Hari, tanggal : Senin, 22 Januari 2024
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Perubahan Cuaca (2)
Pembelajaran : 2
Muatan : Bahasa Indonesia, PPKn
📌 Kompetensi Dasar (KD)
- Bahasa Indonesia
- 3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- PPKn
- 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
📌 Tujuan Pembelajaran :
- Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
- Dengan mempelajari PPKn, siswa mampu memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dnegan baik
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.
📌 Apersepsi :
Pada pertemuan kemarin kita telah mempelajari tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari dinamika gerak tari. Nah untuk hari ini, kita masih akan melanjutkan materi pelajaran kita yaitu tentang tema 5 subtema 2 pembelajaran ke 2 mengenai keadaan cuaca.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video
📌 Materi Ajar
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat berubah-ubah. Kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur-unsur cuaca. Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita juga dapat mengamati curah hujan. Melihat keadaan awan dan keadaan angin. Unsur cuaca tidak sama pada semua tempat. Cuaca terjadi pada suatu tempat yang tidak luas. Terjadinya pun pada waktu tertentu.
Sekarang anak anak Ayo Menulis!
Tugas Kelompok
Tulislah percakapan terkait keadaan cuaca yang kamu alami saat ini.
Ceritakan hasil percakapanmu di depan kelas. Sampaikan informasi yang kamu peroleh. Berceritalah dengan penuh percaya diri. Perhatikan volume dan intonasi suara. Pastikan suaramu terdengar ke seluruh kelas.
Selanjutnya pada saat hujan turun Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater membuat tubuh hangat. Makanan juga dapat membuat tubuh hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Edo mendata daerah asal teman-teman di kelas. Daerah asal yang dimaksud adalah daerah asal-usul orang tuamu. Yuk, kita bantu Edo.
Isilah tabel di bawah ini. Isi sesuai daerah asal teman-teman di kelasmu. contoh tabel sebagai berikut
Daerah asal teman-teman di kelas sangat beragam. Di Indonesia, asal-usul orang tua menjadi daerah asal kita. Walaupun kita lahir di daerah yang berbeda, tetapi daerah asal orang tua tetap dianggap daerah asal kita. Ini membuktikan Indonesia terdiri atas beragam daerah. Indonesia juga memiliki banyak suku bangsa. Kita mungkin berbeda daerah dan suku bangsa. Akan tetapi, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.
📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang keadaan cuaca dengan menuliskan keadaan cuaca yang pernah dialami dan juga sudah belajar mengenai keberagaman dari daerah masing masing sesuai dengan asal usul orang tua anak anak. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 2 mengenai menuliskan lambang pecahan dan menentukan kosakata pada teks sebuah bacaan
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 2 pb 2 mengenai keadaan cuaca dengan menuliskan keadaan cuaca yang pernah dialami dan juga sudah belajar mengenai keberagaman dari daerah masing masing sesuai dengan asal usul orang tua anak anak. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
0 comments:
Posting Komentar