Materi Micro Teaching, 28 Oktober 2023

Jumat, 27 Oktober 2023


Hari, tanggal: Sabtu, 28 Oktober 2023

Kelas : 3A


Tema                : Benda di Sekitarku (3)

Subtema          : Perubahan Wujud benda (3)

Pembelajaran : 1

Muatan            : Bahasa Indonesia

 

🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan membaca wacana tentang perubahan wujud benda mencair, siswa mampu mengidentifikasi informasi tentang perubahan wujud benda

  2. Dengant mengamati video tentang perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menuliskan informasi

 

Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mempelajari materi wujud benda beserta sifat-sifatnya. Berdasarkan wujudnya, benda terbagi menjadi 3 yaitu cair, padat, dan gas. Benda cair memiliki salah satu sifat yaitu dapat berubah bentuk sesuai wadahnya. Nah sekarang, apa yang terjadi jika benda tersebut dipanaskan, didinginkan, dan diletakkan di  dara terbuka? Apakah benda-benda itu mengalami perubahan?

Benda-benda di sekitar kita dapat mengalami perubahan wujud. Jika benda tersebut dipanaskan atau didinginkan. Perubahan wujud apa sajakah yang akan terjadi?

Perubahan wujud benda di alam tanda kebesaran Tuhan. Marilah pelajari perubahan wujud benda di sekitarmu!


Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi:

Perubahan wujud benda merupakan salah satu gejala perubahan bentuk suatu benda atau zat dari satu jenis ke jenis yang lainnya. Proses perubahan itu terjadi dengan berbagai cara dan dapat dilihat oleh kasat mata. Pada kondisi tertentu suatu zat benda yakni padat, cair, dan gas tidak bisa mempertahankan bentuknya. Itulah sebabnya bisa mengalami perubahan wujud seperti berubah warnanya, berubah bentuknya, dan muncul bau atau aroma lain dari wujud sebelumnya.  Hal tersebut terjadi tentu bukan tanpa sebab, melainkan karena zat benda tersebut dalam kondisi tertentu yang dipengaruhi oleh panas, suhu, kelembapan, dan sebagainya. 

Macam-macam Perubahan Wujud Benda.

Perubahan wujud pada benda ini bisa bermacam-macam karena setiap zat benda juga memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya memerlukan proses perubahannya masing-masing.

perhatikan gambar berikut:

  1. Mencair

Mencair adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi benda cair. Agar dapat terjadi perubahan wujud mencair maka memerlukan panas atau kalor yang mempengaruhi zat benda tersebut. Perubahan wujud ini juga biasa kita kenal dengan istilah meleleh. Contohnya ketika kita melelehkan coklat batangan menjadi lebih kental dengan memanaskannya di kompor.  

  1. Membeku

Membeku adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi benda padat. Perubahan wujud membeku bisa dibilang kebalikan dari mencair. Itu artinya proses perubahan wujud dengan membeku akan melepaskan panas pada suhu yang dingin, berkebalikan dari mencair. Kita pasti pernah membekukan air di freezer menjadi es batu atau membekukan bahan cair lainnya. 

  1. Menguap

Menguap adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi zat gas. Menguap adalah perubahan wujud yang memerlukan kalor atau pemanasan. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada zat cair saja, namun juga bisa terjadi di dalam tubuh manusia. Contohnya saat uberkeringat, maka keringat akan menguap dan mendingin dari tubuh kita. Yang paling sering kita lihat adalah ketika merebus air maka saat mendidih akan mengeluarkan uap. 

  1. Mengembun

Mengembun adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda gas menjadi benda cair. Pengembunan terjadi pada gas di udara yang dingin atau suhu rendah menjadi butiran-butiran air. Perubahan wujud ini termasuk dalam proses yang melepaskan kalor karena membutuhkan suhu yang rendah. Kita bisa melihat embun pada daun-daun rumput di pagi hari atau gelas kaca yang mengembun karena berisi air dingin atau es batu.  

  1. Menyublim

Menyublim adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi material gas. Proses perubahan wujud dengan menyublim membutuhkan kalor atau energi panas agar benda padat tersebut bisa berubah menjadi molekul gas di udara. Misalnya jika kita meletakan kapur barus atau kamper di suatu ruangan maka lama kelamaan akan habis benda padat itu karena menyublim ke udara.  

  1. 6. Mengkristal

Mengkristal adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada material gas menjadi material yang lebih padat. Proses perubahan wujud ini terjadi karena adanya pelepasan energi panas atau kalor pada suhu yang lebih rendah dari benda. Perubahan ini bisa kita amati pada botol madu yang mulai  muncul kristalisasi gula lama- kelamaan. 

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 3 subtema 3 pb 1, mengenai perubahan wujud benda. wujud benda terbagi menjadi 6 yaitu membeku, mencair, menembun, menguap, menyublim dan mengkristal. 

🔖Contoh soal:

1. Deni memasukkan satu plastik air ke dalam kulkas. Beberapa jam kemudian air itu telah berubah menjadi es. Peristiwa adalah perubuhan wujud benda dari ….

a. Wujud cair ke wujud padat

b. Wujud cair ke wujud gas

c. Wujud padat ke wujud cair

d. WUjud gas ke wujud cair


 ðŸ”–Evaluasi:

Nah anak-anak setelah mempelajari materi di atas. Ayo kita coba untuk menjawab soal-soal berikut ini!!..

silahkan klik disini:

https://quizizz.com/join/quiz/5f006a5dba5884001bf933b3/start


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 




 


0 comments:

Posting Komentar