Materi Ajar, Senin, 15 Januari 2024

Minggu, 14 Januari 2024

Hari, tanggal    : Senin, 15 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema          : Keadaan Cuaca (1)

Pembelajaran   : 3

Muatan            : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP

 





A.  Kompetensi Dasar (KD) :

·      Bahasa Indonesia

3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

·      Matematika

3.4  Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret

·      SBdP

3.3  Memahami dinamika gerak tari.

 

B.     Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.

2.    Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan lambang pecahan sederhana

3.    Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan benar.

 

C.    Kegiatan Awal

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.

 

📌 Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah mempelajari belajar perbedaan keberagaman pakaian adat Indonesia dan menjelaskan makna informasi dari suatu keadaan cuaca serta sudah belajar menentukan nilai pecahan. Nah, siapakah yang masih ingat, ada berapa jenis cuaca di Indonesia? Iyaa, benar sekali.. ada 4 Jenis cuaca di Indonesia secara umum, yaitu cuaca panas, cerah, berawan dan hujan. Nah untuk menindaklanjuti pembelajaran tersebut, hari ini kita akan mencari tahu apa saja pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia, serta kita juga akan mempelajari bentuk pecahan melalui benda-benda yang ada di sekitar kita, dan mempelajari bentu pola irama anak-anak. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 mengenai Perubahan cuaca.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

📌 Lets check this video






Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.

Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar.Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.



Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. Ini sama artinyadengansetiapanggotakeluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.



Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong. Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

📌 Tulislah lambang pecahan untuk soal-soal di bawah ini.



📌Ayo Membaca!

“Persahabatan Matahari dan Awan”

Matahari telah lama bersahabat denganAwan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.

“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.

“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.

“Maksudmu,bagaimana?Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.

“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik.Mereka malah asyik bermain.Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari?Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan. “Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”

 

📌  Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan,

       jawablah pertanyaan berikut ini.

1.      Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut? .........................................................................................

.........................................................................................

2.      Apa yang membuat Matahari merasa kesal? .........................................................................................

........................................................................................

3.      Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal? ..........................................................................................

........................................................................................

4.      Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin?

........................................................................................

........................................................................................

 

 

📌Ayo Mengamati!

Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita “Persahabatan Matahari dan Awan”.



📌Ayo Bernyanyi!

Perhatikan Pola irama lagu berikut ini! Nyanyikanlah dengan suara yang lantang.



 

📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang nilai dan lambing pecahan, serta menukan informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dan juga pola irama lagu “Awan putih” Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 mengenai manfaat sikap  bersatu dan kegiatan saat terjadinya perubahan cuaca. 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 1 pb 3 mengenai keadaan cuaca disekitarku, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 



 

0 comments:

Posting Komentar