REMEDIAL/PENGAYAAN TEMA 2

Senin, 23 Oktober 2023

REMEDIAL/PENGAYAAN TEMA 2 

 

HARI, TANGGAL : SELASA, 24 OKTOBER 2023

KELAS : III A


 TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Siswa mampu menyelesaikan operasi hitung perkalian dengan benar 

2. Siswa mampu menyelesaikan soal cerita operasi hitung dengan benar


 A. Sapaan 

Hello, Good morning my student!! How's your feel today? semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT yaa, Aamiin Ya Robbalamin. Sebelum belajar, jangan lupa untuk mengerjakan solat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa anak anak..


B. Apersepsi 

Alhamdulillah, kita telah melaksanakan Penilaian Tengah Semester Ganjil. Nah anak-anak, bagaimanakah dengan hasilnya? Apakah sudah cukup baik? atau masih ada yang harus diperbaiki atau remedial? 

Okay baiklah, untuk memperbaiki nilai anak-anak yang belum tuntas, hari ini kita akan melaksanakan remedial tema 2, khusunya pada kompetensi dasar 3.1 yaitu menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.


So.. Let's start our lesson today!! ^^

Silahkan simak video pembelajaran berikut ini anak-anak.


C. Materi Ajar

Perkalian dapat diartikan sebagai operasi penjumlahan berulang. Sederhananya [erkalian merupakan penjumlahan berulang. Perhatikan contoh berikut ini.

Ada 3 piring yang berisi jeruk. Setiap piring berisi 6 buah jeruk. Banyak jeruk seluruhnya dapat dihitung dengan cara. 
6 + 6 + 6 = 18
Bentuk 6 + 6 + 6 menunjukkan penjumlahan angka 6 sebanyak 3 kali. Jadi, 6 + 6 + 6 dapat ditulis menjadi perkalian 3 × 6 = 18.

Perhatikan contoh soal cerita berikut ini.
Ibu mengemas buah jeruk dengan 4 kantong plastik. Tiap kantong plastik berisi 30 jeruk. Berapakah jumlah jeruk yang dikemas ibu? Untuk menjawab pertanyaan ini perhatikan gambar berikut!


Buah jeruk yang dikemas = 30 + 30 + 30 + 30 = 120. 
Penjumlahan lalu diubah ke perkalian menjadi: 30 + 30 + 30 + 30 = 4 x 30 = 120
Jadi, jumlah jeruk yang dikemas adalah 120 buah.

Mengenal sifat-sifat dalam perkalian
a.  Sifat Pertukaran (Komutatif)
Meskipun letak kedua bilangan ditukar tempatnya, hasil perkalian tetap sama. Maka perkalian mempunyai sifat komutati atau pertukaran..
                                     3 × 5        =        5 × 3
                                       15          =          15
                        Jadi      3× 5       =       5 × 3

b.  Sifat Pengelompokan (Asosiatif)
Menurut sifat pengelompokan pada perkalian, hasil perkalian akan tetap sama jika dikerjakan dari mana saja.
                                 (2 × 3) ×  5   =    2 × (3 × 5)
                                     6 × 5        =       2 × 15
                                       30          =          30
                        Jadi  (2 × 3) × 5 =   2 × (3 × 5)

c.  Sifat Penyebaran (Distributif)
Sifat ini digunakan untuk menguraikan suatu kalimat matematika.
                                3 × (10 +  5)       = (3 × 10) + (3 × 5)
                                     3 × 15           =      30 + 15
                                       45               =          45
    Jadi  3 × (10 +  5) = (3 × 10) + (3 × 5)

     ...         = ..
Menyelesaikan perkalian dengan cara mendatar, bersusun panjang, bersusun pende
1. Cara Mendatar
    Contoh:
6 x 35 = 6 x (30 + 5)
= (6 x 30) + (6 x 5)
= 180 + 30
= 210
Jadi, 6 x 35 = 210

2. Cara Bersusun Panjang
    Contoh:     6 x 35 = ....
                          35
                       6 x
                     30
                   180 +
                   210

    • Kalikan 6 dengan satuan 5, (5 x 6) = 30, langsung tulis 30.
    • Kalikan 6 dengan puluhan 3, (30 x 6) = 180, langsung tulis 180
    • Jumlahkan 30 + 180 = 210
    • Jadi, 6 x 35 = 210.

3. Cara Bersusun Panjang dengam cara susun pendek
    Contoh: 6 x 35 = ....
                          35
                           6 x
                        210
·         5 x 6 = 30 (tulis 0 simpan 3 pada puluhan).
·                     3 x 6 = 18 (Tambahkan dengan 3 yang sebelumnya disimpan menjadi 21, 
                 langsung tulis 21).


4. Contoh soal

1. 4 x 31 = ..

Jawab: 31 + 31 + 31 + 31 = 4 x 31 = 124

      Jadi, 4 x 31 adalah 124 buah.


E. Evaluasi

Kerjakan soal berikut dengan cara yang telah dipelajari!

1.    4 x 25 = ....

2.    7 x 15 = ....

3.    5 x 26 = ....

4. Ayah memiliki 10 keranjang apel. Setiap keranjang berisi 10 buah apel. 

    Berapakah jumlah apel yang dimiliki ayah?

5. Seorang peternak memiliki 15 ekor sapi. Setiap sapi memiliki 4 buah kaki. 

    Berapakah jumlah kaki sapi seluruhnya?

6.    5 x 56    = 5 x (... + 6)

                    = (5 x ...) + (5 x 6)

                    = ... + ...

                    = ...

Kerjakan perkalian berikut dengan cara susun panjang!

7.    54 x 10 = ....

8.    75 x 9 = ....

9. Irsyad hobi mengumpulkan stiker setiap harinya. Setiap hari, ia dapat mengumpulkan 7 stiker. Berapakah jumlah stiker yang dapat dikumpulkan Irsyad selama 7 hari?

10. Bu Maryam mengerjakan pesanan nasi kotak sebanyak 30 buah. Jika satu kotak berisi 4 macam termasuk nasi, maka berapa banyak jumlah isi kotak pesanan yang dibuat Bu Maryam?


F. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami. Jangan lupa untuk selalu laksanakan sholat 5 waktu anak-anak. Sampai jumpai pada pembelajaran berikutnya. Bye bye..

0 comments:

Posting Komentar