MATERI AJAR, RABU, 25 OKTOBER 2023

Selasa, 24 Oktober 2023


Hari, tanggal : Rabu, 25 Oktober 2023

Kelas : 3A


Tema : Benda di Sekitarku (3)

Subtema : Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku (4)

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, PPKn 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan mempelajari bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat

2. Dengan mempelajari matematika, siswa dapat mengenal konversi waktu dengan tepat. 

3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi teknik melipat kain dengan tepat.

4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan tolong-menolong dengan tepat. 


Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh

Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mempelajari materi tema 3 subtema 3 yaitu tentang perubahan wujud benda. Terdapat 6 perubahan wujud benda. Apakah ada yang bisa memberikan salah satu contohnya? Okay, salah satu contohnya perubahan wujud benda dari padat menjadi gas yang disebut menyublim dan perubahan wujud benda dari gas ke padat yang disebut mengkristal. Salah satu contohnya yaitu benda kapur barus/kamper dan turunnya salju. Kita juga sudah belajar mengenai satuan berat dan waktu yang mana kalau berat alat ukurnya menggunakan berat dan alat ukur waktu adalah jam. Kemudian apa saja ya satuan dalam waktu? Okay satuan dalam waktu terdiri dari jam, menit dan detik. Selain materi tadi, kita juga sudah belajar peran dan tugas yang ada disekolah. Contohnya yaitu peran guru memiliki tugas mengajar, sedangkan peran siswa bertugas untuk belajar. 

Nah anak-anak, pada pembelajaran hari ini, kita akan belajar tema 3 subtema 4 pb 1 dan 2 mengenai Perubahan Wujud Pada Proses Pembuatan Garam


Marilah  kita simak baik baik Penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Now, let's check this video!! ><





🔖 Materi:

Setiap hari terjadi perubahan alam di sekitar kita, salah satu contohnya yaitur peubahan wujud. Hujan terjadi karena perubahan wujud. Makanan menjadi nikmat karena adanya garam yang diperoleh dari perubahan wujud. Perhatikan kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa melalui perubahan wujud di sekitar kita. contoh lainnya yang terjadi adalah perubahan pada pembuatan garam. Ayo kita baca wacana berikut ini.


Bertani Garam

Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut. Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara. 

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di dalam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan. Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu. Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam. 

Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk meng gantikan air laut yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen. Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba. Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus. Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah daerah.


Setelah membaca wacana di atas. Jawablah

pertanyaan berikut ini!

1. Apa bahan dasar pembuat garam?

2. Proses perubahan wujud yang terjadi pada

pembuatan garam adalah?

3. Sebutkan salah satu daerah yang menjadi penghasil garam di Indonesia?

4. Waktu yang diperlukan untuk memanen garam adalah?





Waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak air laut adalah dua jam. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan menit? Satuan jam dapat diubah menjadi menit. Diskusikan bersama temanmu! Isikan hasilnya pada titik-titik berikut. 

1 jam = 60 menit

berarti kalau 2 jam 

2 ja = 2 x 60 menit 

       = 120 menit

Jadi, waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak adalah 120 menit. Setelah memanen garam, petani membawa garam hasil panen ke pabrik. Waktu yang ditempuh petani menuju pabrik dengan berjalan kaki adalah 1 jam 20 menit. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menit? 

Ayo berlatih!

A. Ubahlah satuan jam menjadi menit!

1. 1 jam 45 menit = ... menit + ... menit = ... menit

2. 2 jam 50 menit = ... menit + ... menit = ... menit

3. 3 jam 5 menit   = ... menit + ... menit = ... menit

4. 6 jam 16 menit = ... menit + ... menit = ... menit

5. 7 jam 60 menit = ... menit + ... menit = ... menit 


B. Ubah satuan menit menjadi jam!

1. 60 menit = ... jam

2. 120 menit = ... jam

3. 180 menit = ... jam

4. 300 menit = ... jam


Perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan garam adalah menguap. Sama halnya dengan menjemur pakaian basah, terjadi proses perubahan wujud menguap. Baju mengering karena air dalam baju yang basah menguap terkena panas matahari. Setelah baju mengering, lipatlah dengan rapi dan

susunlah di lemari. Perhatikan cara melipat kaos berikut ini! Ikutilah langkah-langkahnya! 


Kamu telah berhasil melipat kaos. Berlatihlah melipat jenis pakaian yang berbeda! Selanjutnya kita akan membahas mengenai persatuan dan tolong menolong antar sesama. Persatuan akan membuat segala sesuatu menjadi mudah dan indah. Bersatu tidak hanya di rumah tetapi disekolah pun juga memiliki sikap bersatu sangat penting. Karena kalau tidak ada persatuan dan tolong menolong dirumah ataupun sekolah maka akan terjadi cerai berai rasa tidak akur satu sama lain.

Coba kita perhatikan cerita berikut ini!


Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan. Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.


Bagaimana dengan ceritamu? 

Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong

dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!


Sekarang berilah tanda centang pada gambar berikut!

Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga. 

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 3 subtema 4 pb 1 dan 2 mengenai perubahan wujud yang terjadi pada proses pembuatan garam. Ternyata dalam proses pembuatan garam mengalami terjadinya penguapan dan kita juga sudah belajar mengenai satuan waktu yang terjadi pada proses pembuatan garam tersebut. Iya kita juga sudah belajar cara melipat baju, jadi dirumah jangan lupa dipraktikkan dengan membantu ibu ya. Karena tolong menolong adalah contoh sikap yang baik dalam persatuan keluarga.


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Wassalamualikum warrahmatulahi wabarakatuh

Tetap semangat anak sholih-sholihah!! ^^





0 comments:

Posting Komentar