Materi Ajar, Selasa, 16 Januari 2024

Senin, 15 Januari 2024

 

Hari, tanggal    : Selasa, 16 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema          : Keadaan Cuaca (1)

Pembelajaran   : 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPkN

 

 



 

 

A.  Kompetensi Dasar (KD)

  •     Bahasa Indonesia
  •  3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan           manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  •      PPKn
  •      3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar. 

B.     Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa mampu memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.

C.    Kegiatan Awal

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.

 

📌 Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita sudah mengenal lambang pecahan sederhana dan menunjukkan pola irama pada sebuah lagu awan putih. Nah, hari ini kita masih akan mempelajari tentang kedaan cuaca serta kita juga akan mencari tahu apa saja contoh sikap Bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sekitar kita.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 berikut ini.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

📌 Lets check this video



Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat berubah-ubah. Kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur-unsur cuaca. Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita juga dapat mengamati curah hujan. 

 

📌TUGAS KELOMPOK

Hari ini anak sholih sholihah akan bermain “Kumpul Kata”. Nanti akan dibagi 4 kelompok dan akan dibagikan beberapa kosa kata. Begitu banyak kata berserakan di meja. Anak anak akan mengumpulkan kata-kata tentang cuaca. 





Selanjutnya setelah bermain "Kumpul Kata", kita melanjutkan materi contoh sikap bersatu pada keberagaman dilingkungan sekitar. Pada pertemuan dua hari lalu dipembelajaran 2 anak sholih-sholihah sudah berdiskusi mengenai keberagaman asal asul daerah masing-masing. Setiap daerah memiliki keberagaman masing-masing seperti tarian, alat musik, makanan khas yang berbeda dan masih banyak lagi. 

 

Tahukah anak anak makanan dan minuman khas daerah kalian? 

Apa nama makanan dan minuman yang enak dinikmati pada saat cuaca hujan? 

Biasanya, saat hujan, kita menyantap makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh. 

 

📌 Ayo Mengamati!

Buatlah data makanan dan minuman yang disantap saat cuaca hujan.

Makanan khas sesuai daerah asalmu juga boleh




Makanan dan minuman khas Indonesia sangat beragam. Dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan cuaca. Termasuk yang disantap saat cuaca hujan. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan untuk hal ini. Kita memiliki beragam suku bangsa. Kita juga memiliki beragam budaya. Kita pun memiliki beragam jenis makanan dan minuman.




 

📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:


Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang belajar mengenai mengumpulkan kosa kata keadaan cuaca dan juga sudah belajar keberagaman makanan atau minuman dari daerah asal masing-masing . Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 5 yaitu tentang  mengenai membandingkan pecahan dan perbedaan dari berbagai keberagaman Indonesia.


📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 1 pb 4 mengenai keadaan cuaca serta contoh sikap Bersatu dalam keberagaman, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 



 

 

 

 

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar