Materi Ajar, Selasa, 30 April 2024

Senin, 29 April 2024

Hari, tanggal            : Selasa, 30 April 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Transportasi(4)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran            : 3

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.10 Menjelaskandan menentukan keliling bangun datar
  • SBdP
  • 3.4 Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung
  • PPKn
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengidentifikasi teknik potong, lipat, dan sambung dalam pembuatan karya keterampilan dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 7 subtema 3 pb 1 dan 2 yaitu tentang perkembangan teknologi komunikasi dan cara menghitung keliling bangun datar. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 subtema 4 pb 3 yaitu tentang alat transportasi umu, menghititung keliling bangun datar serta cara membuat mobil kardus. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar


📌 Ayo Membaca!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan
kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.
Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.
Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalu lalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta.
Udin sangat bersyukur dapat menikmati perjalanannya dengan kereta. Udin berterimakasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon.

Udin mengetahui jenis-jenis alat transportasi. Salah satunya kereta api. Udin mengingat kembali alat transportasi yang sudah ia ketahui.
Bantulah Udin dengan mengisi tabel berikut ini!



📌 Ayo Mencoba!

Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Disekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu.

Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?


Keliling kursi peron: ... + ... + ... + ... = ...


📌 Ayo Berlatih!

Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. 
Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!

Berapakah keliling masing-masing bangun
datar di atas?
A =
B =
C =
D =
E =
F =


📌 Ayo Berkreasi!


Masih ingatkah kamu dengan mobil kardus yang kamu buat?
Alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mobil kreasimu?
Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam membuat mobil kardus?




📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tema 7 subtema 4 pb 3 yaitu tentang alat transportasi umu, menghititung keliling bangun datar serta cara membuat mobil kardus. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 3 pb 4 tentang perkembangan teknologi transportasi. 

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 4 pb 3,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar