MATERI AJAR, JUMAT, 27 OKTOBER 2023

Kamis, 26 Oktober 2023

Hari, tanggal : Jum'at, 27 Oktober 2023

Kelas : 3A


Tema                : Benda di Sekitarku (3)

Subtema          : Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku (4)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn 



🔖 Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mengidentifikasi urutan proses terjadinya hujan dengan tepat.

3. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan dengan tepat.

3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat menceritakanpengalaman menolong orang dengan tepat.




Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mempelajari materi perubahan wujud benda mengenbun serta belajar pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena polusi udara yang tinggi. Kita harus bersama sama untuk mengurangi pemanasan global agar bumi tidak semakin panas dengan kita bersatu untuk menghemat listrik dan mengurangi polusi udara dengan hemat dalam berkendara. Kita juga sudah berlatih untuk melipat pakaian untuk membantu orang tua dirumah dan juga sudah menuliskan sikap bersatu yang ada disekolah. 

Sekarang kita lanjutkan materi kita ya anak anak yaitu tema 3  subtema 4 pb 5.


Marilah  kita simak baik baik Penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi:

Pernahkah kamu memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air. Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.


Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri. Urutkan proses terjadinya hujan berdasarkan penjelasan di atas! Diskusikan bersama kelompokmu! 


Siti hendak pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya.

Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun sejak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa lama hujan turun? 

45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit

Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit 



Ketika musim hujan, hampir setiap hari hujan turun. Perhatikan waktu hujan turun dan berhenti! Amati selama tiga hari. Hitunglah lama waktu hujan setiap harinya! 

Saat musim hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi basah dan licin. Udin berjalan dengan cepat karena takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang basah dan licin. Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di dekat Udin saat itu. 

Apa yang kamu lakukan? Tuliskan pendapatmu! 


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 3 subtema 4 pb 5 mengenai proses terjadinya hujan. Dan kita juga sudah belajar lama waktu turun hujan pada waktu musim hujan serta kita juga sudah belajar bagaimana cara bersikap jika ada yang terkena musibah.


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^






0 comments:

Posting Komentar