Hari, tanggal : Kamis, 24 Januari 2024
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Perubahan Cuaca (2)
Pembelajaran : 6 dan PH 2
Muatan : Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKn
📌 Kompetensi Dasar (KD)
- Bahasa Indonesia
- 3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- Matematika
- 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
- PPKn
- 3.4 Memahami contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
📌 Tujuan Pembelajaran :
- Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
- Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
- Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.
📌 Apersepsi :
Pada pertemuan kemarin kita telah belajar tentang keadaan cuaca dengan menuliskan keadaan cuaca yang pernah dialami dan juga sudah belajar mengenai keberagaman dari daerah masing masing sesuai dengan asal usul orang tua anak anak. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari cara membandingkan pecahan. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut ini. Perhatikan baik-baik ya anak-anak, dikarenakan setelah itu kita akan melaksanakan Penilaian harian (PH) 2 tema 5 subtema 2 ^^
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video
📌 Materi Ajar
Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik. Cuaca seperti ini sudah berlangsung sejak tadi malam. Hari ini, Siti dan teman-teman berjanji akan berkumpul dirumahBeni. Mereka akan berkreasi membuat alat peraga tentang pecahan dari barang bekas.
Perhatikan percakapan berikut ini.
Beni : Mengapa kamu baru datang, Edo? Kami menunggu sejak pagi.
Edo : Maaf, saya menunggu hujan reda. Payung saya ketinggalan di sekolah kemarin. Saat pulang sekolah cuaca sudah cerah. Jadi, saya tidak ingat kalau bawa payung.
Siti : O, begitu. Kamu ingat tugas membawa barang bekas, kan?
Edo : Tentu saya ingat. Ini barang bekasnya.
Beni : Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?
Udin : Kita akan membuat alat peraga pecahan. Nanti kita berbagi tugas, ya, sesuai kemampuan masing-masing. Saya suka menggambar. Saya yang menggambar bagian-bagian pecahan.
Siti: Saya suka menggunting. Nanti saya yang menggunting gambar bagian pecahan.
Lani : Saya suka mewarnai. Nanti saya yang memberi warna pada alat peraga kita.
Dayu : Saya yang bertugas menempel dan menulis.
Edo : Saya membantu Siti menggunting gambar kotak.
Beni : Baik, kalau begitu saya membantu Udin menggambar bagian-bagian pecahan di kardus bekas.
📌 Ayo Menulis!
Apakah kamu pernah membuat tugas kelompok bersama teman? Apakah tugas yang kamu kerjakan saat itu?
Tuliskan tugas kelompok yang pernah kamu kerjakan. Tuliskan juga alasan pentingnya bersatu dalam keberagaman.
Bersatu dalam keberagaman tugas itu penting karena .............................................................................................
.............................................................................................
.............................................................................................
.............................................................................................
📌 Ayo Mengamati!
Menjelang sore, tugas mereka pun usai. Beni ke luar rumah mengamati keadaan langit. Cuaca masih terlihat berawan. Beni dan teman-teman pun bermain tentang pecahan. Mereka menggunakan kreasi barang bekas tadi. Inilah kreasi mereka. Lingkarannya terbuat dari kardus bekas. Lingkaran tersebut diikat dengan tali plastik.
📌 Ayo Berkreasi!
"Bermain dengan Pecahan"
Mari bermain dengan kreasi barang bekas. Kita bermain sambil belajar. Membandingkan dua pecahan yang peyebutnya sama, namun pembilangnya berbeda.
Lihatlah gambar pecahan pada Beni dan Siti. Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?
Apakah kamu dapat membandingkan pecahan yang berpenyebut sama dengan pembilang yang berbeda? Apakah yang dapat kamu simpulkan?
Membandingkan pecahan yang berpenyebut sama dengan pembilang berbeda:
Informasi apa sajakah yang diperoleh dari berita tersebut? Susunlah informasi dari berita tersebut. Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di tempat yang tersedia, lalu sampaikan di hadapan teman-temanmu.
📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang perubahan cuaca, pecahan dan dinamika gerak tari. Selanjutnya kita akan melaksanakan penilaian harian (PH) 2 tema 5 subtema 2. Silahkan anak-anak rapihkan bukunya dan siapkan alat tulisnya. Good Luck!! Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 2 dengan materi utama hyaitu perubahan cuaca.
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 2 pb 6 mengenai pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia, serta membandingkan pecahan, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
0 comments:
Posting Komentar