Hari, tanggal : Senin, 15 Januari 2024
Kelas : 3A
Tema : Cuaca (5)
Subtema : Keadaan Cuaca (1)
Pembelajaran : 3
Muatan : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
A.
Kompetensi Dasar (KD) :
· Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi tentang
perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
· Matematika
3.4 Mengeneralisasi ide pecahan
sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
· SBdP
3.3 Memahami dinamika gerak tari.
B.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan
mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang
berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan
benar.
2.
Dengan
mempelajari Matematika, siswa
dapat menentukan lambang pecahan sederhana
3.
Dengan
mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan
benar.
C.
Kegiatan Awal
Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.
📌 Apersepsi :
Pada pertemuan kemarin kita telah mempelajari belajar
perbedaan keberagaman pakaian adat Indonesia dan menjelaskan makna informasi
dari suatu keadaan cuaca serta sudah belajar menentukan nilai pecahan. Nah,
siapakah yang masih ingat, ada berapa jenis cuaca di Indonesia? Iyaa, benar
sekali.. ada 4 Jenis cuaca di Indonesia secara umum, yaitu cuaca panas, cerah,
berawan dan hujan. Nah untuk menindaklanjuti pembelajaran tersebut, hari ini
kita akan mencari tahu apa saja pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan
manusia, serta kita juga akan mempelajari bentuk pecahan melalui benda-benda
yang ada di sekitar kita, dan mempelajari bentu pola irama anak-anak. Oke mari
kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 mengenai
Perubahan cuaca.
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini
anak sholih-sholihah.
📌 Lets check this video
Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga
menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di
televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca
diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi
goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga.
Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3
sendok nasi.
Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar.Ibu memotongnya
menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya
dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.
Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu
buah timun dipotong menjadi16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4
potong timun. Ini sama artinyadengansetiapanggotakeluarga mendapat empat
perenam belas bagian timun.
Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1
buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian.
Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6
potong. Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.
📌 Tulislah lambang pecahan untuk
soal-soal di bawah ini.
📌Ayo
Membaca!
“Persahabatan
Matahari dan Awan”
Matahari telah lama bersahabat denganAwan. Mereka
saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh
dan kesah.
Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan
sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?”
tanya Awan.
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.”
jawab Matahari.
“Maksudmu,bagaimana?Manusia yang tidak disiplin,
mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku
bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak
bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik.Mereka malah asyik bermain.Harusnya,
mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit
mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari?Mereka
tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,”
ujar Awan. “Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku,
hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi,
hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
📌 Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan
Awan,
jawablah
pertanyaan berikut ini.
1.
Siapakah
tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut? .........................................................................................
.........................................................................................
2.
Apa yang
membuat Matahari merasa kesal? .........................................................................................
........................................................................................
3.
Apa yang
telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal? ..........................................................................................
........................................................................................
4.
Seandainya
kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak
disiplin?
........................................................................................
........................................................................................
📌Ayo
Mengamati!
Yuk, kita bantu Beni
menemukan
kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita “Persahabatan
Matahari dan Awan”.
📌Ayo
Bernyanyi!
Perhatikan Pola irama lagu berikut ini! Nyanyikanlah
dengan suara yang lantang.
📌 Evaluasi dan Refleksi
Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang
nilai dan lambing pecahan, serta menukan informasi yang berkaitan dengan
pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dan juga pola irama lagu “Awan
putih” Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar
tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 mengenai manfaat sikap bersatu dan
kegiatan saat terjadinya perubahan cuaca.
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 1 pb 3 mengenai keadaan cuaca disekitarku, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
0 comments:
Posting Komentar