Materi Ajar, Jumat, 26 Januari 2024

Kamis, 25 Januari 2024

 Hari, tanggal : Jumat, 26 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia (3)

Pembelajaran : 1

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdp
  • 3.2 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 2 yaitu tentang perubahan cuaca. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 5 subtema 3 yaitu tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari unsur-unsur karya dekoratif dan penjumalahn pecahan. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 berikut ini..

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

 



📌 Materi Ajar

 



Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Cuaca berubah-ubah. Terkadang panas, berawan, mendung, atau hujan. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur. Ketiganya adalah matahari, angin,
dan air. Cuaca sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mulai dari ketersediaan sumber daya alam. Ketersediaan alat transportasi. Bahkan, kelancaran aktivitas manusia sehari-hari. Apasaja
pengaruh cuaca yang kamu rasakan?

A. Membuat Peta Pikiran

Saat membaca sebuah teks, tentu kita memiliki tujuan untuk mendapatkan banyak informasi. Informasi bisa diperoleh dengan membuat peta pikiran. Dengan menggunakan peta pemikiran, kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi dari teks atau surat. Jadi, peta pikiran merupakan cara yang digunakan untuk menemukan banyak informasi dalam suatu bacaan.

Peta pikiran dapat dibuat dalam sebuah kotak-kotak, atau menyusunnya dalam sebuah kalimat rapi. Berikan poin-poin pada setiap peta pikiran dan juga penjelasan yang sesuai dengan teks atau bacaan. Untuk membuat sebuah peta pikiran kita dapat menggunakan metode kata tanya 5W1H. 5W1H adalah sebutan untuk enam kata tanya, yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana). Kita bisa membuat enam pertanyaan terkait teks atau bacaan dan mencoba menyusun jawaban yang sesuai.

📌  Ayo Berlatih!


Dayu mendapat surat dari Komang. Komang adalah sepupu Dayu di Bali. Bacalah teks surat untuk Dayu. Bacalah dengan nyaring dan intonasi yang tepat!



📌  Ayo Berlatih!

Rangkumlah isi teks surat yang telah dibaca dengan menggunakan metode 5W1H berikut ini. Buatlah dalam bentuk peta pikiran.

Tuliskanhasilrangkuman peta pikiranmu di bawah ini.



📌  Ayo Mengamati!

Amati gambar di bawah ini! Kelompokkanlah berdasarkan keadaan cuaca yang sama.


Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benda, makanan, minuman sesuai cuacanya.


B. Penjumlahan berpenyebut sama

Menjumlahkan pecahan yang memiliki penyebut yang sama merupakan hal yang mudah. Bunda hanya perlu menambahkan angka pembilang dengan nya saja, tanpa menambah bilangan penyebut. Bilangan yang berubah pada hasil akhirnya hanyalah angka pembilang.

Contoh soal penjumlahan pecahan dengan penyebut yang sama:

  1. 4/10 + 2/10 = 6/10
  2. 5/15 + 8/15 = 13/15
  3. 5/20 + 4/20 + 6/20 = 15/20

📌  Ayo Berlatih!

Bantulah Dayu mengerjakan penjumlahan pecahan berpenyebut sama di bawah ini!
1. Tulislah pernyataan matematika seperti contoh berikut ini. Ibu membawa 1 loyang kecil kue bolu. Kue bolu dipotong menjadi 4 bagian. Di dalam bus, Dayu makan 1 potong kue. Ayah pun makan 1 potong kue. Berapa bagian kue yang telah dimakan Dayu dan Ayah?

2. Dayu membawa bekal 1 batang cokelat yang berisi 10 potong cokelat. Di perjalanan, Dayu makan 3 potong cokelat. Ibu makan 2 potong cokelat. Berapa bagian cokelat yang dimakan Dayu dan Ibu?

3. Ayah membeli roti manis satu balok. Roti dipotong menjadi 5 bagian. Ibu makan 1 potong. Ayah makan 2 potong. Berapa bagian roti yang dimakan ayah dan ibu?

4. Tulislah hasil penjumlahan pecahan berpenyebut sama berikut ini!


C. Poster


Poster adalah media yang terdiri dari gambar dan tulisan singkat dengan tujuan menarik perhatian banyak orang. Poster akan mudah ditemukan di tempat umum, biasanya ditempel di tempat yang mudah dilihat banyak orang.

Fungsi Poster:
  1. Sebagai Sarana Penyampai Pesan
  2. Sebagai Ilustrasi
  3. penarik perhatian masyarakat

Langkah-Langkah Membuat Poster

  1. Menentukan Topik dan Tujuan
  2. Menyusun Kata atau Kalimat
  3. Menentukan gambar yang akan digunakan pada poster 
  4. Memperhatikan Tata Letak Kalimat dan Gambar
  5. Mencetak poster


📌  Ayo Berlatih!

Dayu dan kawan-kawan akan membuat kegiatan penggalangan dana. Juga pengumpulan barang untuk membantu saudara di Bali. Mereka akan membuat poster. Isinya berupa pengumuman bagi warga sekolah. Semua diharapkan ikut serta dalam kegiatan ini. Yuk, kita bantu mereka membuat poster. Beri hiasan menarik berupa garis, bidang, dan warna- warna.


Jangan lupa berikan informasi waktu pengumpulan. Informasikan juga tempat mengumpulkan barang-barangnya. Poster kalian akan makin indah dan menarik.



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang Cara membuat peta pikiran, cara membuat poster dan juga cara menghitung penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 2 dengan materi utama yaitu pengaruh perubahan cuaca terhadap kegiatan sehari-hari.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 3 pb 1 mengenai peta pikiran, poster dan penjumlahan pecahan berpenyebut sama, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar