Hari, tanggal : Kamis, 11 Januari 2024
Kelas :
3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Keadaan Cuaca (1)
Mapel : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran : 1
A.
Kompetensi Dasar (KD):
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi tentang
perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
Matematika
3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
SBdP
3.5
Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
B.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mempelajari Bahasa
Indonesia, siswa dapat menentukan pokok-pokok informasi mengenai keadaan cuaca
dengan benar.
2. Dengan mempelajari Matematika, siswa
dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang
utuh dari benda konkret dengan tepat.
3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat
menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.
Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh..
Halo good morning anak sholih sholihah 3A, how are you today? Semoga anak anak selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar . Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first
Apersepsi : Pada hari kemarin kita sudah mengenal lambang pecahan sederhana dan juga sudah mengidentifikasi keadaan suatu cuaca serta sudah mempelajari tempo cepat, sedang dan lambat pada sebuah lagu. Hari ini anak anak akan belajar materi tentang Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 masih mengenai keadaan cuaca.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video
Ringkasan materi:
Bahasa Indonesia: Cuaca
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka
waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat berubah-ubah. Artinya, cuaca dapat berubah-ubah dengan cepat.
Misalnya pada pagi hari langit terlihat cerah, akan tetapi pada siang hari
tiba-tiba saja berubah menjadi mendung. Kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan
mengamati unsur-unsur cuaca. Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita
juga dapat mengamati curah hujan. Melihat keadaan awan dan keadaan angin. Unsur
cuaca tidak sama pada semua tempat. Cuaca terjadi pada suatu tempat yang tidak
luas. Terjadinya pun pada waktu tertentu.
Beberapa macam
cuaca antara lain adalah:
1. Cuaca cerah 3.
Cuaca mendung
2. Cuaca cerah berawan 4.
Cuaca hujan
Matematika: Pecahan Sederhana
Pecahan berarti bagian dari
keseluruhan yang berukuran sama berasal. Bilangan pecahan adalah bilangan yang disajikan a/b dibaca a per b. Di mana a dan b
adalah bilangan bulat serta b tidak sama dengan 0 (nol). Bilangan a sebagai
pembilang dan bilangan b sebagai penyebut.
Perhatian potongan kue A dan B di
bawah ini.
- Kue A Satu dibagi 2 bagian yang sama. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua. Lambang pecahan seperdua adalah 1/2 . 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.
·
Kue B Satu dibagi 4
bagian yang sama. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat. Yang
diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat. Lambang pecahan
seperempat adalah ¼. 1 disebut pembilang
dan 4 disebut penyebut.
SBdP: Pola Irama
Pola
irama adalah kumpulan bunyi yang disusun dengan cara tertentu dalam
satu atau beberapa irama. Irama merupakan gerakan berturut-turut
secara teratur.
Fungsi Irama:
- Sebagai penentu naik turunnya nada pada sebuah musik atau lagu
- Sebagai penggerak utama pada sebuah musik atau lagu.
- untuk menentukan tempo dalam sebuah lagu
Tempo
merupakan cepat atau lambatnya sebuah nada dalam sebuah lagu atau musik. Setelah
irama ditemukan, maka tempo akan digabungkan untuk membuat lagu menjadi lebih
harmonis.
Jenis-jenis pola irama:
- Pola irama rata
- Pola irama tidak rata
- Pola suku bangsa
- Pola Sincope
- Pola Ostinato
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar mengenai keadaan cuaca, pecahan sederhana serta pengertian dan jenis-jenis pola irama. Setelah itu silahkan anak-anak kerjakan latihan di LKPD yang telah ibu bagikan yaa, Selamat mengerjakan
Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, marilah kita isi bersama lembar refleksi pembelajaran untuk hari ini pada lembar refleksi yang telah disediakan ^^. Kemudian untuk besok kita akan belajar pembelajaran 2 mengenai menuliskan lambang pecahan dan menentukan kosakata pada teks sebuah bacaan.
Penutup :
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.
Wassalamualikum warrahmatulahi wabarakatuh
0 comments:
Posting Komentar