Materi Ajar, Selasa, 23 April 2024

Senin, 22 April 2024

Hari, tanggal            : Selasa, 23 April 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Komunikasi(3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran            : 1 dan 2

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
  • PPKn
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat  mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 yaitu tentang perkembangan teknologi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 yaitu tentang perkembangan teknologi produksi pangan berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video





📌 Materi Ajar

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, setiap orang memerlukan orang lain. Satu orang berhubungan dengan orang lain. Manusia melakukan komunikasi saat bersama-sama.Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang diinginkan. Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang kita pikirkan. Dahulu, ruang komunikasi manusia amat terbatas. Bersyukurlah, teknologi komunikasi makin berkembang. Kini kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Mari kita pelajari perkembangan teknologi komunikasi, agar hidup makin berarti.


📌 Ayo Membaca!

Sejarah Komunikasi

Komunikasi adalah cara penyampaian gagasan antarmanusia. Padaawalnya,komunikasi dilakukan secara tatap muka dan pesan disampaikan secara lisan. Namun, kebutuhan untuk untuk menyampakan informasi secara tidak langsung juga sangat diperlukan sehingga ilmu
tentang komunikasi semakin berkembang.
Ada bermacam-macam cara penyampaian pesan dari jauh. Suku Indian menggunakan asap sebagai tanda pesan. Di Indonesia, dikenal adanya kentungan. Kentungan digunakan untuk penyampaian tanda bahaya bagi warga. Selain kentungan, gong dapat menjadi pilihan sebagai penyampaian pesan.
Salah satu penyampaian pesan secara tertulis adalah melalui surat. Sebelum adanya kertas, surat ditulis di atas daun lontar. Pada saat mesin cetak telah diciptakan, alat komunikasi berkembang melalui surat kabar atau koran. Setelah surat kabar, media komunikasi, seperti radio dan televisi, mulai berkembang.
Saatini, ada jaringan internet. Manusia dapatbertukar informasi melalui surat elektronik. Manusia dapat juga bertukar informasi melalui berbagai jejaring sosial. Jejaring sosial dapat menghubungkan ke belahan dunia mana pun.

Apakah kamu masih ingat tentang kalimat pokok dari setiap paragraf?
Tuliskan kalimat utama setiap paragraf di bawah
ini.
Paragraf 1 :

Paragraf 2 :

Paragraf 3 :

Paragraf 4 :

Ide pokok suatu bacaan dapat ditemukan jika kita membaca dengan teliti. Ide pokok ditemukan pada kalimat utama tiap paragraf.

Ide pokok adalah gagasan utama dari bacaan.
Setelah mengumpulkan kalimat utama dari tiap paragraf, maka dapat diketahui bahwa ide pokok dari teks bacaan di atas adalah.......................................


📌 Ayo Mengamati!

KARTU POS

Siti mendapat kiriman kartu ucapan terimakasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan. Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat.Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat.
Amati hiasan pada kartu pos berikut!



Buatlah hiasan yang sama seperti Siti dan teman-teman pada kartu pos di bawah ini!


📌 Ayo Mengamati!

Kartu pos mempunyai empat tepi. Jumlah panjang keempat tepinya disebut keliling kartupos.
Persegipanjang mempunyai empat sisi. Jumlah panjang keempat sisinya disebut keliling
persegi panjang . Setiap bangun datarmemiliki keliling. Kita dapat menemukan keliling dari setiap bangun datar dengan mudah.


  📌 Ayo Mengamati!

Amati berbagai bangun datar yang ada di kelasmu. Temukan kelilingnya bersama temanmu!
Amati gambar-gambar di bawah ini!
Tebalkan sisi-sisi yang membentuk keliling dari bangun tersebut!


📌 Ayo Membaca!

Alat Komunikasi

Tradisional danModern Manusia berkomunikasi dengan berbagai cara. Perkembangan teknologi komunikasi telah menghasilkan berbagai jenis alat komunikasi. Ada yang telah digunakan sejak lama maupun yang baru dikenal masyarakat.


Kelompokkan alat komunikasi yang terdapat pada teks bacaan di atas dalam tabel berikut!
Lengkapi kalimat berikut!
  1. Alat komunikasi----------------------masa lalu. digunakan pada
  2. ------------------tradisional termasuk ke dalam alat komunikasi
  3. Lonceng dan--------------------memiliki fungsi yang sama.
  4. Telepon kini berkembang menjadi--------------------
  5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi---------------------
📌 Ayo Mengamati!

Setiap orang memilikisifat yang berbeda-beda. Ada yang pendiam dan pemalu, ada juga yang
memiliki sifat ramah dan mudah bergaul. Sifat termasuk salah satu bentuk keberagaman. Berikut beberapa contoh sifat beserta ciri-cirinya.






📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tema 7 subtema 3 pb 1 dan 2 uyaitu tentang sejarah teknologi, perkembangan teknologi dan karakteristiki individu. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 3 pb 3 tentang perkembangan teknologi. 

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 3 pb 1 dan 2,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar