      Mengikuti Pentas Budaya

4.      Mencoba Kuliner Daerah Lain

5.    Mengenalkan Berbagai Keberagaman ke Berbagai Daerah hingga Negara



πŸ“Œ Evaluasi:

Bahasa Indoensia:

Simak teks berikut ini untuk menemukan informasi penting di dalamnya. Dari informasi penting yang didapat, teman-teman bisa memberikan penjelasan singkat.

Cuaca dan Perubahannya"

Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan. Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari. Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.

PPKn:

  1. Apa saja berbagai keberagaman yang ada di Indonesia?
  2. Apa dampak buruk tidak memiliki sikap bersatu dalam keberagaman?
  3. Sikap bersatu dalam keberagaman dapat ditunjukkan dengan cara…
  4. Sikap bersatu dalam keberagaman sesuai dengan arti dari semboyan Pancasila yang berbunyi…
  5. Manfaat sikap bersatu dalam keberagaman adalah…

πŸ“Œ Refleksi Pembelajaran:

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar mengenai pokok informasi dan sikap bersatu dlam keberagaman. Setelah itu silahkan anak-anak kerjakanevaluasi yang telah ibu bagikan yaa, Selamat mengerjakan!!

Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, marilah kita isi bersama lembar refleksi pembelajaran untuk hari ini pada lembar refleksi yang telah disediakan ^^. Kemudian untuk besok kita akan belajar pembelajaran 3 mengenai perubahan cuaca.

πŸ“Œ Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 1 pb 2 mengenai pokok informasi dan sikap bersatu dlam keberagaman. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 


0 comments:

Posting Komentar