Materi Ajar, Kamis, 1 Februari 2024

Rabu, 31 Januari 2024

Hari, tanggal : Kamis, 1 Fberuari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia (3)

Pembelajaran : 6 dan PH

Muatan            : Bahasa Indonesia dan Matematika

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 3 pb 5 yaitu tentang keberagaman tari tradisional serta menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan pecahan. Nah untuk hari ini, pecahan dan pengertian kamus  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 berikut ini. Perhatikan baik-baik ya anak-anak, dikarenakan setelah itu kita akan melaksanakan Penilaian harian (PH) 3 tema 5 subtema 3.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 


Lets check this video!!





📌 Materi Ajar


Menolong sesama adalah perbuatan mulia. Untuk menolong sesama, kita tidak boleh pilih-pilih. Apa pun latar belakang suku dan daerah asalnya. Perbedaan warna kulit bahkan agamanya. Kita wajib menolongnya. Apakah kamu pernah menunjukkan sikap

menolong selama ini? Tuliskan sikap menolong yang pernah kamu lakukan. Lalu, ceritakan pada temanmu di depan kelas.

📌  Ayo Bercerita!



📌  Ayo Berlatih!

Selesaikan soal hitungan di bawah ini.
  1. Ibumembawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2 bagian melon. Ayah makan 8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu?
  2. Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4 bagian kue lapis. Ibu makan 12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?
  3. Dayu membawa bekal 15 batang cokelat untuk dinikmati selama perjalanan. Dayu telah memakan 5 batang cokelat. Ibu dan ayah menghabiskan 5 batang juga. Berapa bagian cokelat yang telah dihabiskan? Masih tersisa berapa bagian untuk diberikan pada saudara di Bali?
  4. Selesaikan operasi hitungan berikut ini!


Buatlah percakapan bersama tiga temanmu. Percakapan tentang rencana yang berubah dikarenakan perubahan cuaca. Sebelum memulai percakapan, buatlah daftar pertanyaannya terlebih dahulu.

Daftar pertanyaan dapat kamu buat seperti berikut.
1. Apa yang akan kamu lakukan?
2. Bersama siapa saja rencana itu akan dilakukan?
3. Kapan rencana tersebut dilakukan?
4. Dimana akan dilakukannya?
5. Mengapa tidak jadi dilakukan?
6. Bagaimana solusinya?
Susunlah hasil percakapan kalian di bawah ini.



Temukan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca dalam surat di atas. Tuliskanlah kata-kata tersebut dan Jelaskan makna kata-kata tersebut. Kamu boleh menggunakan kamus untuk melihat makna katanya.


📌  Ayo Mengamati!


Tahukah kamu apa itu kamus? Kamus adalah buku yang berisi kata atau istilah. Biasanya disusun menurut abjad. Kamus juga memberikan penjelasan makna kata atau istilah tersebut. Tahukah kamu cara menggunakan kamus?


Perhatikan petunjuk berikut ini.

  1. Tentukan kata dasar yang dicari. Misalnya “menjaga”, kata dasarnya adalah “jaga”
  2. Buka kamus berdasarkan huruf awal kata dasarnya. Jaga berarti “J” huruf awalnya.
  3. Cari berdasarkan urutan huruf kedua. Jaga berarti “ja” 
  4. Setelah ketemu letak kata dasarnya, temukan kata yang kita cari. Jaga, menjaga; memelihara; merawat. Udin menjaga kondisi tubuhnya dengan baik.



A.   ðŸ“Œ  PENILAIAN HARIAN (PH)

  1. Menolong sesama adalah perbuatan...
  2. Mengadakan pengalangan dana untuk korban musibah termasuk ...
  3. Jaket dan payung cocok di pakai di cuaca … 
  4. Buang sampah sembarangan dapat mengakibatkan...
  5. yanal 4 potong, berapa potong kue yani yang sudah di makan (tuliskan dalam bentuk pecahan)
  6. Andi, dian, yanal dan rini pergi kekebun binatang membawa 1 kue dan dipotong menjadi 30 bagian, selama di perjalanan rini memakan 5 kue dan yanal memakan 3 kue , andi memakan 6 kue , berapa keseluruhan kue yang sudah di makan dan berapa sisa kue untuk dian ( tuliskan dalam bentuk pecahan)
  7. Tari Reog berasal dari …
  8. Sebutkan salah satu unsur tari?



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang  pecahan dan pengertian kamus. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 4 pembelajaran 1 dengan materi utama yaitu tentang cuaca, musim, dan iklim.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 3 pb 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar